Terbaru - Contoh Soal Tryout Ips Sejarah Sma Smk 2020/2020

Contoh Soal TRYOUT 2020 IPS Sejarah Soal UN UNBK SMA SMK TAHUN 2020/2020 - Latihan Soal UN SMA Tahun 2020.Ujian Nasional merupakan salah satu jenis evaluasi yang dilakukan pada dunia pendidikan dan disesuaikan dengan standar pencapaian hasil secara nasional. Baik UN, Ujian Sekolah (US / UAS) maupun Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) merupakan penilaian pada akhir proses pembelajaran di sekolah. Adapun yang dimaksud penilaian adalah serangakaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis,dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukansecara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yangbermakna dalam mengambil keputusan.

Ujian menurut pengertiannya adalah serangkaian tes yang dilakukan yang memiliki tujuan untuk menentukan kemampuan yang dimiliki oleh seorang pelajar apakah sudah memenuhi kriteria atau bahkan belum sama sekali. Nah pada jenjang pendidikan sekolah mulai dari yang kelas dasar sampai kelas atas semuanya sudah menggunakan yang namanya ujian. Ada yang namanya Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Dari kedua ujian tersebut pastinya ada beberapa perbedaan yang dimiliki keduanya, langsung saja kita bahas mengenai perbedaan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Sebelumnya kami juga menyediakan soal tryout terbaru untuk ujian nasional tingkat SMA klik link dibawah


Jadwal Ujian Nasional 2020-2020 Tingkat SMA Sederajat

Meski Ujian Nasional (UN) masih beberapa bulan, namun saat ini pemerintah sudah menetapkan jadwal resmi Ujian Nasional (UN) 2020 untuk tahun ajaran 2020/2020. SO, sobat Media Eduka harus mempersiapkan sedini mungkin untuk mendapatkan nilai UNBK yang tinggi.

Berdasarkan surat resmi BSNP dengan Nomor 0110/SDAR/BSNP/IX/2020, Jadwal UN untuk jenjang SMA dan sederajat akan dilaksanakan dengan keterangan sebagai berikut:

Jadwal UNBK

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. Senin, 30 Maret 2020: Bahasa Indonesia
Sesi 1: 07.30 – 09.30
Sesi 2: 10.30 – 12.30
Sesi 3: 14.00 – 16.00

2. Selasa, 31 Maret 2020: Matematika
Sesi 1: 07.30 – 09.30
Sesi 2: 10.30 – 12.30
Sesi 3: 14.00 – 16.00

3. Rabu, 1 April 2020: Bahasa Inggris
Sesi 1: 07.30 – 09.30
Sesi 2: 10.30 – 12.30
Sesi 3: 14.00 – 16.00

4. Kamis, 2 April 2020: Satu mata pelajaran jurusan diujikan
Sesi 1: 07.30 – 09.30
Sesi 2: 10.30 – 12.30
Sesi 3: 14.00 – 16.00

Peserta UN pada SPK memilih satu mata pelajaran jurusan dari IPA, IPS, Bahasa, atau Keagamaan yang diujikan dalam UN.

Jadwal UNKP 

1. Senin, 30 Maret 2020: 07.30 – 09.30 Bahasa Indonesia
2. Selasa, 31 Maret 2020: 07.30 – 09.30 Matematika
3. Rabu, 1 April 2020: 07.30 – 09.30 Bahasa Inggris
4. Kamis, 2 April 2020: 07.30 – 09.30 Satu mata pelajaran jurusan yang diujikan

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ujian Sekolah (US UAS) adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi bagi para pelajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan guna untuk mengetahui kemampuan pelajar selama menerima materi, selain itu ujian sekolah bisa digunakan untuk pengakuan atas prestasi yang sudah dicapai setelah menempuh pendidikan selama waktu yang sudah ditentukan. Ujian sekolah ini juga menjadi persyaratan untuk kelulusan setiap pelajar. Mata pelajaran yang diujikan pada ujan sekolah ini adalah mata pelajaran yang tidak diujikan pada saat UN maupun USBN berlangsung. Istilah Ujian Sekolah (US UAS) seringkali mengacu kepada ujian akhir dari kelas terakhir satuan pendidikan, seperti kelas 6 untuk tingkatan SD/MI, Kelas 9 untuk tingkat SMP/MTs, untuk tingkatan SMA/MA menunjuk ujian di kelas 12, begitu juga untuk tingkatan SMK menunjuk kelas 12 SMK.

Sedangkan Ujian Nasional (UN) adalah sama seperti halnya US/UAS/USBN. Ini merupakan ujian akhir yang dilakukan pada tingkat akhir satuan pendidikan, untuk dari segi yang diujikan memang sama tetapi dari kualitasnya sudah diupgrade menjadi lebih baik dengan menggunakan standart nasional. Pemerintah mengadakan ujian nasional (UN) dengan memberikan standar atau patokan itu digunakan sewaktu-waktu tingkat pencapai standar perlu mengetahui sampai dimana efektivitasnya. Ujian nasional (UN) disebut pulan ujian yang diselenggarakan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. UN berfungsi sebagai kendali mutu pendidikan nasional. Ujian Nasional bukan penentu kelulusan. Setidaknya tiga hal yang menentukan kelulusan siswa, yaitu sudah menyelesaikan masa belajar, memiliki kepribadian atau akhlak, lulus ujian sekolah.


 IPS Sejarah Soal UN UNBK SMA SMK TAHUN  Terbaru -  Contoh Soal TRYOUT IPS Sejarah SMA SMK 2020/2020

UN rencananya akan diganti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. AKMSK ini merupakan penyederhanaan dari ujian nasional yang begitu kompleks. Konsep yang digunakan adalah asesmen yang mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan para siswi. Materi yang dinilai adalah literasi dan numerasi. Literasi adalah kemampuan menganalisis suatu bacaan. Kemampuan memahami konsep di balik tulisan, numerasi merupakan kemampuan menganalisis dengan menggunakan angka-angka.

Untuk menambah peluang sukses ujian nasional Anda, cobalah untuk mempraktikkan 4 kiat berikut ini: 1) Belajar Sedikit tapi Rutin. Sebagian siswa terbiasa menggunakan strategi “sistem kebut semalam” untuk lulus ujian. Padahal, cara tersebut sangat riskan dan tidak memiliki manfaat. Untuk sukses ujian nasional Anda sebaiknya belajar secara rutin setiap hari selama beberapa bulan. Adapun porsi belajar yang Anda lakukan tidak perlu terlalu banyak. Cobalah untuk mendalami satu materi dan mengerjakan setidaknya 5 soal perhari dengan serius. Meski sedikit, jika dilakukan secara rutin maka hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap hasil ujian nasional Anda nanti. 2) Banyak Berlatih Mengerjakan Soal misalnya dengan mengerkan Latihan Soal UN SMA Tahun 2020. Untuk menghadapi ujian nasional, Anda tidak perlu banyak membaca materi dari buku pelajaran. Akan tetapi, perbanyaklah latihan soal dari berbagai sumber seperti buku latihan, internet, atau soal-soal ujian nasional di tahun-tahun sebelumnya. Percaya atau tidak, lebih dari 40% soal yang diujikan di ujian nasional sejatinya merupakan modifikasi dari soal di tahun-tahun sebelumnya. Semakin banyak Anda mengerjakan latihan soal, maka peluang sukses ujian nasional Anda akan semakin besar. 3) Belajar dalam Kelompok. Belajar dalam kelompok memiliki banyak manfaat daripada belajar sendirian. Meski begitu, pastikan rekan yang Anda ajak untuk belajar memiliki niat untuk serius dan tidak datang hanya untuk bermain-main. Anda tidak perlu belajar dalam kelompok setiap hari. Cukup gunakan dua atau tiga jam di setiap akhir pekan untuk berkumpul di suatu tempat untuk mengerjakan soal bersama-sama. Jika memungkinkan, Anda bisa patungan untuk menyewa seorang tutor atau guru les untuk memandu kegiatan tersebut.


SOAL UN SEJARAH Sekolah Menengan Atas TAHUN PELAJARAN 2020-2020

Nah berikut ini 40 Latihan Soal Mapel Sejarah Umum dan Jawabannya... selamat belajar dan semoga sukses.

1.Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa penculikan Soekarno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok yang terjadi pada tanggal 16 1945. Penculikan tersebut dilakukan oleh kalangan pemuda dalam rangka mempercepat pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia.Peristiwa ini dilatarbelakangi adanya perbedaan sikap antara kalangan tua dan pemuda tentang kapan proklamasi dilaksanakan. Tujuan dari peristiwa tersebut adalah untuk mengamankan Soekarno-Hatta agar tidak terpengaruh oleh Jepang dan proklamasi kemerdekaan segera dilaksanakan. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah menunjukkan sejarah sebagai peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau, karena ….
A.peristiwa seajarah ditempatkan sebagai fakta,kejadian dan kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lampau
B.peristiwa merupakan rekonstruksi peristiwa sejarah yang dialami bangsa Indonesia untuk bangkit dari penjajah
C.peristiwa masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah penulisan karya sejarah
D.peristiwa yang terjadi pada saat itu disebabkan karena adanya peristiwa yang terjadi sebelumnya
E.sejarah merupakan kumpulan peristiwa masa lalu yang direkonstruksi sesuai jamannya

2.Perhatikan pernyataan berikut !
1.Menganalisis suatu peristiwa sejarah
2.Menghimpun jejak-jejak sejarah
3.Mengumpulkan dokumen-dokumen
4.Tujuannya mengetahui kejadian-kejadian bersejarah masa lampau
5.Mencari informasi sejarah
Tahap heuristic dalam penelitian sejarah ditunjukkan pada nomor….
A.1),2) dan 3)
B.1),2) dan 4)
C.2),3) dan 4)
D.2),4) dan 5)
E.3),4) dan 5)

3.Sumber-sumber sejarah masa lampau dapat berupa barang peninggalan tertulis maupun tidak tertulis, berikut ini peninggalan sejarah yang termasuk inskripsi antara lain ….
A.seluruh peninggalan tertulis maupun gambar yang telah dibukukan
B.dokumen resmi tentang suatu persetujuan,pengakuan dan pemberian hak
C.barang-barang cetakan yang ditemukan di lapisan bumi tertentu
D.naskah-naskah yang berisi perjalanan sejarah tokoh-tokoh tertentu
E.tulisan yang ditorehkan pada benda keras seperti batu, logam, dan kayu

4.Seorang sejarawan yang telah berhasil mengumpulkan sumber-sumber sejarah dalam penelitiannya harus menyaringnya secara kritis sehingga akan memperoleh fakta yang objektif.Langkah untuk menyaring sumber sejarah secara kritik disebut ….
A.heuristik
B.verifikasi
C.interpretasi
D.historiografi
E.fakta sejarah

5.Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia.Setiap kehidupan manusia terdapat berbagai peristiwa. Oleh karena itu jika seorang sejarawan akan menulis kembali peristiwa tersebut terdapat beberapa konsep berfikir yang harus diterapkan.Salah satu konsep berfikir yang digunakan seorang sejarawan sinkronik,yaitu ….
A.mengutamakan urutan terjadi peristiwa-peristiwa sejarah
B.mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu
C.mempelajari peristiwa berdasarkan pembabakan suatu masa
D.penuisan sejarah berdasarkan realitas suatu peristiwa
E.penulisan sejarah berdasarkan catatan-catatan suatu perjalanan

6.Manusia purba hidup secara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini disebabkan manusia purba ….
A.mencari daerah yang subur
B.sering terjadi bencana alam
C.hidup secara berkelompok
D.mencari daerah yang aman
E.sangat tergantung kepada alam

7.Perhatikan data dibawah ini:
(1) volume otaknya 750-1300 cc
(2) tinggi badannya 185 cm
(3)wajahnya tidak mempunyai dagu
(4)tonjolan kening agak terputus ketengah
(5)rahang dan geraham kuat, bagian kening menonjol
Data diatas yang merupakan ciri-ciri jenis manusia purba phitecanthropus adalah …
A.(1), (2), dan (3)
B.(1), (3), dan (5)
C.(2), (3), dan (4)
D.(2), (3), dan (5)
E.(3), (4), dan (5)

8.Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1)Letak Indonesia strategis yaitu berada dijalur pelayaran yang menghubungkan Barat dan Timur
(2)Penguasa-penguasa kerajaan Hindu-Budha di Indonesia mendukung penyebaran Hindu-Budha di wilayah kekuasaannya
(3)Pola angin muson Barat dan Timur yang berubah setiap enam bulan sekali yang memudahkan kapal-kapal asing singgah di Indonesia dalam waktu yang cukup lama
(4)Daerah pesisir merupakan daerah pertemuan awal masyarakat lokal dengan  agama dan kebudayaan Hindu-Budha
(5)Kaum brahmana, ksatria, dan waisa serta penduduk local aktif menyebarkan ajaran Hindu-Budha keseluruh dunia

Dari lima pernyataan di atas, dua faktor geografis yang memudahkan masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Budha ke Indonesia adalah ….
A.(1) dan (2)
B.(1) dan (3)
C.(2) dan (3)
D.(3) dan (4)
E.(4) dan (5)

9.Perhatikan cirri-ciri berikut !
1)Manusia sudah hidup menetap
2)Mengenal bercocok tanam
3)Hasil budaya berupa kapak persegi
4)Hidup berpindah-pindah
5)Alat perlengkapan berupa kapak genggam
Ciri kehidupan manusia masa neulitikum ditunjukkan pada nomor ….
A.1),2) dan 3)
B.1),2) dan 4)
C.2),3) dan 4)
D.2),4) dan 5)
E.3),4) dan 5)

10.Peradaban Hindu mudah diterima oleh masyarakat Indonesia karena….
A.adanya hubungan antara kerajaan-kerajaan Indonesia dengan India
B.adanya persamaan antara peradaban Hindu dan peradaban Indonesia
C.adanya usaha bangsa –bangsa di Indonesia untuk mengembangkan tingkat peradabannya
D.dasar-dasar peradaban Hindu telah dimiliki masyarakat Indonesia
E.adanya jalinan perdagangan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya

11.Menurut J.C Panleaur, agama dan kebudayaan hindu masuk keindonesia dibawah oleh kaum Brahmana. Para Brahmana ini dating diindonesia atas undangan dari para penguasa Indonesia sebagai akibat dari kontak perdagangan dengan india . Teori ini dianggap paling utama dan masuk akal. Dasar pendukung kebenaran teori ini adalah..

A.Kaum Brahmana sengaja dating untuk menyebarkan agama hindu
B.Para Brahmana merupakan golongan yang menguasai soal keagamaan
C.Kaum Brahmana dating keindonesia atas undangan penguasa setempat
D.Kaum Brahmana diutus oleh raja diindia untuk keindonesia
E.Olongan Brahmana ingin mengajarkan agama hindu diindonesia.

12.Majapahit merupakan kerajaan yang mendapat pengaruh dari Singasari.Beberapa aspek memiliki kesamaan seperti halnya jabatan Dharmadyaksa Rang Kaisawan dan   Kasongatan dalam kerajaan Majapahit menandakan adanya ….
A.kekuatan armada laut yang tangguh
B.keamanan dalam dan luar negeri
C.terjaminnya kehidupan ekonomi
D.kerukunan antara ummat beragama
E.ketertiban dalam masyarakat

13.Berdasarkan tulisan-tilisan yang terdapat pada prasasti diketahui bahwa raja yang pernah       memerintah   di Tarumanegara adalah Raja Purnawarwan. Raja Purnawan merupakan raja besar yang telah berhasil meningkatkan kehidupan rakyatnya. Disebutkan bahwa   kehidupan ekonomi kerajaan Tarumanegara telah teratur. Bukti dari penjelasanya tersebut  adalah ...
A.kehidupan masyarakatnya mengalami perubahan kearah sejahtera sehingga terwujudnya kemakmuranB. banyak ditemukan peninggalan yang berupa candi-candi dan banyak sekali barang purbakala
 C.wilayah kekuasaan kerajaan Tarumanegara meliputi seluruh Jawa bagian barat dan pantai utara Jawa
D.Raja Purnawarwan telah menggalang kerjasama dengan kerajaan-kerajaan lain di luar Nusantara
E.dibangunya terusan sepanjang 6122 tombak sebagai sarana mencegah banjir dan pelayaran

14.Kerajaan Demak merupakan kerajaan islam pertama dipulau jawa yang berdiri sekitar abad ke 15M . Pendiri kerajaan ini adalah Raden Patah, seorang putra Raja Majapahit Brawijaya 5 yang menikah dengan Putri Campa. Kerajaan demak membangun perekonomian dari pertanian dan memperluas wilayahnya dengan menaklukkan pelabuhan –pelabuhan penting di pantai utara jawa seperti Tuban, Jepara,sedayu dan Gresik. Dikuasainya pelabuhan tersebut maka Demak menjadi pelabuhan penghubung atau transit dengan Malaka. Dari Deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa…

A.Daerah pedalaman demak banyak menghasilkan ladah sebagai bahan eksport yang penting.
B.Perekonomian kerajaan Demak berkembang kearah perdagangan maritime dan Agraria
C.Kerajaan Demak ingin merebut Malaka dari tangan Portugis sehingga Demak menjadi Bandar perdagangan yang ramai
D.Letaknya Strategis di jalur perdgangan Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur
E.Kerajaan Demak menjadi pusat perdagangan dengan hasil pertanian beras

15. Kas Belanda kosong akibat pertempuran yang dihadapi baik dari dalam maupun dari luar       negeri merupakan latar belakang munculnya ….
A.Politik etis
B.VOC
C.Sistem tanam paksa
D.Politik pintu terbuka
E.Kerja paksa

16.  Perpaduan tradisi lokal Hindu budha dan islam diberbagai kehidupan telah ada sebelum   datangnya hindu,Budha,dan islam masuk keindonesia. Masyarakat Indonesia telah mengenal kehidupan religious untuk bersikap dan berprilaku dalam kehidupan. Setelah masuknya pengaruh hindu budha dan islam terjadilah interaksi dan mempengaruhi kehidupan masyarakat diindonesia. Bentuk perpaduan antara tradisi loal, hindu Budha dan islam didalam kehidupan masyarakat antara lain pertunjukan wayang.Pertunjkan wayang tersebut mampu bertahan sampai sekaang karna ….
A. Ceritanya selalu berkembang menyesuaikan kondisi masyarakat setempat
B. Isi ceritanya banyak menyadur dari cerita Mahabarata dan Ramayana
C. Pertunjukannya tidak tetap dan bergantung pada kebutuhan tuntutan masyarakat
D. Fungsi pertunjukan wayang pada awalnya pemujaan arwah nenek moyang
E. Pertunjukan wayang banyak digunakan sebagai sarana hiburan dan komunikasi

17.Jatuhnya Konstanti Nopel ketangan Turki Usmani 1453 mengakibatkan hubungan
perdagangan antara eropa dan Asia Barat (Timur Tengah Terputus). Dikuasainya Konstantinopel tersebut berarti berakhilah riwayat kekaisaran Romawi. Sehingga pusat perdangan rempa-rempah di Istambu dikuasaioleh para pedangan islam.Bagi masyarakat Eropa, rempah-rempah merupakan kebutuhan vital. Jatuhnya kota konstantinopel menyebabkan harga rempah-rempah melambung tinggi. Tujuan awal masuknya bangsa Barat (eropa) ke nusantara selain mencari rmpah-rempah juga dilator belakangi oleh….
A.Semangat mewujudkan 3 G 9Gold,Glori,Gospel)
B.Berakhirnya masa kegelapan (Dark Age)
C.Munculnya semangat Renaisane (pencerahan )
D.Memperkenalkan enemuan-penemuan baru
E.Keinginan memperkenalkan budaya barat di Asia

18. Untuk mendapatkan dukungan rakyat Indonesia, Jepang membentuk gerakan Tiga A yang   dipimpin oleh ….
A.Ir. Soekarno
B.Mr. Samsudin
C.Mr. Soepomo
D.Mr.Muh.Yamin
E.Drs.Moh. Hatta

19. Sarekat Dagang Islam ( SDI) yang dibentuk pada tahun 1911 di Solo oleh Haji Samanhudi      bertujuan ….
A.memajukan perdagangan di Indonesia
B.membantu pedagang islam yang bermodal lemah
C.menghimpun para pedagag Islam dalam menghadapi pedagang Cina
D.menjaga agar tidak ada persaingan yang tidak sehat di antara pedagang Islam
E.memberdayakan ekonomi rakyat Indonesia

20.  Organisasi pergerakan Nasional Indisje Partyj berdiri pada tanggal 25 Desember 1912 Pencetus organisasi ini E.F. Douewes Dekker Pendirian indisje Partj mendapat dukungan dari rakyat Indonesia . Tujuan organisasi ini membangun patriotism indes terhadap tanah air yang telah memberikan sesuai tujuan organisasi tersebut, maka strategi perjuangannya adalah non kooperatif, karena…
A.Bersifat Radikal dan menolak kerjasama dengan penjajah.
B.Kegiatan organisasi kebangsaan bersifay lunak dan terbuka
C.Organisasi kebangsaan mengutamakan kesejahteraan anggota
D.Organisasi dengan terang-terangan menggalang persatuan
E.Kegiatan organisasi dilakukan secara sembunyi-sembunyi


21.  Perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka yang dipelopori golongan mudah, perlu dicontoh generasi sekarang ini yaitu ….
A.cinta pada tanah air bangsa Indonesia
B.persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan cita-cita
C.persatuan dan kesatuan bagi semua  penduduk
D.rela berkorban untuk tanah air
E.memelihara persatuan antar golongan muda dan golongan tua

22. Perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda mengenai waktu pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia menyebabkan terjadinya peristiwa
A.Rengasdengklok
B.Medan Area
C.Bandung lautan api
D.Ambarawa
E.Insiden bendera

23.Pendudukan Jepang diindonesia menimbulkan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia. Hal Ini disebabkan Jepang mengadakan eksploitasi baik dibidang ekonomi maupun social. Pada bulan maret 1943 Pemerintah jepang membentuk pusat tenaga rakyat (Putera) yang dipmpin oleh 4 serangaki  yaitu Ir Soekarno,Rds Muh. Hatta,Kihajar Dewantara dan Kyai H. Mas Mansyur. Melalui Putera para pemimpin Indonesia dapat berhubungan dengan rakyat secara langsung xbaik melalui rapat-rapat maupun media massa milik jepang .Pada perkembangan organisasi PUTERA dimanfaatkan oleh para pemimpin Indonesia dalam proses perjuangan Indonesia karena….
A.Menarik perhatian bangsa Indonesia agar membantu pasukan jepang dalam perang Asia Timur Raya
B.Membangkitakn semangat nasionalisme serta menumbuhkan rasa percaya diri serta harga diri sebagai bangsa
C.membujuk kaum nasionalisme Sekuler dan kaum Intelektual agar dapat mengarahkan       tenaga untuk melawan jepang
D.Mengerahkan rakyat Indonesia untuk mendukung jepang menghadapi sekutu
E.Mempersatukan rakyat jawa dalam menghadapi serangan sekutu dalam perang Asia Timur Raya.

24. Pada awal kemerdekaan, bangsa Indonesia belum memiliki Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Fungsi dan kedudukan DPR digantikan oleh KNIP yang berfungsi sebagai pembantu presiden sebelum MPR dan DPR terbentuk.  Atas usulan KNIP pemerintah mengeluarkan maklumat tanggal  3 Nopember 1945 tentang pembentukan partai-partai politik. Berdasarkan ilustrasi tersebut dapat disimpulkan keterkaitan antara usulan KNIP dengan pembentukan partai-partai politik adalah ....
A. keinginan pemerintah membentuk partai politik
B. memberikan kesempatan rakyat mendirikan partai
C. persiapan bagi pembentukan DPR Januari 1946
D. keinginan pemerintah untuk  membubarkan KNIP
E. KNIP mempunyai tugas di bidang legislative

25. Tugas pokok Komite Nasional Indonesia yang dibentuk PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945 adalah ….
A.menyerap aspirasi rakyat
B.membantu presiden
C.sebagai penasehat presiden
D.membantu MPR
E.sebagai kepala departemen

26.  Peristiwa Bandung lautan api dilatar belakangi oleh ….
A.Pendirian pos-pos militer sekutu di Bandung
B.Adanya keinginan untuk membentuk pemerintahan daerah otonom
C.Kekecewaan penduduk Bandung terhadap pemerintah pusat
D.Adanya penghinaan terhadap bendera Indonesia
E.Adanya ultimatum dari sekutu untuk mengosongkan Bandung

27. Kondisi ekonomi Indonesia pada awal proklamasi 1945-1950 sangat kacau. Kekacauan ini ditandai adanya inflasi yang sangat tinggi, karena jumlah mata uang jepang yang beedar tidak dapat dikendalikan. Dilain pihak, kas Negara Indonesia juga mengalami kekosongan .Upaya pemerintah untuk mengisi kas negara adalah…
A. BI mengeluarkan ORI
B. Menasionalisasikan Bank Asing
C. Mendevaluasi uang rupiah
D. Melakukan pinjaman nasional
E. Mengadakan program Plan Kasimo

28. DI/TII, yang mengatasnamakan islam dan akan mendirikan negara islam Indonrsia di wilayah  republik Indonesia  serikat yang sah, jelas-jelas merupakan pemberontakan yang nyata karena mendirikan “negara”  di dalam “ Negara”. Yang bukan tindakan penyimpangan dari Kartosuwiryo dan DI/TII adalah ….
A.Banyak melakukan kekerasan memeras rakyat
B.Menapsirkan islam semaunya sendiri ( islam versi Kartosuwiryo/ islam versi DI/TII)
C.Meminta bantuan dana dari NEFIS ( Dinas Rahasia Belanda )
D.Mengadakan hubungan dengan orang-orang Belanda  menyokong negara Pasundan
E.Bekerja sama dengan rakyat untuk mendirikan negara di bawah pemerintahannya

29. Perkembangan ekonomi pada masa Demokrasi Terpimpin, Presiden Soekarno menerapkan sistem ekonomi terpimpin. Dalam hal ini presiden langsung terjun dan mengatur  perekonomian. Dalam rangka meningkatkan aktivitas perekonomian presiden Soekarno menempuh beberpa langkah. Salah satu langkah tersebut adalah  melaksanakan pembangunan nasional. Dalam pelaksaanaan pembangunan nasioanl diperlukan modal dan tenaga ahli. Untuk menyelesaikan msalah tersebut Presiden menyampaikan Deklarasi ekonomi  ( Dekon).Tujuan dari Dekon adalah menciptakan ekonomi yang bersifat demokrasi bebas dari imperialisme. Pada pelaksanaannya Dekon tidak mengatasi kemrosotan ekonomi bahkan malah memberatkan rakyat. Program ini dianggap gagal, karena ....
A.  Kehidupan masyarakat pada umumnya masih di bawah taraf hidup
B.  Pendapatan perkapita masyarakat masih belum sesuai standar
C.  Semua program pemerintah pada saat itu untuk kepentingan politik
D. Masih ada campr tangan pihak asing yang ingin mengusai perekonomian
E. Tidak ada ukuran yang obyektif untuk menilai suatu usaha dan hasil usaha

30. Dinamika kehidupan politik pada masa awal kemerdekaan diwarnai masa-masa pelaksanaan demokrasi liberal.Pada masa ini pemerintah RI.membentuk parmen, dinamika kedaulatan  rakyat yang disalurkan melalui wakil-wakil partai politik yang menduduki  parlemen.Salah satu cirri masa pemerintahan tersebut adalah seringnya terjadi pergantian kabinet yang disebabkan oleh ….
A.Serinya terjadi pemborontakan menyita perhatian anggota kabinet
B.Kabinet terdiri dari orang-orang yang tidak ahli dalam bidangnya
C.Sikap apatis para anggota kabinet terhadap upaya pembangunan
D.Mosi tidak percaya  anggota parlemen terhadap kinerja kabinet
E.Pemerintah mencurahkan perhatian pada upaya pembebasan Irian Barat

31. Pada awal kekuasaannya, presiden Soeharto telah mengambil beberapa kebijakan ekonomi yang sedikit banyak perlawanan dengan kebijakan presiden Soeharto, antara lain ….
A.Melarang sistem ekonomi sosialis
B.Membekukan bank-bank RRC yang beroperasi di Indonesia
C.Memutuskan hubungan perdagangan dengan RRC
D.Menutup semua kantor dagang negara-negara blok sosialis
E.Membuka kembali hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan internasional

32. Latar belakang Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah untuk ….
A.kembali ke UUD NRI tahun 1945
B.membentuk konstituante
C.membentuk DPR, MPRS, dan  DPAS
D.melaksanakan pemerintahan demokrasi terpimpin
E.mengatasi pemerintahan yang  tidak stabil

33. Pada masa demokrasi terpimpin situasi ekonomi  negara Indonesia bertambah parah akibat ….
A.Pembelian senjata militer secara besar-besaran
B.Pelaksanaan politik mercusuar
C.Pencetakan uang kertas secara berlebihan
D.Pelaksanaan dekon
E.Pelaksanaan  dwikora

34. Indonesia memasuki masa orde baru yang berusaha mewujudkan tatanan baru kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945  secara ….
A.nurni dan konsekuen
B.refresif
C.persuasive
D.kooperatif
E.non kooperatif

35. Pada akhir pemerintahan ORBA Indonesia mengalami gejolak politik tinggi baik dijajaran pemerintahan maupun ditingkat pergeakan rakyat dan mahasiswa. Kondisi politik yang semakin memanas sehingga memicu potensi di masyarakat. Kehidupan masyarakat sangat sulit ditambah dengan angka pengangguran yang tinggi menyebabkan terjadinya benturan social. Faktor social penyebab runtuhnya orde baru adalah…
A. Konflik antar agama dan etnik yang berbeda seperti dipekalongan dan Banjarmasin
B. Keinginan demokratisasi sehingga terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur
C. Kerusuhan tanggal 13 dan 14 mei 1998 yang melumpuhkan perekonomian rakyat
D. Adanya krisis kepercayaan terhadap pemerintahan yang penuh dengan nepotisme
E. Konflik social dalam kehidupan masyarakat seperti Di Situbondo dan Tasikmalaya

36. Bukti bahwa Indonesia sebagai anggota ASEAN telah melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif antara lain turut serta berpartisipasi dalam meredakan pertikaian antarfaksi  di Kamboja pada tahun 1988 dengan cara ….
A.menjadi penengah antar keempat faksi yang sedang bertikai
B.menyediakan tempat untuk pelaksanaan Jakarta Informal Meeting
C.memberi bantuan senjata kepada kelompok independen
D.mengirim pasukan Garuda sebagai pasukan Dewan Keamanan PBB
E.memberi bantuan ekonomi dan obat-obatan bagi rakyat Kamboja

37.Pada masa pemerintahan Orde Baru (1966-1998)  bertekad mengabdi pada kepentingan rakyat dan nasional dilandasi semangat dan jiwa Pancasila serta UUD 1945. Salah satu  kebijakan politik pemerintah Orde Baru adalah penerapan dwifungsi ABRI. Dwi fungsi ABRI merupakan konsep dasar militer dalam menjalankan peran  sosial-politik di Indonesia.  Dampak dikeluarkannya  kebijakan tersebut adalah  ….
A. kewenangan ABRI semakin luas karena campur tangan dalam ranah sipil
B. memberi tugas kepada ABRI untuk membantu  tugas dari lembaga DPR
C. jalannya pemerintahan Indonesia menjadi kewenangan kepada ABRI
D. separo jajaran pemerintahan sipil diisi oleh perwakilan dari  ABRI
E fraksi ABRI ditarik dari perwakilan keanggotaan MPR/DPR

38. Reformasi itu mempunyai pengertian sebagai suatu perubahan yang radikal dan menyeluruh  untuk perbaikan. Perubahan yang didasarkan atas paradigm baru atau kerangka berpikir baru yang dijiwai oleh suatu pandangan ….
A.keterpurukan
B.keterpinggiran
C.keterbukaan
D.keterselubungan
E.keseimbangan

39.  Gerakan revormasi di Indonesia tahun 1998 merupakan gerakan untuk memperbaiki tatanan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai denagn nilai nilai Pancasila dan UUD 1945. Penyebab utama terjadinya gerakan ini adalah ….
A.munculnya golongan-golongan oposisi
B.keinginan mengganti kedudukan presiden
C.presiden  yang terlalu lama berkuasa
D.utang luar negeri  Indonesia dapat dibayar dengan mudah
E.ketidakadilan di berbagai bidang kehidupan

40.ASEAN adalah organisasi regional bangsa-bangsa Asia Tenggara  yang bergerak di  bidang ekonomi, geopolitik dan budaya. Dalam kegiatan ASEAN tersebut Indonesia mampu memainkan peran sebagai pemimpin Asia Tenggara, terutama pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Indonesia memiliki peranan yang cukup penting di dalam perkembangan ASEAN, di mana Indonesia merupakan salah satu penentu arah perkembangan organisasi tersebut. Contoh peran Indonesia dalam ASEAN menjadi penengah saat terjadinya konflik antara Kamboja dan Vietnam tahun 1987. Konflik ini dapat diselesaikan melalui Konferensi Paris tahun 1991 di mana kedua negara menyepakati adanya perjanjian damai. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa Indonesia ....
A.dapat menyelesaikan konflik yang terjadi di berbagai dunia
B.mampu menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara
C.dapat menyelesaikan permasalahan ASEAN tanpa bantuan
D.bekerjasama dengan negara lain dalam mewujudkan kesejahteran
E.bisa mewujudkan suatu stabilatas nasional  melalui keadilan


Berikut ini Kumpulan link latihan Soal UN SMA Tahun 2020 dan Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban UN SMA Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2020/2020)

Link Download Kisi Kisi Soal UN Tahun 2020/2020 : 




Soal Try Out SMA Terbaru 2020


Download Soal Tryout Semua Mata Pelajaran Tingkat Sekolah Menengan Atas Sederajat Tahun Pelajaran 2020-2020


Prediksi SOAL UJIAN 2020-2020 TRYOUT/UNBK Sekolah Menengah Pertama MTs

Prediksi Soal Ujian SD/MI 2020-2020

Prediksi Soal Ujian SMS/MA/Sekolah Menengah kejuruan 2020-2020

Soal Ujian SMP MTs 2020-2020

Prediksi SOAL UJIAN 2020-2020 TRYOUT/UNBK SMP MTs

Prediksi Soal Ujian Sekolah Dasar/MI 2020-2020

Prediksi Soal UAS dan Soal UN



Demikian Latihan Soal UN (UNBK) dan USBN Sekolah Menengan Atas/MA Tahun 2020 Lengkap Serta Pembahasan yang bisa saya share. Silahkan kaji dalam materi pembahasan soal disekolah ataupun dirumah. Dengan Persiapan dini dari kini gampang-mudahan akan mendapatkan nilai yang memuaskan, aamiin. Selamat menempuh UN Tahun 2020 sukses selalu.

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Contoh Soal Tryout Ips Sejarah Sma Smk 2020/2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel