Terbaru - Ringkasan Eksekutif Hasil Un Smp/Mts, Masukan Untuk Pembelajaran Di Sekolah
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang SMP/MTs telah selesai dilaksanakan, sejumlah catatan dari Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK) telah dipublikasikan demi perbaikan pembelajaran di sekolah
Saat ini PUSPENDIK baru saja telah merilis Ringkasan Eksekutif Hasil UN untuk Tahun 2020, Sementara untuk Hasil UN Tahun 2020 masih dalam tahap penyusunan, karena proses perampungannya yang membutuhkan waktu sangat lama.
PENGANTAR
Ujian Nasional (UN) bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Salah satu kegunaan hasil UN adalah pembinaan kepada satuan pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan.
Setiap tahun Pusat Penilaian Pendidikan mempublikasikan hasil UN dalam bentuk aplikasi analisis hasil UN yang didistribusikan ke dinas pendidikan. Beberapa tahun terakhir, hasil UN juga dapat diakses melalui laman https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/
Hasil UN tersebut telah dimanfaatkan antara lain oleh Ditjen Dikdasmen untuk memberikan bimbingan kepada sekolah-sekolah dengan capaian UN yang belum optimal. Selain itu, sebagian dinas pendidikan dan sekolah juga telah memanfaatkan hasil UN untuk pembinaan guru.
Ringkasan Eksekutif ini merupakan upaya untuk melengkapi publikasi hasil UN yang telah ada. Ringkasan ini tidak melaporkan semua kompetensi yang diujikan, namun mengangkat beberapa topik atau kompetensi yang dikuasai dan yang belum dikuasai siswa beserta rekomendasi pembelajaran.
Dalam Ringkasan ini disajikan contoh soal beserta pembahasan soal. Dengan mengetahui perbaikan yang harus dilakukan oleh guru maupun sekolah, diharapkan kompetensi yang sudah dikuasai sebagian besar siswa akan dikuasai oleh seluruh siswa; sedangkan untuk kompetensi yang belum dikuasai sebagian besar siswa akan dapat ditingkatkan penguasaannya melalui perbaikan pembelajaran. Pada akhirnya diharapkan mutu lulusan yang berikutnya dapat lebih meningkat.
Ringkasan dan Pembahasan
Bahasa Indonesia SMP/MTs
Lingkup materi yang diujikan pada UN mata pelajaran bahasa Indonesia jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) meliputi 1) membaca nonsastra, 2) membaca sastra, 3) menulis terbatas,4) menyunting kata, kalimat, paragraf dan 5) menyunting ejaan dan tanda baca.
Lingkup materi tersebut diuji melalui tiga level kognitif yaitu, pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Berdasarkan hasil analisis soal-soal UN SMP, ditemukan bahwa siswa secara umum dapat mengerjakan soal-soal yang mengukur pemahaman terhadap teks tunggal, namunsebagian mengalami kesulitan untuk memahami multiteks yang relatif panjang dan yang menuntut penalaran, seperti membandingkan penggunaan bahasa atau isi dua teks.
Dalam menulis terbatas, sebagian besar tidak mengalami kesulitan ketika tugas menuntut kemampuan berpikir pada level aplikasi seperti menyusun satu paragraf padu dari beberapa kalimat yang disajikan, namun mereka mengalami kesulitan ketika tugas menuntut kemampuan berpikir lebih tinggi seperti menyusun suatu ringkasan dari beberapa paragraf.
Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat di Unduh (DOWNLOAD)
Bahasa Inggris SMP/MTs
Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat SMP pada tahun 2020 mencakup fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks fungsional pendek (antara lain announcement, notice, dan label), dan teks descriptive, recount, narrative, procedure, dan report yang diujikan melalui keterampilan membaca.
Soal-soal ujian meliputi level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Berdasarkan hasil analisis soal-soal UN SMP, sebagian besar siswa dapat menjawab soal yang menuntut siswa menemukan gagasan utama dari sebuah paragraf dan informasi tersurat pada teks.
Siswa pada umumnya dapat menemukan gagasan utama karena gagasan utama biasanya dapat ditemukan pada awal atau kalimat pertama dari paragraf.; sedangkan informasi tersurat mudah ditemukan karena ekspilist terdapat dalam teks. Sementara itu, sebagian besar siswa kesulitan dalam mengidentifikasi topik dan tujuan sebuah teks. Hal ini dapat disebabkan oleh siswa belum mampu menemukan makna kata dan keterkaitan gagasan antarparagraf.
Selain itu, mayoritas siswa kesulitan menemukan informasi tersirat dalam teks. Selain itu, sebagian besar siswa juga mengalami kesulitan mengidentifikasi makna kata yang tepat sesuai dengan konteks. Belum memadainya penguasaan kosakata dan tata bahasa Bahasa Inggris siswa mungkin merupakan penyebab dari kesulitan tersebut
Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dapat di Unduh (DOWNLOAD)
Matematika SMP/MTs
Ujian Nasional Matematika SMP/MTs mencakup topik Bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran, dan Statistika dan Peluang. Level kognitif yang diujikan mencakup pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.
Berdasarkan kajian hasil UN SMP/MTs Matematika 2020, dapat dikemukakan bahwa siswa pada umumnya dapat mengerjakan soal-soal yang memang dapat diselesaikan dengan rumus, strategi, atau prosedur yang sudah dikenal sebelumnya. Sebaliknya, banyak siswa tidak berhasil mengerjakan soal yang memerlukan strategi baru.
Untuk mengerjakan soal yang sudah sering dijumpai, seperti jenis soal No. 1, banyak siswa dapat menyelesaikannya. Namun, untuk soal yang memerlukan strategi dan kreativitas, seperti soal no 4, hanya sebagian kecil siswa yang berhasil menyelesaikannya. Strategi kreatif seperti membuat garis bantu merupakan kecakapan mendasar, yang mutlak diperlukan dalam Geometri
Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Matematika dapat di Unduh (DOWNLOAD)
IPA (Biologi) SMP/MTs
Lingkup materi yang diujikan pada mata pelajaran biologi adalah: Pertama, makhluk hidup dan lingkungannya. Kedua, struktur dan fungsi makhluk hidup. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sementara itu, jenis pengetahuan ilmiah yang diujikan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.
Secara umum siswa SMP telah memiliki kemampuan dalam pengetahuan dan pemahaman, akan tetapi masih kesulitan dalam menyelesaikan soal pada level aplikasi dan penalaran. Siswa lebih memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal konseptual dan faktual, kurang memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal prosedural.
Sebagian besar siswa masih kesulitan dalam menerapkan konsep IPA-biologi pada situasi baru. Pada soal-soal yang sifatnya aplikasi/penerapan, mereka hanya dapat menyelesaikan soal-soal pada situasi yang telah mereka kenal. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian siswa telah memiliki kemampuan dalam menafsirkan dan menyimpulkan data hasil praktikum. Namun, sebagian besar siswa masih kesulitan dalam menggunakan bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah
Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran IPA (Biologi) dapat di Unduh (DOWNLOAD)
IPA (Fisika-Kimia) SMP/MTs
Soal UN mata pelajaran IPA-Fisika SMP/MTs mengukur capaian kognitif pada level Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi/Penerapan, dan Penalaran, dalam lingkup materi: a) Pengukuran, Zat, dan Sifatnya, b) Mekanika dan Tata Surya, dan c) Gelombang, Listrik, dan Magnet. Soal-soal aplikasi yang diselesaikan dengan menggunakan rumus tertentu atau melalui prosedur yang sudah biasa (rutin) lebih mudah bagi siswa dibandingkan dengan soal-soal yang menanyakan permasalahan konseptual.
Soal-soal yang sering dilatihkan oleh guru dalam pembelajaran dan banyak ditemukan dalam berbagai buku latihan soal menjadi familier bagi siswa, sehingga menjadi soal yang mudah bagi siswa, karena tahapan penyelesaiannya menjadi prosedur rutin. Siswa mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan soal yang dilengkapi dengan tabel, gambar, diagram, dan grafik. Siswa belum terampil mengolah informasi dari berbagai tampilan visual tersebut.
Siswa juga mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal penalaran dalam bentuk perbandingan yang melibatkan sejumlah besaran fisis. Siswa lebih cenderung menyelesaikan soal dengan analisis numeris/matematis (langsung melakukan perhitungan) dibandingkan dengan analisis konseptual secara fisis. Padahal perhitungan matematis tersebut bisa jadi justru menjadi sumber kerumitan dalam penyelesaian soal
Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran IPA (Fisika-Kimia) dapat di Unduh (DOWNLOAD)
Demikianlah artikel yang membahas Ringkasan Eksekutif Hasil UN SMP/MTs, Masukan Untuk Pembelajaran di Sekolah, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua !
Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Ringkasan Eksekutif Hasil Un Smp/Mts, Masukan Untuk Pembelajaran Di Sekolah"
Posting Komentar