Terbaru - Ringkasan Eksekutif Hasil Un Sma/Ma Jurusan Ipa, Masukan Untuk Pembelajaran Di Sekolah



Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA telah selesai dilaksanakan, yang pelaksanaannya serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, namun dengan selesainya pelaksanaan Ujian Nasional tersebut menyisakan banyak Pekerjaan Rumah (PR) bagi para pemangku kepentingan dalam Dunia Pendidikan untuk terus memperbaiki mutu pendidikan di Negeri ini.

Untuk rilis Ringkasan Eksekutif UN Tahun 2020 nampaknya belum rilis, yang muncul pada laman PUSPENDIK hanyalah Ringkasan Eksekutif Tahun 2020, namun tetap kita harus mengetahui untuk memperbaiki apa saja yang kurang dalam hasil UN

Ujian Nasional (UN) bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Salah satu kegunaan hasil UN adalah pembinaan kepada satuan pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan. Setiap tahun Pusat Penilaian Pendidikan mempublikasikan hasil UN dalam bentuk aplikasi analisis hasil UN yang didistribusikan ke dinas pendidikan.



Beberapa tahun terakhir, hasil UN juga dapat diakses melalui laman https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. Hasil UN tersebut telah dimanfaatkan antara lain oleh Ditjen Dikdasmen untuk memberikan bimbingan kepada sekolah-sekolah dengan capaian UN yang belum optimal. Selain itu, sebagian dinas pendidikan dan sekolah juga telah memanfaatkan hasil UN untuk pembinaan guru. Ringkasan Eksekutif ini merupakan upaya untuk melengkapi publikasi hasil UN yang telah ada.

Ringkasan ini tidak melaporkan semua kompetensi yang diujikan, namun mengangkat beberapa topik atau kompetensi yang dikuasai dan yang belum dikuasai siswa beserta rekomendasi pembelajaran
Ada beberapa mata pelajaran pada jenjang SMA/MA dalam Ringkasan ini disajikan contoh soal beserta pembahasan soal.

diantaranya :

1. Bahasa Indonesia,
2. Bahasa Inggris,
3. Matematika,
4. Fisika,
5. Biologi, dan
6. Kimia

Dengan mengetahui perbaikan yang harus dilakukan oleh guru maupun sekolah, diharapkan kompetensi yang sudah dikuasai sebagian besar siswa akan dikuasai oleh seluruh siswa; sedangkan untuk kompetensi yang belum dikuasai sebagian besar siswa akan dapat ditingkatkan penguasaannya melalui perbaikan pembelajaran. Pada akhirnya diharapkan mutu lulusan yang berikutnya dapat lebih meningkat.

Ringkasan dan Pembahasan


Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas/MA 

Lingkup materi yang diujikan dalam UN pada mata pelajaran bahasa Indonesia jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) meliputi: 1) membaca nonsastra, 2) membaca sastra, 3) menulis terbatas, 4) menyunting kata, kalimat, paragraf, dan 5) menyunting ejaan dan tanda baca. Lingkup bahan tersebut diuji melalui tiga level kognitif yaitu, pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan akal budi.

Temuan hasil UN 2020 menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA mampu memahami berbagai isi teks, baik teks tunggal maupun multiteks,baik sastra maupun nonsastra. Hal ini mungkin karena teks yang disajikan pada UN tahun 2020 relatif pendek dari segi ukuran dan sederhana dari segi kompleksitas kebahasaan.

Untuk menulis terbatas sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan ketika tugas relatif sederhana, seperti mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu tetapi sebagian mengalami kesulitan ketika tugas lebih kompleks seperti menentukan kesimpulan untuk melengkapi paragraf

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat di Unduh (DOWNLOAD)

Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas/MA 


Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat SMA pada tahun 2020 mencakup fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal/transaksional, teks fungsional pendek (antara lain announcement, letter dan invitation), dan teks descriptive, recount, narrative, procedure, report, exposition, biography, serta news item yang diujikan melalui keterampilan listening dan reading. Soal-soal ujian meliputi level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran

Berdasarkan balasan siswa terhadap soal-soal Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas, ditemukan bahwa soal yang menuntut siswa menemukan gagasan utama dari paragraf merupakan soal yang sanggup dijawab benar oleh sebagian besar siswa. Menemukan gagasan utama sebuah paragraf simpel bagi mereka alasannya ialah gagasan utama biasanya ditemukan pada awal atau kalimat pertama dari paragraf. Selain itu, teks-teks masih melibatkan paragraf-paragraf pendek.

Sementara, soal yang menghendaki siswa untuk making inferences dan menemukan makna kata sesuai konteks merupakan soal-soal yang tidak dapat mampu dijawab benar oleh sebagian siswa. Sebagian besar siswa juga mengalami kesulitan pada soal yang menguji penggunaan kata hubung.

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dapat di Unduh (DOWNLOAD)


Matematika SMA/MA 


Lingkup materi yang diujikan pada mata pelajaran Matematika SMA/MA adalah Aljabar, Kalkulus, Geometri dan Pengukuran, dan Statistika. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran

Berdasar kajian terhadap hasil analisis UN 2020, ditemukan bahwa secara umum siswa SMA/MA dapat mengerjakan soal-soal yang hanya menggunakan rumus baku serta cara pengerjaan baku, seperti jenis soal No.1. Mereka menguasai soal-soal yang bahkan melibatkan manipulasi aljabar dan perhitungan yang panjang serta rumit.

Namun mereka justru kesulitan mengerjakan soal matematika yang mengharuskan mereka membaca, memahami makna soal sebelum dapat melakukan penyelesaian, seperti pada soal No. 2 dan 3. Bahkan mereka tidak berhasil menghadapi soal seperti No. 2 yang tidak memerlukan kemampuan berhitung sama sekali

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Matematika dapat di Unduh (DOWNLOAD)

Biologi Sekolah Menengan Atas/MA 


Lingkup materi yang diuji pada mata pelajaran biologi SMA adalah sebagai berikut: 1) keanekaragaman hayati; 2) struktur dan fungsi makhluk hidup; 3) biomolekuler dan bioteknologi; serta 4) genetika dan evolusi. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sementara itu, jenis pengetahuan ilmiah yang diujikan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural

Siswa lebih mudah memahami informasi yang disajikan dalam bentuk teks (uraian kata-kata) dibandingkan dengan informasi dalam bentuk tabel. Soal dalam bentuk uraian teks dijawab lebih banyak benar oleh siswa dibandingkan soal yang disajikan dalam bentuk tabel (data percobaan).

Selain itu, sebagian siswa telah memiliki kemampuan dalam menafsirkan data sederhana dalam bentuk grafik garis, dan dalam menentukan variabel percobaan. Siswa masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi fakta terkait struktur morfologi makhluk hidup pada gambar. Siswa juga masih kesulitan dalam mengelompokkan (mengklasifikasikan) makhluk hidup ke dalam takson yang sesuai.

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Biologi dapat di Unduh (DOWNLOAD)

Fisika SMA/MA 


Soal UN mata pelajaran Fisika SMA/MA mengukur capaian kognitif pada level Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi/Penerapan, dan Penalaran, dalam lingkup materi: a) Pengukuran dan Kinematika, b) Dinamika, dan c) Usaha, Energi, dan Tumbukan, d) Kalor, e) Gelombang dan Cahaya, serta f) Listrik, Magnet, dan Fisika Modern.

Soal-soal aplikasi (penerapan) yang dominan menerapkan rumus untuk menentukan besaran fisis tertentu, lebih mudah bagi siswa dibandingkan dengan soal-soal konseptual yang membutuhkan penalaran. Soal-soal dengan konteks yang sudah dikenal siswa (familiar) dan sering ditemukan dalam ujian-ujan sebelumnya atau dalam latihan di sekolah menjadi soal rutin, pada umumnya dapat dijawab benar oleh siswa.

Namun, permasalahan sederhana dalam soal dengan konteks yang sudah dikenal ketika disajikan dalam format soal yang tidak biasa, dan penyelesaiannya memerlukan prosedur yang tidak rutin (tidak biasa) ternyata menjadi sulit bagi siswa.

Siswa mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan soal-soal yang dilengkapi dengan tabel, gambar, diagram, dan grafik. Siswa belum terampil mengolah informasi yang disajikan dalam tampilan tersebut. Siswa belum memahami konsep fisika secara terintegrasi sehingga sulit menyelesaikan permasalahan yang mengaitkan berbagai konsep fisika

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Fisika dapat di Unduh (DOWNLOAD)

Kimia SMA/MA 


Lingkup Materi soal Kimia SMA/MA yang diujikan meliputi lima kelompok: 1) kimia dasar; 2) kimia analitik; 3) kimia fisik; 4) kimia organik; 5) kimia anorganik. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.

Hasil analisis menunjukkan siswa relatif tidak mengalami kesulitan menjawab soal yang menuntut pemahaman konsep khususnya pada situasi familier.

Misalnya pada soal-soal yang sudah dilatihkan dan diajarkan di kelas atau konteks yang ada di buku pelajaran. Siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan suatu konsep dalam konteks yang tidak familier, menginterpretasi data hasil percobaan/praktikum dalam gambar/grafik, dan tabel.

Kesulitan menjadi bertambah pada soal yang menuntut siswa untuk menyimpulkan atau melakukan prediksi berdasarkan data dari beberapa variabel. Sebagian siswa juga mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal-soal pemahaman konsep dengan materi yang bersifat abstrak.

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Kimia dapat di Unduh (DOWNLOAD)

Demikianlah artikel yang membahas  Ringkasan Eksekutif Hasil UN, Masukan Untuk Pembelajaran di Sekolah, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua !

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Ringkasan Eksekutif Hasil Un Sma/Ma Jurusan Ipa, Masukan Untuk Pembelajaran Di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel