Terbaru - Soal Dan Kunci Jawaban Up Ppg Mapel Ips




Soal berikut disusun untuk membantu anda dalam mempersiapkan diri supaya sukses dalam menghadapi soal UP UKM PPG pada mata pelajaran IPS

Diharapkan untuk berlatih menjawab soal terlebih dahulu ! kemudian mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah disediakan di final soal


Selamat Berlatih !!!

1. Karakteristik Kurikulum tahun 1994 dilihat dari bahan pelajaran ditata secara terpadu sedangkan keluasan materi diserahkan kepada guru selaku pengembang kurikulum, hal ini berbeda dengan karakteristik kurikulum tahun 2006 dengan karakteristik ... .

A.  lebih simpel dan efektif serta berorientasi pada kompetensi dasar dan standar kompetensi
B.  materi disajikan secara terpisah atau broad-field
C.  bahan sangat padat yang terbagi kedalam pokok bahasan
D.  menggunakan pendekatan spiral dari lingkungan terdekat dan sederhana hingga ke lingkungan makin luas dan kompleks


2.  Latar belakang dan landasan Kurikulum Pendidikan IPS tahun 1994 dipusatkan pada ketiga kemampuan dasar yaitu membaca, menulis dan berhitung sedangkan kurikulum tahun 2006 berlandaskan pada ... .

A.  sejarah nasional sebagai sub bidang studi IPS dan diajarkan secara terpisah
B.  menekankan pada ketercapaian kompetensi dasar dari standar kompetensi yang disyaratkan pada setiap kelas
C.  bahan pendidikan IPS dipisahkan dan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan moral Pancasila
D.  penyusunan IPS berdasarkan pada pendekatan spiral.


3.  Ilmu Sosial dapat menciptakan tenaga andal dibidangnya sedangkan IPS (Study Social) akan membentuk warganegara yang berkemampuan sosial, pernyataan ini merupakan perbedaan antara IPS dan Ilmu Sosial dilihat dari ... .

A.  tujuan
B.  pengertian
C.  objek
D.  pendekatan


4.  Hasil observasi yang dapat dibuktikan secara empiris adalah fakta sedangkan tragedi yang pernah terjadi tetapi masih harus dibuktikan kebenarannya yaitu perbedaan pengertian antara fakta dan ... .

A.  insiden
B.  generalisasi
C.  konsep
D.  sejarah


5.  Dari pernyataan berikut merupakan teladan dari keterampilan sosial dalam proses belajar mengajar ... .

A.  pada tamat pembelajaran IPS siswa diberi tugas membuat laporan karyawisata
B.  memimpin diskusi kelompok dalam topik “Banjir”
C.  siswa dapat memakai globe dengan benar
D.  siswa dapat mencari Topik “Kerawanan sosial” dari majalah atau surat kabar


6.  Dari Topik “Wilayah Indonesia berpotensi gempa” pilihlah pernyataan yang membedakan teladan konsep dan generalisasi :

A.  letak wilayah gempa – pada pukul 9.00 WIB terjadi gempa di kepulauan Nias
B.  gempa bumi di lautan Hindia – wilayah gempa di Indonesia mampu dilihat pada Peta
C.  gempa Tektonik – gempa yang dahsyat di atas 5 skala Richter
D.  pada tahun 2020 terjadi gempa di Aceh – luas kawasan gempa mencapai 15 kilometer


7.  Keterampilan siswa untuk memperoleh informasi, membentuk konsep, berfikir kritis, mengambil keputusan, memakai media dalam menafsirkan fakta untuk menyusun laporan merupakan keterampilan ... .

A.  personal
B.  intelektual
C.  sosial
D.  modifikasi prilaku


8.  Dalam topik “Zaman pergerakan Nasional’ referensi keterkaitan antara fakta dan konsep dari pernyataan berikut yakni :

A.  Gambar tokoh-tokoh pergerakan Nasional – Zaman Kolonialisme
B.  Naskah Sumpah Pemuda - Perwujudan Naionalisme sesuai dengan jamannya
C.  Persatuan Bangsa – penjajahan menjadikan konflik
D.  Pertempuran 10 Nopember di Surabaya – Peringatan Sumpah Pemuda


9.  Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengajaran globalisasi sebagai pengaruh isu terkini globalisasi terhadap pembelajaran IPS :

A.  membantu siswa menyebarkan kemampuan pemahaman bahwa insan memiliki saling ketergantungan
B.  membantu siswa bahwa sebagai bangsa mempunyai dilema yang sama mirip kelebihan penduduk, pencemaran, dan kelaparan
C.  membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir kritis terhadap duduk kasus dan keterampilan menganalisis
D.  menyikapi globalisasi dari segi keuntungan saja


10. Proses asimilasi dapat terjadi secara lambat seolah-olah kekerabatan masyarakat China dengan masyarakat Yogjakarta menurut penelitian lambatnya proses asimilasi disebabkan oleh sikap toleransi dan simpati yang kurang diantara ke dua bangsa tersebut hal ini menyebabkan ... .

A.  stereotype (CARA PENDANG) dalam kelompok primondial
B.  etnocentrisme (PENILAIAN)
C.  budaya mayoritas antipati terhadap budaya minoritas
D.  masyarakat dengan latar budaya yang berbeda


11. Tanah longsor , abrasi dan pencemaran yang terjadi di suatu tempat merupakan permasalahan lingkungan yang disebabkan faktor ... .

A.  daya dukung lingkungan yang tidak memadai
B.  perkembangan penduduk yang cepat
C.  keterbatasan kemampuan lahan
D.  kemajuan peradaban manusia


12. Terjadinya perbedaan kepentingan antara satu individu dengan individu yang lain dalam interaksi sosial mampu menjadikan problem dimasyarakat sebagai duduk perkara ... .

A.  aturan
B.  lingkungan
C.  ketertiban
D.  norma


13. Untuk menerapkan pembelajaran IPS yang berkaitan erat dengan masalah kesadaran aturan dan pendidikan kesadaran hukum, guru IPS harus mampu menyajikan topik IPS seperti pernyataan berikut :

A.  menunjukkan konsep-konsep Hukum dalam pembelajaran IPS
B.  membayar pajak merupakan kesadaran masyarakat terhadap hukum
C.  menyajikan pasal-pasal hukum
D.  mengkaji masalah sosial kedalam aturan


14. Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry mempunyai urutan sebagai berikut :

A.  fakta – konsep - -generalisasi – kesimpulan
B.  duduk masalah – hipotesis – data – kesimpulan
C.  data – dilema – hipotesis – kesimpulan
D.  konsep – problem – hipotesis – laporan


15. Menurut Goleman (1996) karakteristik pendekatan sosial dan personal dalam pembelajaran IPS merupakan bentuk pedagogis terhadap dimensi sosial sebagai berikut....

A.  emosi, nilai, sikap dan prilaku sosial
B.  pengembangan dan latihan
C.  kemampuan operasional dan aktor sosial
D.  sebagai objek dan sebagai pengamat


16. Pembelajaran IPS dengan menggunakan pola masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan memperlihatkan gambar, kliping dari tokoh tersebut merupakan salah satu langkah model pendekatan dalam pembelajaran IPS model ... .

A.  ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B.  analitik keteladanan
C.  kajian nilai
D.  integratif konsep dan nilai


17. Model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap dalam Pembelajaran IPS mempunyai karaktersitik sebagai berikut :

A.  bentuk komunikasi dialogis melalui ceramah, peragaan dan tanya jawab
B.  dengan memakai analisis sampel keteladanan masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan memperlihatkan gambar, kliping dari tokoh
C.  pendekatan kajian nilai secara sistematis dan mendasar
D.  pembahasan konsep yang mempunyai implikasi nilai yang dikaji secara akademis


18. Langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif untuk memutuskan alokasi waktu yang tersedia dalam mengatakan bahan IPS yakni ... .

A.  garis besar jadwal pembelajaran
B.  struktur program
C.  analisis materi pelajaran
D.  sumber mencar ilmu


19. Salah satu ciri dalam merancang metode pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial adalah ... .

A.  memberi pinjaman cara melakukan diskusi
B.  membuat iklim dan mengundang keterlibatan
C.  mengandung aspek sosial untuk terciptanya diskusi kelas
D.  membantu menyusun jadwal


20. Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS memiliki ciri karakteristik yang diharapkan dalam membuat suasana hangat, menciptakan kekerabatan baik antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa yang bersifat pribadi merupakan tahapan dalam ... .

A.  menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
B.  penyajian masalah sosial
C.  pelaksanaan aktivitas
D.  pengenalan prinsip tingkah laris


21. Untuk merancang pendekatan modifikasi prilaku dalam pembelajaran IPS diharapkan lima tahap, tahap yang bertujuan supaya siswa dapat memahami kesulitan yang dihadapi terutama pada fungsi lingkungan yang tidak permanen merupakan tahap ... .

A.  memutuskan data dasar
B.  pengenalan prinsip tingkah laris
C.  pelaksanaan jadwal
D.  tindak lanjut


22. Dalam merancang pendekatan ekspositori dalam Pembelajaran IPS salah satu karakteristik yaitu guru harus memancing pengalaman mencar ilmu yang relevan dengan materi pelajaran IPS yang akan disampaikan merupakan tahap ... .

A.  pendahuluan
B.  penyajian
C.  umpan balik
D.  epilog


23. Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif, dalam perancangannya dibutuhkan tahapan. Ada tahap dimana guru perlu pertanda hakikat objek dan kondisi serta menilik peristiwa persoalan yakni tahap ... .

A.  penyajian problem
B.  mengumpulkan dan verifikasi data
C.  mengumpulkan unsur baru
D.  merumuskan penjelasan


24. Dalam proses pembelajaran siswa dengan santunan guru menetapkan problem sosial sebagai pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan persoalan dan membatasi ruang lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial ialah tahap ... .

A.  orientasi
B.  hipotesis
C.  definisi
D.  eksplorasi


25. Tugas guru mendorong siswa untuk berperan serta dalam kegiatan mencar ilmu mengajar dan menyeleksi siswa ihwal topik yang ditulis merupakan salah satu langkah dalam perencanaan pembelajaran IPS dengan pendekatan personal yaitu pada tahap ... .

A.  menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
B.  melibatkan siswa dalam merumuskan persoalan untuk diskusi
C.  mengarahkan siswa mengidentifikasi alternatif tindakan
D.  membimbing siswa untuk merumuskan kesepakatan


26. Pada tahap pendahuluan dengan menggunakan metode Pembelajaran IPS dengan model pendekatan ekspositori yakni ... .

A.  mengarahkan siswa untuk memilih pokok materi diskusi
B.  memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran
C.  diakhir pembelajaran dilakukan penilaian selesai
D.  sehabis pembelajaran selesai dilakukan penarikan kesimpulan dan tindak lanjut


27. Pernyataan berikut yang bukan merupakan langkah-langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS ialah ... .

A.  menyusun kisi-kisi soal
B.  merumuskan kompetensi dasar
C.  memilih siswa akseptor tes
D.  membuat indikator soal


28. Untuk menyusun alat penilaian pembelajaran IPS dengan memakai kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan yaitu aspek berfikir ranah kognitif untuk tingkat ... .

A.  knowledge
B.  application
C.  comprehension
D.  analysis


29. Untuk mengukur aspek nilai dan sikap sosial pada rancangan alat evaluasi hasil pembelajaran IPS diperlukan instrument tertentu, berikut ini yang bukan alat penilaian untuk mengukur nilai dan sikap ialah ... .

A.  rating scale
B.  chek list
C.  wawancara
D.  survey


30. Dalam merancang alat evaluasi hasil belajar IPS wacana topik ”Penduduk Indonesia”, hasil berguru yang paling sesuai untuk menilai aspek keterampilan dari bahan tersebut adalah ... .

A.  mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia dengan grafik
B.  membaca peta Indonesia
C.  mencari informasi penduduk di setiap propinsi
D.  memperlihatkan gambar penduduk di Indonesia


31. Suatu titik tolak atau sudut pandang mengenai cara bagaimana mengelola proses kegiatan mencar ilmu dan perilaku dari para siswa semoga mampu aktif melaksanakan kiprah belajar supaya mampu mencapai tujuan mencar ilmu yang telah ditetapkan merupakan ...

a. Pendekatan pembelajaran
b. Metode pembelajaran
c. Model pembelajaran
d. Strategi pembelajaran


32. Sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-langkah metode pembelajaran yang akan digunakan, memperlihatkan garis-garis rujukan untuk perancangan pembelajaran, menilai hasil-hasil pembelajaran yang telah dicapai, mendiaknosis problem-duduk kasus mencar ilmu yang timbul, dan menilai hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan merupakan...

a. Manfaat pendekatan pembelajaran
b. Fungsi pendekatan pembelajaran
c. Tujuan pendekatan pembelajaran
d. Prinsip pendekatan pembelajaran


33. Konsep mencar ilmu yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan
dengan situasi dunia faktual siswa dan mendorong siswa membuat kekerabatan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif


34. Pendekatan dalam pembelajaran yang lebih menekankan pada tingkat kreatifitas
siswa dalam menyalurkan inspirasi-ilham baru yang sanggup diperlukan bagi pengembangan diri siswa yang didasarkan pada pengetahuan merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif


35. Pemberian klarifikasi tentang prinsip-prinsip isi pelajaran, kemudian dijelaskan dalam bentuk penerapannya atau contoh-contohnya dalam situasi tertentu merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif


36. Pendekatan pengajaran yang berawal dengan menyajikan sejumlah keadaan khusus kemudian sanggup disimpulkan menjadi suatu kesimpulan, prinsip atau aturan merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Kontekstual
b. Kontruktivisme
c. Deduktif
d. Induktif


37. Pendekatan yang mengarahkan peserta didik meguasai konsep secara benar dengan tujuan semoga tidak terjadi kesalahan konsep (miskonsepsi) pendekatan pembelajaran...

a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific


38. Pendekatan pengajaran yang menawarkan kesempatan kepada siswa untuk menghayati proses inovasi atau penyusunan suatu konsep sebagai suatu keterampilan proses pendekatan pembelajaran...

a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific


39. Problem yang diformulasikan memiliki multijawaban yang benar merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific


40. Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran semua mata pelajaran meliputi menggali informasi melaui pengamatan, bertanya, percobaan, kemudian mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi, dilanjutkan dengan menganalisis, menalar, kemudian menyimpulkan, dan membuat merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Konsep
b. Proses
c. Open - Ended
d. Saintific


41. Pendekatan langsung dilakukan guru terhadap anak didiknya untuk memecahkan masalah anak didiknya tersebut merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif


42. Pendekatan yang dilakukan guru dengan tujuan membina dan mengembangkan sikap sosial anak didik serta membina sikap kesetiakawanan sosial merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif


43. Suatu pendekatan yang dilakukan guru untuk menghadapi permasalahan anak didik yang bervariasi dengan menggunakan variasi teknik pemecaham problem tersebut merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif


44. Suatu pendekatan yang dilakukan guru terhadap anak didik yang bernilai pendidikan dengan tujuan untuk mendidik anak didik biar menghargai norma hukum, norma susila, norma moral, norma sosial dan norma agama merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Individual
b. Kelompok
c. Bervariasi
d. Edukatif


45. Pendekatan yang dilakukan guru terhadap murid melalui rangsangan mulut maupun nonverbal serta melalui sentuhan-sentuhan emosi (perasaan) merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman


46. Suatu pendekatan yang dilakukan guru terhadap murid dengan cara membimbing perkembangan berfikir murid ke arah yang lebih baik sesuai dengan tingkat usianyamerupakan pendekatan pembelajaran...

a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman


47. Pendekatan yang memasukkan unsur-unsur agama dalam setiap mata pelajaran dan untuk menanamkan jiwa agama kepada dalam diri siswa merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman


48. Suatu pendekatan yang dilakukan guru dengan menawarkan pengalaman-pengalaman terhadap siswa dalam rangka penanaman nilai-nilai pendidikan merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Emosional
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman


49. Pendekatan yang dilakukan guru terhadap murid melalui cara menanamkan kebiasaan yang baik dalam kehidupan mereka merupakan pendekatan pembelajaran...

a. Pembiasaan
b. Rasional
c. Keagamaan
d. Pengalaman


50. Pendekatan yang dilakukan dalam IPS memakai pendekatan multidisiplin atau interdisiplin, tidak seolah-olah halnya ilmu sosial yang menggunakan pendekatan disiplin ilmu atau…

a. Monodisiplin
b. Multidisiplin
c. Lintas ilmu
d. Perpaduan pengetahuan


Silakan memberikan komentar jika menginginkan modul PPG dan materi pembahasan PPG Mapel IPS !!!

DOWNLOAD FILE DI SINI

Kunci Jawaban

1. A  11. A 21.B 31.A 41.A
2. B         12. A 22.A 32.B 42.B
3. A         13. B 23.B 33.A 43.C
4. A         14. B 24.A 34.B 44.D
5. B         15. B 25.B 35.C 45.A
6. C         16. A 26.B 36.D 46.B
7. B         17. B 27.C 37.A 47.C
8. A         18. B 28.B 38.B 48.D
9. D         19. C 29.D 39.C 49.D
10. B       20. A 30.A 40.D 50.A

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Soal Dan Kunci Jawaban Up Ppg Mapel Ips"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel