Terbaru - Contoh Soal Tryout 2020 Ipa Kimia Soal Un Sma 2020/2020

Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA kimia Soal UN UNBK SMA SMK TAHUN 2020/2020 - DOWNLOAD DISINI Latihan Soal UN SMA Tahun 2020.Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan pada dunia pendidikan dan disesuaikan dengan standar pencapaian hasil secara nasional. Baik UN, Ujian Sekolah (US / UAS) maupun Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) merupakan penilaian pada akhir proses pembelajaran di sekolah. Adapun yang dimaksud penilaian adalah serangakaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis,dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukansecara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yangbermakna dalam mengambil keputusan.

Ujian menurut pengertiannya adalah serangkaian tes yang dilakukan yang memiliki tujuan untuk menentukan kemampuan yang dimiliki oleh seorang pelajar apakah sudah memenuhi kriteria atau bahkan belum sama sekali. Nah pada jenjang pendidikan sekolah mulai dari yang kelas dasar sampai kelas atas semuanya sudah menggunakan yang namanya ujian. Ada yang namanya Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Dari kedua ujian tersebut pastinya ada beberapa perbedaan yang dimiliki keduanya, langsung saja kita bahas mengenai perbedaan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Jadwal Ujian Nasional 2020-2020 Tingkat Sekolah Menengan Atas Sederajat

Meski Ujian Nasional (UN) masih beberapa bulan, namun saat ini pemerintah sudah menetapkan jadwal resmi Ujian Nasional (UN) 2020 untuk tahun ajaran 2020/2020. SO, sobat Media Eduka harus mempersiapkan sedini mungkin untuk mendapatkan nilai UNBK yang tinggi.

Berdasarkan surat resmi BSNP dengan Nomor 0110/SDAR/BSNP/IX/2020, Jadwal UN untuk jenjang SMA dan sederajat akan dilaksanakan dengan keterangan sebagai berikut:

Jadwal UNBK

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. Senin, 30 Maret 2020: Bahasa Indonesia
Sesi 1: 07.30 – 09.30
Sesi 2: 10.30 – 12.30
Sesi 3: 14.00 – 16.00

2. Selasa, 31 Maret 2020: Matematika
Sesi 1: 07.30 – 09.30
Sesi 2: 10.30 – 12.30
Sesi 3: 14.00 – 16.00

3. Rabu, 1 April 2020: Bahasa Inggris
Sesi 1: 07.30 – 09.30
Sesi 2: 10.30 – 12.30
Sesi 3: 14.00 – 16.00

4. Kamis, 2 April 2020: Satu mata pelajaran jurusan diujikan
Sesi 1: 07.30 – 09.30
Sesi 2: 10.30 – 12.30
Sesi 3: 14.00 – 16.00

Peserta UN pada SPK memilih satu mata pelajaran jurusan dari IPA, IPS, Bahasa, atau Keagamaan yang diujikan dalam UN.

Jadwal UNKP 

1. Senin, 30 Maret 2020: 07.30 – 09.30 Bahasa Indonesia
2. Selasa, 31 Maret 2020: 07.30 – 09.30 Matematika
3. Rabu, 1 April 2020: 07.30 – 09.30 Bahasa Inggris
4. Kamis, 2 April 2020: 07.30 – 09.30 Satu mata pelajaran jurusan yang diujikan

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ujian Sekolah (US UAS) adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi bagi para pelajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan guna untuk mengetahui kemampuan pelajar selama menerima materi, selain itu ujian sekolah bisa digunakan untuk pengakuan atas prestasi yang sudah dicapai setelah menempuh pendidikan selama waktu yang sudah ditentukan. Ujian sekolah ini juga menjadi persyaratan untuk kelulusan setiap pelajar. Mata pelajaran yang diujikan pada ujan sekolah ini adalah mata pelajaran yang tidak diujikan pada saat UN maupun USBN berlangsung. Istilah Ujian Sekolah (US UAS) seringkali mengacu kepada ujian akhir dari kelas terakhir satuan pendidikan, seperti kelas 6 untuk tingkatan SD/MI, Kelas 9 untuk tingkat SMP/MTs, untuk tingkatan SMA/MA menunjuk ujian di kelas 12, begitu juga untuk tingkatan SMK menunjuk kelas 12 SMK.

Sedangkan Ujian Nasional (UN) adalah sama seperti halnya US/UAS/USBN. Ini merupakan ujian akhir yang dilakukan pada tingkat akhir satuan pendidikan, untuk dari segi yang diujikan memang sama tetapi dari kualitasnya sudah diupgrade menjadi lebih baik dengan menggunakan standart nasional. Pemerintah mengadakan ujian nasional (UN) dengan memberikan standar atau patokan itu digunakan sewaktu-waktu tingkat pencapai standar perlu mengetahui sampai dimana efektivitasnya. Ujian nasional (UN) disebut pulan ujian yang diselenggarakan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. UN berfungsi sebagai kendali mutu pendidikan nasional. Ujian Nasional bukan penentu kelulusan. Setidaknya tiga hal yang menentukan kelulusan siswa, yaitu sudah menyelesaikan masa belajar, memiliki kepribadian atau akhlak, lulus ujian sekolah.


Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020

UN rencananya akan diganti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. AKMSK ini merupakan penyederhanaan dari ujian nasional yang begitu kompleks. Konsep yang digunakan adalah asesmen yang mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan para siswi. Materi yang dinilai adalah literasi dan numerasi. Literasi adalah kemampuan menganalisis suatu bacaan. Kemampuan memahami konsep di balik tulisan, numerasi merupakan kemampuan menganalisis dengan menggunakan angka-angka.

Untuk menambah peluang sukses ujian nasional Anda, cobalah untuk mempraktikkan 4 kiat berikut ini: 1) Belajar Sedikit tapi Rutin. Sebagian siswa terbiasa menggunakan strategi “sistem kebut semalam” untuk lulus ujian. Padahal, cara tersebut sangat riskan dan tidak memiliki manfaat. Untuk sukses ujian nasional Anda sebaiknya belajar secara rutin setiap hari selama beberapa bulan. Adapun porsi belajar yang Anda lakukan tidak perlu terlalu banyak. Cobalah untuk mendalami satu materi dan mengerjakan setidaknya 5 soal perhari dengan serius. Meski sedikit, jika dilakukan secara rutin maka hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap hasil ujian nasional Anda nanti. 2) Banyak Berlatih Mengerjakan Soal misalnya dengan mengerkan Latihan Soal UN SMA Tahun 2020. Untuk menghadapi ujian nasional, Anda tidak perlu banyak membaca materi dari buku pelajaran. Akan tetapi, perbanyaklah latihan soal dari berbagai sumber seperti buku latihan, internet, atau soal-soal ujian nasional di tahun-tahun sebelumnya. Percaya atau tidak, lebih dari 40% soal yang diujikan di ujian nasional sejatinya merupakan modifikasi dari soal di tahun-tahun sebelumnya. Semakin banyak Anda mengerjakan latihan soal, maka peluang sukses ujian nasional Anda akan semakin besar. 3) Belajar dalam Kelompok. Belajar dalam kelompok memiliki banyak manfaat daripada belajar sendirian. Meski begitu, pastikan rekan yang Anda ajak untuk belajar memiliki niat untuk serius dan tidak datang hanya untuk bermain-main. Anda tidak perlu belajar dalam kelompok setiap hari. Cukup gunakan dua atau tiga jam di setiap akhir pekan untuk berkumpul di suatu tempat untuk mengerjakan soal bersama-sama. Jika memungkinkan, Anda bisa patungan untuk menyewa seorang tutor atau guru les untuk memandu kegiatan tersebut.

Sebelumnya kami juga menyediakan soal tryout terbaru untuk ujian nasional tingkat SMA silhakan klik link dibawah ini :

Soal Try Out SMA Terbaru 2020



Soal Ujian Nasional IPA Kimia Sekolah Menengan Atas Tahun 2020-2020


1. Topik : Hubungan konfigurasi elektron 
Perhatikan konfigurasi elektron di bawah ini!
Y : [Ne]3s23p5
Dari konfigurasi elektron di atas, sanggup disimpulkan bahwa unsur Y berada pada....
A. periode 3, golongan VIIA
B. periode 3, golongan VIIB
C. periode 3, golongan VA
D. periode 5, golongan IIIA
E. periode 5, golongan IIIB
Jawaban : A
Pembahasan :
Golongan dapat ditentukan dengan melihat elektron valensi suatu unsur.
Elektron valensi unsur Y adalah 3s2 3p5. Elektron valensi unsur Y berjumlah 7 elektron. Karena orbital terakhir yaitu orbital s dan p, maka dapat disimpulkan bahwa unsur Y terletak pada golongan VIIA.
Periode dapat ditentukan dengan melihat kulit (n) terbesar dalam konfigurasi elektronnya. Unsur Y memiliki kulit terbesar n = 3, sehingga terletak pada periode 3.

2. Topik : Teori Hibridisasi
Perhatikan konfigurasi elektron berikut!
P : 1s2 2s2 2p2
Q : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p5
Jika P dan Q membentuk senyawa PQ4, bentuk molekulnya adalah....
A. tetrahedron
B. segitiga piramida
C. bengkok
D. bentuk T
E. segiempat datar
Jawaban : A
Pembahasan:
P : 1s2 2s2 2p2
Q : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p5                                            
Senyawa PQ4 memiliki atom P sebagai atom pusatnya, sehingga atom P harus menyediakan elektron tak berpasangan untuk berikatan dengan atom Q.
Hibridisasi senyawa PQ4 yaitu :
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Senyawa PQ4 mempunyai hibridisasi sp3, maka bentuk molekulnya ialah tetrahedral.

3. Topik : Trayek pH
Perhatikan data uji pH dua buah air limbah berikut!

Dari hasil pengujian maka pH air limbah 1 dan limbah 2 berturut – turut ialah....
A. pH ≤ 8,3 dan pH ≥ 10
B. pH ≤ 4,2 dan pH ≥ 10
C. 4,2 ≤ pH ≤ 8,3 dan pH ≥ 10
D. 4,2 ≤ pH ≤ 6,0 dan 7,6 ≤ pH ≤ 10
E. 4,2 ≤ pH ≤ 8,3 dan pH ≤ 10
Jawaban : D
Pembahasan :

Limbah 1 :
  • Hasil uji metil merah menunjukkan warna merah, artinya mempunyai pH ≤ 4,2.
  • Hasil uji bromtimol biru memperlihatkan warna kuning, artinya memiliki pH ≤ 6,0.
  • Hasil uji fenolftalein menunjukkan tak berwarna, artinya memiliki pH ≤ 8,3.
Limbah 2 :
  • Hasil uji metil merah memperlihatkan warna kuning, artinya memiliki pH ≥ 6,3.
  • Hasil uji bromtimol biru memperlihatkan warna biru, artinya mempunyai pH ≥ 7,6.
  • Hasil uji fenolftalein memperlihatkan merah, artinya memiliki pH ≥ 10.
Range pH untuk limbah 1 yaitu 4,2 ≤ pH ≤ 6,0.
Range pH untuk limbah 2 yakni 7,6 ≤ pH ≤ 10,0.

4. Topik : Titrasi berdasarkan grafik
Perhatikan grafik berikut!
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Untuk melaksanakan titrasi seakan-akan gambar di atas, digunakan indikator....
A. metil orange
B. metil jingga
C. phenolphtalein
D. bromtimol biru
E. metil merah
Jawaban : C
Pembahasan :
Grafik di atas menunjukkan titrasi antara asam kuat dan basa kuat. Hal ini ditunjukkan dari grafik yang dimulai pada angka sekitar 2 sehingga menujukkan asam kuat dan diakhiri pada grafik sekitar pH 14, dimana untuk titrasi asam kuat dengan basa kuat indikator yang cocok dipakai yaitu indikator phenolphtalein.

5. Topik : Endapan Ksp
Sebanyak 100ml CaCl2 0.6M dicampur dengan 100ml Na2CO3 0.6M. jika Ksp CaCO3 = 2.8 x 10 -9, massa zat yang mengendap adalah.... (Ar. Ca = 40, C = 12, O = 16, Na = 23, Cl = 35.5)
A. 6 gram
B. 9 gram
C. 60 gram
D. 100 gram
E. 120 gram
Jawaban : A
Pembahasan :
Mol CaCl2 = M x V = 0.6M x 100ml = 60mmol
Mol Na2CO3 = M x V = 0.6M x 100ml = 60mmol
                        CaCl2    +    Na2CO3    →    CaCO3     +    2NaCl
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Qsp = [Ca2+][CO32-] = 0.3 x 0.3 = 0.09
Qsp > Ksp maka membentuk endapan
Massa zat yang mengendap = mol x Mr = 0.06 mol x 100 = 6 gram

6. Topik : Larutan elektrolit dan non elektrolit
Perhatikan gambar di bawah ini!
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Dari gambar di atas yang tergolong larutan elektrolit kuat adalah....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)
Jawaban : A
Pembahasan :
Elektrolit kuat dapat dilihat dari lampu yang menyala terperinci dan menghasilkan gelembung yang banyak, maka jawabannya adalah nomor (1) dan (2). Gambar nomor (3) yakni larutan non elektrolit karena lampu padam dan tidak ada gelembung. Gambar nomor (4) dan (5) merupakan larutan elektrolit lemah, lantaran lampu padam tetapi terdapat gelembung.

7. Topik : Faktor Korosi
Perhatikan percobaan di bawah ini!
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Dari percobaan di atas yang memperlambat proses korosi pada paku ialah....
  1. 1 2                  c. 3                  d. 4                  e. 5
Jawaban : E
Pembahasan :
Korosi yaitu proses teroksidasinya suatu logam oleh aneka macam zat menjadi senyawa.
Korosi dapat disebabkan lantaran adanya air dan oksigen.
Pencegahan korosi dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :
  1. melapisi logam dengan cat, minyak atau oli, dan logam lain yang tahan korosi misalnya nikel dan perak.
  2. derma katoda, misalnya logam yang dilindungi dari korosi diposisikan sebagai katoda.
  3. membuat alloy atau paduan logam, contohnya besi dicampur dengan logam Ni dan Cr menjadi baja stainless.
Paku yang tercelup pada minyak akan memperlambat proses korosi, lantaran ketika paku dicelupkan ke dalam minyak, tidak ada udara yang akan kontak pribadi dengan minyak, sehingga akan memperlambat proses korosi pada paku.


8. Topik : Energi ikatan
Diketahui energi disosiasi ikatan:
C – H : 415kJ/mol
C – C : 345kJ/mol
C = C : 611kJ/mol
H – Br : 370kJ/mol
C – Br : 275kJ/mol
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Hitunglah energi ikatan untuk reaksi di atas....
A. −54kJ/mol
B. +54kJ/mol
C. −108kJ/mol
D. +108kJ/mol
E. +162kJ/mol
Jawaban : A
Pembahasan :
∆H       = ∑energi ikatan kiri - ∑energi ikatan kanan
=[ 6(C–H) + (C–C) + (C=C) + (H–Br)] –[7(C–H) + (C–Br) + 2(C–C)]
            = [6(415) + 345 + 611 + 370] – [7(415) + 275 + 2(345)]
            = 3816 – 3870
= −54kJ/mol

9. Topik : Hukum Faraday
Elektrolisis larutan CuSO4 selama 30 menit dengan arus 10A, akan menghasilkan endapan logam Cu di katoda sebanyak.... (Ar Cu = 63,5)
A. 0,181 gram
B. 0,373 gram
C. 1,845 gram
D. 5,922 gram
E. 23,689 gram
Jawaban : C
Pembahasan:
Diketahui :      i = 10 A
                        t = 30 menit = 30 x 60 sekon
                        Ar Cu = 63,5
CuSO4    Cu2+ + SO42-  (biloks Cu = +2)
Ditanya : massa Cu
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020

10. Topik : Fenomena sifat koligatif
Pernyataan yang benar mengenai sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan molalitas yang sama ialah....
A. titik didih larutan elektrolit lebih rendah dibanding larutan nonelektrolit
B. titik beku larutan elektrolit lebih rendah dibanding larutan nonelektrolit
C. titik didih larutan elektrolit sama dengan titik didih larutan nonelektrolit
D. tekanan uap larutan elektrolit lebih tinggi dibandingkan larutan nonelektrolit
E. tekanan osmosis larutan elektrolit lebih rendah dari larutan nonelektrolit
Jawaban : B
Pembahasan:
Di dalam air, zat elektrolit akan terurai menjadi ion-ionnya sehingga jumlah zat terlarutnya akan lebih banyak dibanding nonelektrolit dengan molalitas yang sama. Hal itu mengakibatkan :
  • Titik didih larutan elektrolit lebih tinggi dibandingkan larutan nonelektrolit.
Adanya zat terlarut akan menghalangi pelarut (air) untuk mendidih pada titik didihnya, sehingga pada larutan elektrolit diperlukan titik didih yang lebih tinggi dari titik didih air.
  • Titik beku larutan elektrolit lebih rendah dibandingkan larutan nonelektrolit.
Adanya zat terlarut akan menghalangi air untuk membeku pada titik bekunya, sehingga pada larutan elektrolit dibutuhkan titik beku yang lebih rendah dari titik beku air.
  • Tekanan uap larutan elektrolit lebih rendah daripada larutan nonelektrolit
Semakin banyak zat terlarut, maka semakin banyak partikel yang menghalangi pelarut (air) untuk menguap. Akibatnya, jumlah molekul yang menguap menjadi lebih sedikit, dan tekanan uap menjadi lebih kecil.
  • Tekanan osmotik larutan elektrolit lebih tinggi daripada larutan nonelektrolit
Semakin banyak zat terlarut, maka semakin banyak molekul-molekul air yang bergerak  melewati membran semipermeabel. Akibatnya, tekanan osmotik menjadi lebih besar.

11. Topik : Kespontanan reaksi
Diketahui data potensial reduksi sebagai berikut:
E0 Ca2+/Ca = - 2.87V
E0 Pb2+/Pb = -0.13V
E0 Mg2+/Mg = -2.37V
E0 Au3+/Au = +1.5 V
Reaksi yang dapat berlangsung yaitu....
A. Mg +  Ca2+  →  Mg2+  + Ca
B. Ca +  Mg   →    Ca2+  + Mg2+
C. Pb + Mg2+ →  Pb2+   + Mg
D. Mg +  Pb2+  →  Mg2+   +  Pb
E. Pb2+ + Au3+  →  Pb  +  Au
Jawaban : D
Pembahasan :
Reaksi yang dapat berlangsung (spontan) ditandai dengan potensial reaksi (E0sel) yang bernilai positif (> 0)
Untuk reaksi pada tanggapan (b) dan (e) bukan merupakan reaksi redoks, sehingga tidak perlu dihitung.
E0sel = E0red – E0oks
Pada pilihan A : E0sel = (E0 Ca2+/Ca) – (E0 Mg2+/Mg)
E0sel = - 2.87V – (-2.37V) = - 0.5V
Pada pilihan C :  E0sel = (E0 Mg2+/Mg) – (E0 Pb2+/Pb)
E0sel = - 2.37V – (-0.13V) = - 2.24V
Pada pilihan D :  E0sel = (E0 Pb2+/Pb) – (E0 Mg2+/Mg)
E0sel = -0.13V – (-2.37V) = +2.24V
Maka, reaksi yang dapat berlangsung adalah Mg  +  Pb2+  →  Mg2+   +  Pb
Karena nilai E0sel > 0

12. Topik : Reaksi hidrokarbon
Perhatikan reaksi hidrokarbon berikut ini!
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Reaksi di atas termasuk jenis reaksi....
A. eliminasi
B. substitusi
C. adisi
D. asimilasi
E. pembakaran
Jawaban : C
Pembahasan :
Reaksi antara alkena dengan asam bromida dan menghasilkan haloalkana merupakan reaksi adisi.
Ciri – ciri pada reaksi adisi yaitu senyawa hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap (tidak jenuh) berubah menjadi hidrokarbon berikatan tunggal (jenuh), dengan adanya penambahan atom lain.

13. Topik : Turunan benzena
Perhatikan struktur turunan senyawa benzena berikut ini!
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Senyawa turunan benzena di atas dinamakan....
A. fenol
B. toluena
C. anilina
D. anisol
E. stirena
Jawaban : C
Pembahasan :
Senyawa turunan benzena yang berikatan dengan satu substituen, secara IUPAC diberi nama dengan aturan : nama substituen + benzena
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
NH2 merupakan gugus amin, maka nama IUPAC senyawa ini adalah : aminobenzena
Nama trivialnya : anilina
Jika benzena berikatan dengan – OH dinamakan hidroksibenzena (fenol).
Jika benzena berikatan dengan – CH3 dinamakan metilbenzena (toluena).
Jika benzena berikatan dengan – OCH3 dinamakan metoksibenzena (anisol).
Jika benzena berikatan dengan CH = CH2 dinamakan vinilbenzena (stirena).

14. Topik : Uji karbohidrat, protein dan lemak
Suatu zat X kalau direaksikan dengan pereaksi Fehling terbentuk endapan merah bata. Maka zat X tersebut kemungkinan mengandung....
A. selulosa
B. sukrosa
C. amilum
D. glikogen
E. fruktosa
Jawaban : E
Pembahasan:
Pereaksi Fehling digunakan untuk mengidentifikasi gula pereduksi, yaitu gula yang mengandung gugus aldehid dan keton bebas. Reaksi positif Fehling akan menghasilkan endapan merah bata. Semua monosakarida dan disakarida (kecuali sukrosa) merupakan gula pereduksi, sedangkan semua polisakarida bukan gula pereduksi.
Maka, karbohidrat yang akan bereaksi positif terhadap Fehling kemungkinan mengandung fruktosa. Dalam reaksi ini, fruktosa  akan mereduksi ion Cu2+ dalam Fehling menjadi ion Cu+ sehingga dihasilkan endapan merah bata.


15. Topik : Reduktor Oksidator
Perhatikan reaksi redoks berikut!
2Cr   +   3CuSO4     →    Cr2(SO4)3 + 3Cu
Pada reaksi tersebut yang merupakan reduktor yakni....
A. Cr
B. CuSO4
C. Cu
D. Cr2(SO4)3            
E. Cr dan CuSO4
Jawaban : A
Pembahasan :
Reduktor yaitu suatu spesi yang mereduksi zat lainnya, namun spesi itu sendiri mengalami oksidasi.
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Pada reaksi di atas, Cr mengalami perubahan biloks dari 0 menjadi +3, maka Cr mengalami oksidasi. Makara, Cr bertindak sebagai reduktor.

16. Topik : Kimia Dasar
Indikator : Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis ikatan dari reaksi senyawa 
Suatu unsur diketahui memiliki konfigurasi elektron sebagai berikut
      Y : [He] 2s2
      X : [Ne] 3s23p5
Ikatan yang terjadi antara kedua unsur tersebut adalah ikatan….
A. hidrogen
B. ion
C. kovalen
D. koordinasi
E. ganda
Jawaban : C
Pembahasan :
Umumnya atom dengan elektron valensi 1, 2, dan 3 akan melepaskan elektron terluarnya (membentuk ion positif) untuk mencapai kestabilan oktet. Sehingga ikatan yang terbentuk berupa ikatan ionik. Namun, karena unsur Y ini memiliki jari - jari yang kecil (terlihat dari nomor atom kecil dan konfigurasi elektron yang singkat), maka jenis ikatan yang terbentuk cenderung dengan sharing elektron terluarnya untuk mencapai kestabilan oktet. Struktur lewis dari kedua unsur dalam membentuk suatu senyawa yakni sebagai berikut :
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Senyawa YX2 tersebut terbentuk dari sharing (saling memberi) antara kedua elektron valensi Y dengan elektron dari unsur X. Walaupun tidak memenuhi hukum oktet, senyawa tersebut termasuk ikatan kovalen.

17. Topik : Kimia Analitik
Indikator : Peserta didik mengidentifikasi kawasan penyangga dan kawasan hidrolisis  
Perhatikan kurva titrasi dibawah ini! Kurva tersebut adalah titrasi antara larutan CH3COOH dan larutan KOH.
Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020

Komposisi larutan yang apabila dicampurkan memperlihatkan perubahan pH pada tempat B ialah….
A. CH3COOH 0,2 mol dan Mg(OH)2 0,1 mol
B. CH3COOH 0,3 mol dan KOH 0,2 mol
C. NH4OH 0,1 mol dan HCl 0,05 mol
D. HCOOH 0,2 mol dan Mg(OH)2 0,04 mol
E. HCl 1 mol dan NaOH 1 mol
Jawaban : B
Pembahasan :
Kurva titrasi di atas termasuk titrasi larutan CH3COOH (asam lemah) dengan larutan KOH (basa kuat). Pada daerah B merupakan daerah pH sistem penyangga, dimana pHnya cenderung tetap (tidak berubah secara signifikan) ketika penambahan sedikit basa sebagai pentiter. Larutan penyangga adalah campuran antara asam/basa lemah dengan basa/asam kuat dimana jumlah mol asam/basa lemah lebih besar daripada mol basa / asam kuat. Dalam percobaan ini, maka jumlah mol asam lemah CH3COOH harus lebih besar dari jumlah mol basa kuat KOH.

18. Topik : Kimia Fisik
Indikator : Peserta didik mampu memprediksi arah pergeseran kesetimbangan
Berikut ini adalah reaksi kesetimbangan.
4 A(s) + 2 B(g) ⇋ 2 C(g) ∆H = - 60 kJ
Keadaan yang akan menimbulkan kesetimbangan bergeser ke arah kiri (membentuk reaktan lebih banyak) yaitu….
A. menurunkan suhu
B. menaikkan suhu
C. menambah konsentrasi A
D. menambahkan volume
E. menaikkan tekanan
Jawaban : B
Pembahasan :
Faktor – faktor yang memengaruhi kesetimbangan antara lain :
  • konsentrasi : jika konsentrasi spesi di salah satu ruas dinaikkan, maka kesetimbangan akan bergeser ke ruas sebaliknya. Jika konsentrasi spesi di salah satu ruang diturunkan, maka kesetimbangan akan bergeser ke arah ruas tersebut
  • volume : jikalau volume sistem dinaikkan, maka kesetimbangan bergeser ke ruas dengan koefisien yang besar (hanya koefisien gas dan aqueous yang dihitung) dan sebaliknya.
  • Tekanan : jikalau tekanan sistem dinaikkan, maka kesetimbangan akan bergeser ke ruas dengan koefisien yang kecil (hanya koefisien gas dan aqueous yang dihitung) dan sebaliknya).
  • Suhu : jika suhu dinaikkan, maka reaksi akan bergeser ke arah endoterm dan sebaliknya. (nilai ∆H yang diketahui yaitu untuk reaksi ke kanan)
  • Katalis : zat yang hanya mempercepat tercapainya kesetimbangan tanpa menggeser arah kesetimbangan
Maka pada reaksi 4 A(s) + 2 B(g) ⇋ 2 C(g) ∆H = - 60 kJ, menggeser kesetimbangan ke arah kiri (ke ruas reaktan) mampu dilakukan dengan :
  1. meningkatkan konsentrasi produk (ruas kanan)
  2. meningkatkan suhu reaksi. Karena reaksi mempunyai ∆H = -, maka peningkatan suhu akan menggeser kesetimbangan ke arah kiri (endoterm)
  3. volume dan tekanan tidak memengaruhi reaksi tersebut, lantaran koefisien kiri = koefisien kanan.

19. Topik : Kimia Organik
Indikator : Peserta didik sanggup menentukan nilai koefisien berdasarkan penyetaraan reaksi redoks memakai metode setengah reaksi asam setengah reaksi basa 
Perhatikan reaksi redoks di bawah ini!
a MnO4 + b I- → c MnO2 + d I2
Nilai a, b, c, dan d berturut-turut dengan penyetaraan metode setengah reaksi basa yaitu….
A. 1, 2, 2, dan 3
B. 2, 2, 4, dan 3
C. 2, 4, 2, dan 3
D. 2, 6, 2, dan 3
E. 1, 2, 8, dan 3
Jawaban : D
Pembahasan :
Aturan penyetaraan reaksi redoks adalah sebagai berikut :
  • menuliskan masing-masing reaksi yang mengalami reduksi dan oksidasi
Reduksi : MnO4- → MnO2
Oksidasi : I- → I2
  • menyetarakan atom selain atom O dan H
Reduksi : MnO4- → MnO2
Oksidasi : 2I- → I2
  • pada suasana basa, atom O disetarakan dengan menambah ion OH- di ruas yang kekurangan O karena pada kondisi basa dan atom Hdisetarakan diruas sebaliknya dengan menambah H2O
Reduksi : MnO4- + 2H2O → MnO2 + 4OH-
Oksidasi : 2I- → I2
  • menyetarakan muatan dengan menambah elektron
Reduksi : MnO4- + 2H2O + 3e- → MnO2 + 4OHx 2
Oksidasi : 2I- → I2 + 2e- x 3
Hasil nya ialah
2MnO4- + 4H2O + 6I- → 2MnO2 + 8OH- + 3I2
Sehingga nilai a, b, c, dan d ialah 2, 6, 2, 3

20. Topik : Kimia Anorganik
Indikator : Peserta didik mampu mengidentifikasi sifat asam-basa berdasarkan Arhenius, Lewis, dan Bronsted-Lowry 
Dalam reaksi BF3 + NH3 → NH3BF3, BF3 bertindak sebagai….
A. basa Bronsted-Lowry
B. basa Lewis
C. asam Lewis
D. asam Bronsted-Lowry
E. asam Arrhenius
Jawaban : C
Pembahasan :
Menurut teori asam – basa Lewis :
  • asam : spesi yang bertindak sebagai penerima pasangan elektron bebas (akseptor PEB)
  • basa : spesi yang bertindak sebagai pendonor pasangan elektron bebas (donor PEB)
Reaksi antara NH3 dengan BF3 digambarkan sebagai berikut :
 Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan  pada dunia pendidikan d Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT 2020 IPA KIMIA Soal UN SMA 2020/2020
Dari gambar di atas, terlihat bahwa NH3 bertindak sebagai basa Lewis (donor PEB) dan BF3 bertindak sebagai asam Lewis (penerima PEB)


Berikut ini Kumpulan link latihan Soal UN SMA Tahun 2020 dan Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban UN SMA Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2020/2020)

Link Download Kisi Kisi Soal UN Tahun 2020/2020 : 




Soal Try Out SMA Terbaru 2020


Download Soal Tryout Semua Mata Pelajaran Tingkat SMA Sederajat Tahun Pelajaran 2020-2020


Prediksi SOAL UJIAN 2020-2020 TRYOUT/UNBK Sekolah Menengah Pertama MTs

Prediksi Soal Ujian SD/MI 2020-2020

Prediksi Soal Ujian SMS/MA/Sekolah Menengah kejuruan 2020-2020

Soal Ujian Sekolah Menengah Pertama MTs 2020-2020

Prediksi SOAL UJIAN 2020-2020 TRYOUT/UNBK Sekolah Menengah Pertama MTs

Prediksi Soal Ujian SD/MI 2020-2020

Prediksi Soal UAS dan Soal UN



Demikian Latihan Soal UN (UNBK) dan USBN Sekolah Menengan Atas/MA Tahun 2020 Lengkap Serta Pembahasan yang bisa saya share. Silahkan kaji dalam materi pembahasan soal disekolah ataupun dirumah. Dengan Persiapan dini dari kini gampang-mudahan akan mendapatkan nilai yang memuaskan, aamiin. Selamat menempuh UN Tahun 2020 sukses selalu.

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Contoh Soal Tryout 2020 Ipa Kimia Soal Un Sma 2020/2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel