Terbaru - Inilah Konsep 9 Kecerdasan Majemuk Pada Anak, Lengkap !


konsep Kecerdasan majemuk (multiple intelligence) pada anak

Kecerdasan diartikan sebagai kemampuan untuk mencar ilmu yang berasal dari ilmu dan pengalaman biar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan demi masa depan yang lebih baik. Kecerdasan anak tidak dapat diukur hanya melalui satu aspek saja, misalnya kemampuan kecerdikan atau berbahasa namun kecerdasan itu cakupannya sangat luas.

Adalah Howard Gardner tahun 1983, seorang profesor dan psikolog dari Universitas Harvard yang pertama kali menggagas tentang teori kecerdasan majemuk, dalam bukunya yang berjudul Frame of mind : The Theory of Multiple Intelligence.

Howard menyampaikan bahwa setiap manusia mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda yang mencerminkan bagaimana mereka bisa berinteraksi dengan dunia. Makara setiap anak memiliki kemampuannya masing-masing dalam belajar, tidak ada anak yang mutlak ndeso 100 persen, hanya saja kita sebagai pendidik yang belum bisa menemukan potensi kecerdasan anak tersebut.

Dalam masalah tertentu seolah-olah anak yang mengalami penyakit autis dan idiot, bahkan anak tersebut memiliki kecerdasan istimewa yang tidak dimiliki anak pada umumnya, hanya saja karena sikap dan kemampuan mereka pada umumnya sangat berbeda dengan teman sebaya mereka, namun bukan berarti mereka bisa di cap sebagai anak yang bodoh.

Banyak orang beranggapan bahwa cerdas itu mempunyai arti pandai dan dinilai melalui nilai sekolah yang anggun atau hasil tes IQ yang tinggi, hal ini membuat persepsi tentang kecerdasan menjadi sempit, padahal nilai manis dan IQ yang tinggi tidak menjadi tolak ukur bagi kesuksesan anak di masa depan.

Potensi kecerdasan tidak hanya dilihat dari seberapa mampu anak mengerjakan soal- soal di sekolah, atau seberapa paham anak- anak dengan matematika, karena itu hanya salah satu dari beberapa potensi, sedangkan kecerdasan sendiri terdiri dari 9 kecerdasan atau yang disebut juga dengan kecerdasan majemuk (multiple intelligence).

Berikut kita akan bahas mengenai 9 kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh manusia, agar sebagai pendidik khususnya guru dan orang tua mampu mengenali kemampaun yang dimiliki anak agar mampu memberikan rangsangan dan stimulus yang tepat demi masa depan anak yang cemerlang.

Baca Juga : Pengertian Dan Perbedaan Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal

Kecerdasan beragam meliputi kecerdasan linguistik (bahasa), Kecerdasan Logis-Matematis, Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan musical, Kecerdasan kinestetik – Jasmani, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Naturalis, Kecerdasan Spiritual - Eksistensial 

9 Kecerdasan Majemuk

Kecerdasan verbal-linguistik

Yaitu kecerdasan yang meliputi kemampuan berbahasa yang efektif baik secara lisan maupun goresan pena, kemampuan membaca, menulis, memahami urutan dan makna dari kata-kata, mempunyai kepekaan terhadap bunyi.

Seseorang dengan kemampuan linguistik atau verbal terlihat dari cara mereka memakai bahasan yang benar dan efektif, senang menulis dan membaca, bisa debat dan berpidato, gampang

memahami dan mengingat informasi secara verbal dan goresan pena, serta bisa menjelaskan pikiran dan perasaan dengan baik.

Kecerdasan ini pada umumnya dimiliki oleh seorang penulis, penyair, pengacara, penerjemah dan pembawa program.

Seorang anak dengan kecerdasan majemuk ini dapat dirangsang dengan terbiasa dibacakan dongeng, memberi anak tugas mengarang dongeng, berdiskusi,   mengarang dan membacakan puisi, menulis buku diary atau sekedar berbincang – bincang dengan anak ihwal apa saja yang ia lakukan hari ini, contohnya ketika di sekolah, di rumah sobat ketika bermain – main.

Kecerdasan Logis-Matematis

Yaitu kemampauan anak untuk menguasai bilangan, angka, perhitungan, mendeteksi berbagai pola seakan-akan pola pikir, pola gambar, pola jumlah, pola warna, memahami sebab jawaban, serta berpikir secara logis dan ilmiah.

Anak dengan kecerdasan ini sudah niscaya sangat suka dengan pelajaran matematika di sekolah, mereka akan terlihat lebih menonjol dibandingkan temannya yang lain, apabila diberikan rangsangan yang tepat maka anak ini mampu menjadi ilmuan di masa depan.

Orang yang memiliki kemampuan ini juga memiliki keteraturan, berkonsep, numerik dan pola hidup yang selalu rasional. Profesi mirip akuntan, andal statistik dan ilmuan adalah profesi yang umumnya digeluti oleh orang yang memiliki kecerdasan matematis ini.

Dalam memicu kecerdasan logis – matematis sanggup dilakukan dengan memperlihatkan rangsangan dikala proses pembelajaran seperti diajar melalui permainan logika matematika, mengasah kemampuan berpikir alasannya yaitu tanggapan pemeriksaan, dan teka-teki. Mereka biasanya mencar ilmu dengan melihat konsep dasarnya lebih dulu sebelum menyentuh detailnya.

Kecerdasan Visual Spasial

Kecerdasan ini mencakup kemampuan berpikir dalam gambar serta kemampuan untuk menciptakan berbagai macam aspek dunia visual spasial.

Orang yang memiliki kecerdasan ini mempunyai kepekaan yang tajam terhadap detail visual, dan kemampuan menggambar sesuatu seolah hidup seolah-olah melukis, membuat denah secara terperinci dan mampu membaca peta.

Pelukis, pilot, navigator, desainer, pematung hingga pada juara catur, arsitek merupakan ciri orang yang memiliki kecerdasan visual.

Kecerdasan ini mampu diberikan stimulus berupa memperkenalkan karya seni populer, mengajak untuk membuat karya sendiri.

Kecerdasan musikal

Kecerdasan ini mencakup untuk menangani berbagai bentuk musik dengan cara membedakan, mengubah, mengekspresi, menghargai dan menciptakan irama, nada serta melodi yang indah.
Banyak diantara kita yang memiliki kecerdasan musik ini, dalam kehidupan sehari – hari kecerdasan musical dimiliki antara lain oleh composer, penyanyi, pencipta lagu dan kritikus musik.

Untuk memaksimalkan kecerdasan musik yang dimiliki oleh anak, dapat dilakukan dengan mengasah kemampuan seni musik, baik menyanyi ataupun memainkan alat musik, mengajak untuk berpartisi dalam kegiatan seni musik.

Kecerdasan kinestetik – Jasmani

Kecerdasaan ini mencakup suatu talenta atau kemampuan menggerakkan seluruh tubuh untuk mengekspresikan suatu pandangan gres atau perasaan.

Kecerdasan ini merupakan kemampuan yang tinggi untuk mengandalkan gerak badan menyerupai atlet, penari, pelaku pantomime, polisi, tentara, dokter bedah, pengrajin dan actor.

Anak dengan kecerdasan ini biasanya lebih menyukai pelajaran olahraga di sekolah, mereka dapat lebih maksimal dalam mencar ilmu jikalau sambil bermain, menggerakkan badan, mengikuti sebuah peragaan,
bermain puzzle.

Kecerdasan ini dapat diasah semoga maksimal dengan mengajak anak berolahraga, ikut terlibat dalam komunitas olahraga dan kelompok tari

Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal atau kecerdasan antar pribadi merupakan kemampuan untuk memahami dan dapat bekerjasama dengan orang lain, kecerdasan ini menuntut kemampuan tanggap berempati, memahami mood perasaan, tempramen, motivasi, serta maksud dari orang lain.

Seseorang dengan kecerdasan interpersonal memiliki belas kasih yang tinggi, bisa bekerja dengan baik secara tim, mereka kemampuan empati dan tanggung jawab yang umumnya dimiliki oleh profesi guru, negosiator, pekerja sosial, juru runding, pemimpin, manejer, konselor, pengamat, penjual, serta seorang politikus.

Dengan mengajak anak untuk ikut berorganisasi di sekolah ataupun di luar sekolah sanggup mengasah kecerdasan interpersonal.

Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan Intrapersonal atau kecerdasan untuk memahami diri sendiri yakni kemampuan untuk memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut, sanggup mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

Mereka yang memiliki kecerdasan ini mampu untuk memilah- milah emosi kemudian mengelompokkannya, mengungkapkan dalam bentuk simbol. Mereka juga mandiri, fokus pada tujuan, dan disiplin.

Anak yang mempunyai kecerdasan ini dapat diasah dengan membuat catatan harian, menawarkan kesempatan untuk saling mengungkapkan perasaan dan pikiran.

Kemudian Gardner kembali mengajukan 2 kecerdasan lainnya pada tahun 1998

Kecerdasan Naturalis

Atau disebut juga kecerdasan lingkungan, kecerdasan seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mengerti tumbuhan dan fauna, jenis batuan dengan baik, serta memahami dan menikmati alam dengan memakai kemampuannya secara produktif.

Profesi seakan-akan dokter hewan, ahli botani, chef, petugas kehutanan merupakan merupakan pekerjaan yang biasa ditekuni oleh orang yang mempunyai kecerdasan ini.

Memperkenalkan benda- benda alam yang da di sekitar ibarat tumbuhan dan fauna, melakukan kegiatan berkebun, berburu dan memelihara binatang yakni kegiatan yang sanggup merangsang kecerdasan naturalis ini.

Kecerdasan Spiritual - Eksistensial 

Merupakan suatu kecerdasan yang memiliki kemampuan menjawab duduk perkara eksistensi atau keberadaan insan

Kecerdasan ini banyak terdapat pada profesi filsuf, namun tidak menutup kemungkinan kecerdasan ini dapat dimiliki oleh seseorang dengan kecerdasan lain.

Untuk merangsang kecerdasan spiritual ini dapat dilakukan dengan mengikuti secara aktif kegiatan organisasi pemuda keagamaan atau mengajak untuk menghadiri kegiatan ibadah.

Bagan 9 Kecerdasan Majemuk :



Nah, kini kita jadi mengetahui tentang jenis- jenis kecerdasan yang mungkin dimiliki anak kita, setiap anak itu mempunyai kecerdasannya sendiri- sendiri, tidak ada yang sama persis bahkan anak yang lahir kembar identik sekalipun.

Kecerdasan majemuk terbentuk atas beberapa faktor diantaranya :

1. Faktor gen atau keturunan yang di bawah sejak lahir.
2. Lingkungan, memiliki peran terhadap tumbuh kembang anak di lingkungan sosialnya.
3. Nutrisi, nutrisi yang seimbang 4 sehat 5 tepat dapat membantu pola perkembangan otak anak.

Makara penting untuk mengajarkan keseluruhan dari kecerdasan majemuk pada anak, namun dengan catatan dilarang dipaksakan karena akan berdampak pada hilangnya kecerdasan awal yang dimiliki oleh anak tersebut.

Untuk mengenali kecerdasan apa yang dimiliki oleh remaja, dapat dilakukan dengan mengikuti serangkaian tes pada kartu kecerdasan majemuk, dengan memberikan skor pada kelompok pertanyaan dengan menjawab 1. Sesuai, 2. Tidak terlalu sesuai, 3. Sesuai, 4. Sangat tidak sesuai. Skor terbanyak akan mengarahkan remaja pada salah satu kecerdasan dalam kecerdasan majemuk.

Untuk melihat bagaimana contoh jenis tes yang dapat diberikan kepada anak untuk mengetahui jenis kecerdasan yang dimiliki, dapat di DOWNLOAD DI SINI

Kenalilah kecerdasan beragam pada cukup umur, lantaran akan berdampak secara nyata terhadap sumber daya manusia yang unggul, mempersiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan dan persaingan dunia pada kurun revolusi industry 4.0

Berikut terdapat beberapa serangkaian pertanyaan untuk mengetahui kecerdasan anak semenjak dini :

Kecerdasan Logika Matematika
Apakah anak anda :
§                   Menyenangi pelajaran matematika?
§                   Senang menyelesaikan berbagai soal matematika?
§                   Senang bekerja dengan komputer?
§                   Sering bertanya mengenai cara kerja suatu benda?
§                   Senang permainan yang menggunakan strategi seperti puzzle dan catur
§                   Senang melakukan percobaan ilmiah?

Kecerdasan Linguistik
Apakah anak anda :
§                   Senang membaca buku?
§                   Senang belajar kosa kata baru dan menggunakannya dalam berbicara atau menulis?
§                   Senang bercerita atau mendengarkan cerita?
§                   Memiliki ingatan yang baik tentang orang, tempat, nama dan tanggal?
§                   Sering kesal jika seseorang salah menggunakan kata?

Kecerdasan Spasial
Apakah anak anda :
§                   Senang menggambar?
§                   Atau senang mencoret-coret di atas kertas?
§                   Senang berkhayal?
§                   Lebih mudah membaca peta, gambar dan diagram dibandingkan tulisan?
§                   Dapat menemukan jalan di tempat baru tanpa harus ditunjukkan?
§                   Senang membongkar sesuatu dan menggabungkannya kembali?
§                   Senang bermain balok 3 dimensi seperti LEGO?

Kecerdasan Kinestetik
Apakah anak anda :
§       Tidak bisa diam atau kakinya terus bergerak ketika sedang duduk untuk waktu yang agak lama?
§       Senang melakukan kegiatan seperti berlari, main bola, atau olahraga jenis lainnya?
§       Menggunakan bahasa tubuh dan gerakan tangan ketika berbicara dengan orang lain?
§       Ingin menyentuh benda yang baru dikenalnya/ dilihatnya?
§       Senang mencoba kegiatan olah raga baru dan tidak cepat lelah?
§       Menunjukkan gerakan fisik yang berbeda sewaktu sedang berpikir atau bekerja?
§       Menirukan gerakan tubuh orang lain?

Kecerdsan Musikal
Apakah anak anda :
§                   Senang mendengarkan musik?
§                   Senang bernyanyi atau bersenandung?
§                   Kesal jika suara musik dimatikan?
§                   Senang memainkan alat musik?
§                   Mudah mingingat irama suatu lagu walaupun baru mendengar satu kali?
§                   Memilki suara yang indah?

Kecerdasan Interpersonal :
Apakah anak anda :
§                   Memiliki dua atau lebih sahabat dekat?
§                   Mengerti perasaan teman mereka dari raut wajah, gerakan tubuh dan suara?
§                   Memperhatikan perasaan temannya?
§                   Bisa berempati dengan orang lain?
§                   Membantu temannya menyelesaikan masalahnya?
§                   Street Smart’ ?
§                   Menempati posisi di organisasi sekolah atau kelompok?
§                   Merupakan pemimpin secara alamiah?

Kecerdasan Intrapersonal
Apakah anak anda :
§               Senang menyendiri?
§               Membutuhkan tempat yang tenang untuk dirinya?
§               Bisa mengekspresikan perasaannya secara tepat?
§               Suka memendam dan memilih tidak mengungkapkan terhadap hobi yang mereka senangi ?
§               Menunjukkan kemandirian dan keras kepala?
§               Memiliki kemampuan untuk menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya?

Kecerdasan Naturalis
Apakah anak anda :
§                Senang berada di luar ruangan dan senang bersepeda, mendaki gunung, berkemah, atau memancing?
§                   Senang mengkoleksi hal-hal yang berkaitan dengan alam misalnya bebatuan, bunga, dll?
§                   Tertarik dengan alam dan berusaha mempelajari secara rinci?
§                   Senang mengamati hal-hal yang terjadi di alam?
§                    Mempelajari hal-hal yang ditemukannya di alam?
§                   Senang mengamati bintang, bulan atau gelombang dan berusaha mencari informasi mengenai hal tersebut?
§                   Senang binatang dan mau mempelajarinya?

Demikianlah artikel yang membahas konsep Kecerdasan beragam (multiple intelligence) pada anak, semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Inilah Konsep 9 Kecerdasan Majemuk Pada Anak, Lengkap !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel