✔ Analisis Bedah Kisi-Kisi Un 2020 Matematika Smp

Berikut ini yaitu Bedah SKL Kisi-Kisi UN 2020 untuk mata pelajaran Matematika SMP yang telah dilakukan oleh Marsudi Prahoro, S.Pd yang diunggah dalam blognya mgmpmatsatapmalang.wordpress.com. Dalam bedah SKL ini diberikan beberapa prediksi indikator soal alternatif untuk setiap indikator UN.

Sehingga kita sanggup merumuskan soal prediksi yang sesuai dengan kisi-kisi UN 2020 khususnya untuk Matematika SMP.

Nah, berikut ini yaitu kisi-kisi UN Matematika SMP 2020 plus dengan prediksi butir soal maupun indikator soal yang akan keluar dan muncul dalam UN 2020 pada bulan April - Mei nanti...

No
KOMPETENSI
UN 2020
INDIKATOR UN 2020
PREDIKSI INDIKATOR SOAL ALTERNATIF
1.
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah..
1.1.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
1.       Konsep operasi bilangan campuran,
2.       Aplikasi operasi bilangan pada kehidupan sehari-hari
1.2.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan perbandingan.
1.       Perbandingan senilai
2.       Perbandingan berbalik nilai
3.       Aplikasi perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
1.3.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar
1.       Mengubah bentuk akar ke pangkat pecahan
2.       Mengubah bentuk pangkat peahan ke bentuk akar
3.       Menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan beentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
4.       Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
5.       Menentukan hasil operasi perkalian bilangan bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
6.       Menentukan hasil operasi pembagian bilangan bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
1.4.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana
1.       Menentukan besarnya angsuran peer bulan
2.       Meneentukan waktu/lama tabungan
3.       Mentukan besarnya bunga per tahun
4.       Menentukan besarnya tabungan awal
1.5.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
1.       Menentukan suku ke-n (Un), jika unsur-unsur yang diharapkan dari barisan aritmatika diketahui
2.       Menentukan suku ke-n (Un), jika unsur-unsur yang diharapkan dari barisan geometri  diketahui
3.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan baisan aritmatika
4.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan baisan geometri
5.       Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika, jika unsur-unsur yang diharapkan diketahui
6.       Menentukan jumlah n suku pertama deret geometri, jika unsur-unsur yang diharapkan diketahui
7.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan deret aritmatika
8.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan deret aritmatika
2.
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
2.1.     Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
1.       Menentukan faktor persekutuan
2.       Menentukan faktor selisih dua kuadat beentuk ax2 + by2
3.       Menentukan faktor dari  ax2 + bx + c
2.2.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
1.       Menentukan penyelesaian dari  persamaan satu variabel
2.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan satu variabel
3.       Menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan satu variabel
4.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
2.3.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan himpunan
1.       Operasi himpunan : irisan, gabungan, perhiasan atau pengurangan dua himpunan
2.       Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi dua himpunan
2.4.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan fungsi.

1.       Menentukan domain, kodomain dan range
2.       Menunjukan konsep fungsi
3.       Mentukan grafik fungsi
2.5.     Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
1.       Mentukan gradien garis, jika persamaan garisnya diketahui
2.       Menentukan gradien garis, jika gafiknya diketahui
3.       Menentukan persamaan garis yang berpotongan tegak lurus dengan garis lain yang persamaannya diketahui
4.        Menentukan persamaan garis yang sejajar  dengan garis lain yang persamaannya diketahui
2.6.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
1.       Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linier dua variabel
2.       Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel
3.
Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur berdiri datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.







3.1.     Menyelesaikan duduk perkara menggunakan teorema Pythagoras.
1.       Menghitung panjang salah satu sisi segitiga siku-siku
2.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan teorema pythagoras
3.2.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan luas berdiri datar.
1.       Menentukan luas dari gambar gabungan dua berdiri datar
2.       Menentukan luas daerah dari dua berdiri datar yang menumpuk
3.3.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan keliling berdiri datar.
1.       Menghitung keliling dari gambar gabungan dua berdiri datar
2.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan keliling berdiri datar
3.4.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi
1.       Menentukan sisi atau sudut yang bersesuaian dari dua berdiri yang sebangun
2.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan kesebangunan
3.       Menentukan syarat-syarat dari dua berdiri yang kongruen
4.       Menentukan panjang salah satu sisi dari dua berdiri yang kongruen
3.5.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus).
1.       Menentukan besar salah satu sudut dari dua sudut yang saling berpenyiku jika salah satu sudutnya diketahui
2.       Menentukan besar sudut-sudut dari dua sudut yang saling berpenyiku jika perbandingan besar sudutnya diketahui
3.       Menentukan besar salah satu sudut dari dua sudut yang saling berpelurus jika salah satu sudutnya diketahui
4.       Menentukan besar sudut-sudut dari dua sudut yang saling berpelurus jika perbandingan besar sudutnya diketahui
3.6.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
1.       Menunjukkan garis berat, garis tinggi, garis bagi atau garis sumbu
2.       Menghitung panjang garis tinggi dari segitiga jika diketahui sisi ganjal dan luasnya diketahui
3.       Menghitung panjang garis berat dari segitiga jika panjang ketiga sisinya diketahui
3.7.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
1.       Menghitung panjang busur jika diketahui besar sudut pusat dan jari-jari / diameternya
2.       Menghitung luas juring jika diketahui sudut pusat dan jari-jari/diameternya
3.       Menghitung panjang busur jika diketahui besar dua sudut pusatnya dan panjang salah satu busurnya
4.       Menghitung luas juring jika diketahui besar dua sudut pusatnya dan salah satu luas juringnya
5.       Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam
6.       Menghitung panjang garis singgung persekutuan luas
Memahami sifat dan unsur berdiri ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

3.8.     Menentukan unsur-unsur pada berdiri ruang.  .
1.       Menentukan unsur-unsur dari berdiri ruang sisi datar
2.       Menentukan unsur-unsur dari berdiri ruang sisi lengkung
3.9.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring berdiri ruang.
1.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan kerangka berdiri ruang sisi datar
2.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan jaring-jaring bangun  ruang sisi datar
3.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan kerangka berdiri ruang sisi lengkung
4.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan jaring-jaring berdiri ruang sisi lngkung
3.10. Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan volume berdiri ruang
1.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan volume berdiri ruang sisi datar
2.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan volume berdiri ruang sisi lengkung

3.11. Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan luas permukaan berdiri ruang.
1.       Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas permukaan berdiri ruang sisi datar
2.       Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas permukaan berdiri ruang sisi lengkung
4.
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5.1.     Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam merampungkan duduk perkara sehari-hari. 
1.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan mean, modus atau median dari sebuah data
2.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan mean, modus atau median dari sebuah data pada tabel frekuensi
3.       Menafsirkan data pada tabel frekuensi
4.       Menyelesaikan duduk perkara sehari-hari yang berkaitan dengan mean, modus atau median dari sebuah data
5.2.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
1.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan pembacaan diagram batang
2.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan pembacaan diagram garis
3.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan pembacaan diagram lingkaran
5.
Memahami konsep peluang suatu insiden serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
5.1.     Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
1.       Menentukan peluang dari suatu kejadian
2.       Menyelesaikan duduk perkara yang berkaitan dengan peluang dari suatu kejadian

Untuk rangkuman materi, prediksi soal, pembahasan UN tahun-tahun sebelumnya dan berbagai mata pelajaran lainnya serta rumus cepat SMART SOLUTION silahkan download pada cuilan kanan blog ini.....

Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "✔ Analisis Bedah Kisi-Kisi Un 2020 Matematika Smp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel