Terbaru - 21 Tips Sukses Menghadapi Unbk Terbaru ! Lengkap


 
21 Tips sukses menghadapi UNBK Terbaru ! LENGKAP

Setiap siswa niscaya ingin dinyatakan LULUS pada ketika pengumuman Ujian Nasional nantinya, meskipun pada dikala ini ujian nasional atau (UNBK) Ujian Nasional Berbasis Komputer bukanlah penentu kelulusan para siswa, lantaran nantinya nilai UNBK akan digabung bersama dengan nilai yang dikeluarkan oleh sekolah melalui guru atau wali kelas siswa tersebut.

Ketetapan tidak diberlakukannya UNBK sebagai penentu utama para siswa mampu dinyatakan LULUS dari jenjang SMP dan SMA berlaku semenjak tahun 2020, karena melihat tragedi diberbagai kawasan bahwa banyaknya siswa yang mengalami stress saat mendekati aktivitas ujian, bahkan ada insiden siswa rela menghilangkan nyawanya karena dinyatakan tidak lulus ketika pengumuman.

Nah… bagi adik-adik yang akan mengikuti ujian Nasional nantinya, saya akan membagikan tips agar kalian bisa lulus dengan nilai tertinggi pada ketika pengumuman nanti.

Apa pentingnya NILAI yang tinggi ?

Beberapa kampus dengan kualifikasi dan pengukuhan yang baik, biasanya akan menimbulkan faktor nilai UNBK sebagai tolak ukur penerimaan mahasiswa baru, olehnya itu selain dapat lulus UNBK, adik-adik juga perlu meraih nilai tertinggi.

Berikut akan dibahas apa saja yang kalian perlu persiapkan menghadapi UNBK :

1. Mempersiapkan diri lebih dini

Mempersiapkan diri lebih awal akan membuat anda selangkah lebih akrab dengan kata LULUS, lantaran dengan persiapan dini akan membuat waktu belajar dan berpikir anda lebih panjang, sehingga anda dapat mengatur banyak strategi dalam menghadapi ujian.

Hal ini yang banyak luput dalam diri siswa, tujuannya belum terperinci padahal waktu pelaksanaan ujian sisa menghitung beberapa minggu.

2. Manajemen waktu

Anda perlu mengatur jadwal mencar ilmu anda, karena perencanaan yang tidak terprogram dengan baik biasanya akan mudah terlupakan, olehnya itu buatlah semacam roster belajar ! waktu belajarnya tidak perlu usang, dua jam per hari itu sudah lebih dari cukup untuk pelajaran matematika, karena biasanya belajar matematika membutuhkan waktu yang agak usang dalam pengerjaan untuk satu soal.

Berbeda dengan mencar ilmu dengan metode hafalan atau ingatan, kalian hanya perlu mencar ilmu sekitar satu jam, lantaran otak tidak akan mampu mendapat isu yang terlampau banyak dalam durasi waktu yang lama, biasanya akan simpel lupa.

Belajarlah sesuai dengan kemampuan anda ! jika sudah merasa lelah maka lebih baik anda istrahat, hal itu lebih baik untuk merefresh kembali otak anda. Belajar dengan waktu yang singakat namun berkesan akan lebih gampang untuk di ingat, dari pada berguru lama hingga lupa apa saja yang telah dipelajari barusan. Hehe…

Kaprikornus intinya yakni KUALITAS DALAM BELAJAR … bukan KUANTITAS …

Mengatur jadwal berguru sendiri bahu-membahu lebih praktis, kalian bisa mengatur jadwal hari senin belajar apa ? Jam Berapa ? Materinya Apa ?. itu bisa kalian buat sendiri daftarnya, sehingga ddengan waktu yang bersiklus ini semua pokok bahasan dalam satu mata pelajaran akan kalian kupas tuntas. Kayak mangga saja dikupas, hehe…

Buat jadwalnya sekarang juga ! SEKARANG !!!

3. Pelajari kisi-kisi UN

Nah dalam belajar kalian jangan mau “mati konyol” mempelajari semua materi pelajaran yang kalian pernah pelajari, lantaran pemerintan melalui BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) telah mengeluarkan kisi-kisi dalam pelaksanaan ujian nantinya.

Kisi-kisi ini berisi perihal ruang lingkup atau cakupan materi yang akan keluar dalam ujian nantinya, jadi kalian tidak perlu buang-buang waktu mempelajari materi yang tidak akan muncul pada ketika ujian nanti.

4. Latihan soal

Berlatihlah mengerjakan soal-soal ujian beberapa tahun kemudian ! ada beberapa manfaat mempelajari jenis soal-soal ujian nasional.

Pertama untuk mengenali bentuk soal dalam ujian, karena soal pada dikala ujian berbeda bentuk soalnya dibandingkan dengan soal-soal yang biasa kalian kerjakan di buku paket.

Yang Kedua untuk mengukur sejauh mana kompetensi anda ketika ini, jadi kalian jangan hanya mencar ilmu terus tanpa pernah mengukur kemampuan dengan mencoba menjawab soal tahun lalu

Manfaat yang ketiga adalah biasanya ada soal yang berulang dalam pelaksanaan ujian nasional, soal dua atau tiga tahun yang lalu biasanya akan muncul kembali, jadi ini merupakan keuntungan anda jika telah mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya.

5. Ikut Bimbingan mencar ilmu

Saya menyarakan ikutlah kelompok mencar ilmu ! meskipun butuh biaya komplemen, namun ada beberapa manfaat yang kalian peroleh jika ikut bimbel, diantaranya kalian sanggup saling memotivasi dalam berguru, bertukar pikiran kepada sobat yang lebih paham terhadap materi tertentu akan lebih cepat terjalin.

Bimbel atau bimbingan berguru juga biasanya menyediakan beberapa trik untuk menjawab soal secara singkat dan cepat, lantaran telah dipandu oleh mentor yang memang berpengalaman di bidangnya.

Bagi kalian yang belum bisa untuk ikut bimbel lantaran dilema biaya, jangan patah semangat apalagi sampai patah hati, eh… mencar ilmu kini sanggup dilakukan melalui media online, lebih menghemat biaya.

Selain melakukan bimbel secara online maupun offline, bagi kalian yang kurang bisa pada dasarnya kalian tetap mencar ilmu satiap hari, tetap semangat. Meskipun jalannya berbeda tapi semoga sama-sama dapat nilai tinggi. Amin

6. Liburan menghilangkan stress

Jangan salah paham dulu, liburan di sini bukan liburan yang berminggu- ahad, tapi liburan setengah hari atau seharian. Kalian bisa pergi ke pantai, bukit atau jeram di sekitar daerah tempat tinggal kalian.

Mengajak otak untuk bersantai melihat hal yang berbeda akan membuat otak kita lebih siap lagi diberikan beban untuk belajar.

7. Pelajari kelemahan

Anda harus tahu pada pelajaran apa dan materi mana yang kalian kurang paham di dalamnya, sehabis kalian tahu, berikan porsi atau perhatian lebih kepada pelajaran yang kalian anggap sulit tersebut.

8. Menjaga kesehatan

Hal ini sangat penting, menjaga kesehatan di ahad – minggu terakhir sebelum pelaksanaan ujian sangat perlu kalian perhatikan ! menjaga kesehatan terdiri dari 3 komponen utama yaitu :

Pola makan, makanlah tiga kali sehari seolah-olah biasa, kalau kebiasaan anda makan tidak teratur, maka mulailah untuk memperhatikan contoh makan anda demi menjaga kesehatan tubuh.

Pola tidur, ingat ! jangan begadang meskipun alasannya adalah mencar ilmu, namun jangan juga berlebihan dalam tidur hingga membuat kita malas

Pola olahraga, lakukanlah olahraga ringan minimal seminggu sekali, menyerupai lari pagi di hari minggu.

9. Satu ilmu sehari

Setiap hari minimal kalian harus punya satu pengetahuan baru untuk dipahami, dengan metode seakan-akan ini akan akan lebih mudah dalam menyicil pelajaran yang begitu banyak.

10. Kurangi bermain Gadget

Gadget itu sebetulnya yaitu candu, bila kalian terlanjur menggunakannya maka kalian akan dibuat kecanduan untuk berlama-usang memainkannya, satu jam terasa singkat kalau bermain gadget.

Ada 2 hal yang bergotong-royong perlu dikurangi bahkan dihindari saat mendekati jadwan ujian, pertama minimalkan penggunaan media sosial, yang kedua hentikan bermain game, karena hal tersebut akan membuat kalian lalali dalam mencar ilmu

11. Berhenti nonton Tv

Menonton tayangan televisi hampir tidak ada gunanya, lantaran isi tayangan di telivisi lebih banyak yang tidak mendidik, lebih baik waktu anda untuk menonton dipakai untuk berguru.

12. Rileks mencar ilmu

Ciptakanlah suasana yang nyaman bagi anda untuk mencar ilmu, berguru sambil minum cappuccino hangat contohnya, atau mencar ilmu sambil ngemil, mencar ilmu sambil mendenganrkan musik.

Lakukan variasi dan gaya apapun demi membuat anda santai dalam menyerap pelajaran.

13. Tidak boleh gaptek

Sebagai kaum milenial hal ini dihentikan terjadi, karena sistem ujian memakai komputer mengharuskan setiap siswa paham akan penggunaan teknologi.

14. Ikut simulasi
 
Mengikuti simulasi sangat penting bagi kalian kalau tidak ingin ada kendala pada ketika ujian nantinya, ada beberapa aturan main yang perlu kalian ketahui terkait aturan yang ada di layar komputer, kalian harus mengetahui fungsi setiap tampilan yang ada di dalam layar.

15. Ikut try out

Dengan mengikuti try out maka kalian akan lebih meng- update lagi warta terkait soal- soal yang akan muncul nantinya, alasannya soal try out berisi prediksi soal yang akan diujiankan nantinya. Ingat ! hanya prediksi, bukan itu soalnya.

16. Belajar di waktu subuh

Tips ini telah terbukti baik untuk diterapkan, belajar di waktu setelah shalat subuh maka pelajaran akan mudah untuk dipahami karena otak bekerja lebih baik di waktu tersebut, selain itu suara bising juga belum ada sehingga kalian dapat konsentrasi penuh dalam belajar.

Dari pada kalian begadang berguru maka lebih baik cepat tidur dan bangun lebih awal untuk mempersiapkan diri.

17. Percaya diri

Bekalilah diri anda dengan percaya diri, percaya terhadap kemampuan yang anda miliki sejauh ini untuk menjawab soal ujian, lantaran biasanya akan beredar bocoran kunci jawaban dari teman ke sahabat lainnya yang kita tidak tahu dari mana asal usulnya, alhasil anda mulai merasa tidak percaya diri saat ingin menjawab soal yang jawabannya berbeda dengan kunci jawaban yang beredar.

Pesan saya kalian harus tetap percaya kepada diri anda, kalian tidak perlu mencontek kunci jawaban yang beredar, bisa saja jawaban anda benar dibandingkan dengan kunci jawaban yang ada. Lagi pula melaksanakan ujian dengan jujur itu lebih penting dibandingkan nilai yang baik namun dari hasil contekan.

18. Hindari stress

Jika anda stress maka akan banyak imbas negatif yang muncul, ibarat kesehatan anda akan terganggu sehingga membuat anda terhenti untuk belajar.

Saran saya jangan terlalu dipikirkan bahwa ujian Nasional itu angker, santai saja lantaran ini hanyalah dunia. Toh ini tidak ada hubungannya dengan kesuksesan kalian di masa depan. Tetap semangat

19. Menenagkan diri sehari sebelum ujian
 
Berbekal semua pengetahuan yang kalian telah pelajari jauh- jauh hari sebelumnya, maka anda perlu menenangkan diri sehari sebelum ujian, intensitas mencar ilmu harus dikurangi jikalau besok ialah hari ujian kalian.

Tenangkanlah diri anda sambil mengingat – ingat pelajaran yang telah kalian pelajari.

20. Minta maaf kepada orang tua

Mendapatkan ridho orang bau tanah sama saja dengan mendapatkan ridho Allah SWT. Jika Allah sudah ridho dengan kita maka apapun yang kita minta akan simpel terkabul.

Minta maaf kepada orang tua dan minta agar di doakan ! hal akan melapangkan dada anda dan akan mempermudah pengetahuan masuk dalam pikiran anda, semuanya terasa lebih enteng, karena doa orang tua lebih mudah dikabulkan.

21. Berserah diri kepada Allah SWT.

Setelah semua usaha di atas telah kalian lakukan dengan baik maka hal terakhir yang perlu kalian lakukan adalah berserah diri kepada Allah, beroda memohon supaya semua dilancarkan, agar semua pelajaran yang telah dipelajari selama ini akan simpel di ingat pada dikala ujian.

Berserah diri adalah bukti bahwa manusia tidak sombong atas semua usaha yang telah dilakukan selama ini, ingat ! Allah SWT. adalah penentu segala kejadian yang ada di alam ini, tidak kejadian sekecip apapun terjadi tanpa sepengetahuan dan atas izinnya.

Berdoalah agar kalian di berikan keLULUSan. Amin

Demikianlah artikel yang membahas tentang 21 Tips sukses menghadapi UNBK terbaru ! LENGKAP. Semoga bermanfaat bagi adik-adik semua yang akan menhadapi ujian Nasional tahun ini.

Semangat terus !

Pasti kalian lulus dengan nilai yang memuaskan. Amin…

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - 21 Tips Sukses Menghadapi Unbk Terbaru ! Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel