Terbaru - Soal Dan Jawaban Up Ppg I Kompetensi Kepribadian Dan Sosial




PENTING !!!

Ingat bahwa soal kepribadian dan sosial dalam Uji Pengetahuan (UP) PPG tidak ada yang bernilai NOL

Tiap pilihan memiliki bobot masing-masing, mulai dari nilai bobot 1 sampai 5.

Tujuannya untuk mengukur apakah anda pribadi yang unggul atau pribadi yang abal-abal, jadi upayakan berlatih agar anda dapat jeli melihat jawaban yang memiliki bobot 5, agar nilai anda bisa maksimal nantinya

Baca Juga : 7 Tips lulus UP UKM PPG 2020 tanpa remedi

Petunjuk :

Pilihlah satu pernyataan yang paling sesuai dengan diri anda.

1.     Apabila seseorang memilih menjadi insan beriman pada Tuhan, maka berdasarkan Anda perilaku mental seolah-olah apa yang paling penting dimilikinya ?

a.      Mempercayai dengan sepenuhnya bahwa setiap tindakan manusia berada dalam pengawasan dan pemeliharaan Tuhan

b.     Memiliki pilihan moral yang baik di dikala punya peluang besar mendapatkan laba duniawi namun dihadapkan pada tuntutan beribadah.

c.      Amanah dengan pekerjaan alasannya yaitu meyakini bekerja sebagai ibadah.

d.      Rendah hati dan senantiasa bersyukur.

e.      Terbuka untuk mempelajari pengetahuan wacana agama dan keyakinannya.


2.     Komitmen pribadi dalam berketuhanan dalam kehidupan sehari-hari menurut Anda lebih banyak diwujudkan dengan ….

a.       Melakukan kerja bakti atau bakti sosial.

b.      Peduli dan mempunyai keinginan menolong sesama

c.       Mendukung kegiatan keagamaan.

d.      Mengawali hari dengan berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa.

e.      Berbaik sangka pada orang lain.


3.     Berdasarkan pengalaman Anda sebelumnya, metode manakah yang paling sesuai untuk meningkatkan kepekaan akseptor didik terhadap tata nilai dalam masyarakat multikultural ?

A. Widyawisata.

B. Tugas terstruktur.

C. Bermain peran.

D. Diskusi kelompok.

E. Simulasi.


4.     Pernyataan yang paling tepat menggambarkan keyakinan Anda yang bergotong-royong tentang tugas keguruan ialah ….

a.       Menampilkan antusiasme dan semangat.

b.      Posisi strategis guru sebagai pengelola mutu pendidikan penerima didik.

c.       Merencanakan seni manajemen pengajaran yang meningkatkan minat belajar penerima didik.

d.      Bekerjasama dengan komunitas profesional lain dalam menunjang keberhasilan mencar ilmu.

e.      Membina hubungan positif dengan akseptor didik.


5.       Ketika bekerja bersama dengan rekan sesama guru, Anda akan ….

a.       Kerelaan untuk mengemukakan diri secara terbuka.

b.      Menyediakan waktu membantu kelancaran tugas bersama dengan sesama guru.

c.       Mengharapkan pengertian dari sesama rekan guru.

d.      Menyampaikan inspirasi atau gagasan, secara jelas dan sistematis.

e.      Mampu menanggapi kritik dan berusaha memahaminya.


6.     Pada sebuah pertemuan dengan orangtua untuk melaporkan kemajuan belajar peserta didik, tindakan pertama mana yang Anda pilih ?

a.     Memaparkan hal positif dari kemampuan dan minat penerima didik, semoga orangtua tergerak berbicara ihwal anaknya lebih lanjut.

b.    Mengamati kondisi penerima didik dan orangtuanya untuk perbandingan antara respon akseptor didik di rumah dan di sekolah.

c.       Menyerahkan buku laporan kemajuan penerima didik.

d.      Mencatat gosip dan kehadiran orangtua.

e.      Mendengar tuntutan dan kritik orangtua.


7.       Bekerja sistematis berdasarkan Anda yang utama adalah ketika ….

a.       Bekerja berdasarkan intuisi.

b.      Bekerja sesuai prosedur dan dengan sasaran fleksibel.

c.       Bekerja bertahap sesuai rencana memperoleh capaian proses pembelajaran yang lebih baik.

d.      Bekerja keras dengan sungguh sungguh meski dalam kondisi penuh tekanan.

e.      Bekerja sesuai rutinitas.


8.     Sebagai seorang guru dengan peserta didik yang mempunyai permasalahan berbeda-beda, tentu Anda mempunyai cara tersendiri menghadapinya. Pilihan di bawah ini yang paling sesuai mewakili tindakan Anda terkait hal tersebut yaitu ….

a.      Mendengarkan keluhan dan melayani kebutuhan serta minat masing masing siswa.

b.      Menyampaikan materi pelajaran yang dikaitkan dengan kegunaannya di kehidupan aktual.

c.       Memberikan pengarahan dengan terang dan dimengerti oleh masing masing penerima didik.

d.      Menggunakan pendekatan pengajaran yang lebih problematik sehingga siswa terdorong untuk berfikir.

e.      Menunjukkan toleransi yang sama kepada semua siswa.


9.       Seorang siswa yang Anda kenal tengah menghadapi kasus keluarga yang berat, dan nilai-nilai pelajaran yang diperoleh menjadi menurun, maka pertama Anda akan mengambil langkah ....

a.       Memberikan kesempatan pada siswa tersebut untuk perbaikan nilai.

b.      Mengajak siswa berbicara dari hati ke hati perihal kondisi tersebut.

c.       Cukup menyapa hangat saat istirahat sekolah.

d.      Meminta kepada sahabat-temannya untuk tetap mengajak bercanda dan berinteraksi seperti biasa.

e.      Memberi teguran keras alasannya yakni prestasi belajarnya menurun.


10.   Tindakan mana yang Anda pilih ketika ada seorang siswa Anda mengalami kemalangan ?

a.       Menemuinya dan berusaha mengetahui bagaimana perasaannya, dan memberi dukungan atas kebutuhan atau keinginannya ketika itu.

b.      Memberinya pemberian dana.

c.       Berbagi kisah dengannya wacana perasaannya ketika itu.

d.      Menyampaikan ucapan turut prihatin kepadanya secara eksklusif.

e.      Meminta sahabat-temannya saja untuk menggantikan Anda datang menemuinya


11.   Saat ini anda gres tiga bulan bekerja sebagai guru pengganti mata pelajaran matematika yang mengajar sebanyak 5 kelas sehingga jadwal mengajar menjadi padat serta ditambah tugas non akademik. Beberapa penerima didik merasa kesulitan sehingga nilai ulangannya rendah. Apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi situasi tersebut ?

a.       Memberikan pelajaran pelengkap di luar jam berguru mengajar bagi penerima didik yang mendapat nilai rendah meskipun sibuk lantaran sudah menjadi tanggung jawab saya.

b.      Meminta tunjangan pada penerima didik llain yang lebih pintar untuk mengajari.

c.       Meminta beberapa penerima didik tersebut mengikuti les pelajaran diluar sekolah.

d.      Menganjurkan penerima didik yang mendapat nilai rendah untuk belajar kelompok sebab anda sibuk dengan tugas non akademik di sekolah.

e.      Menegur penerima didik tersebut biar mereka mencar ilmu lebih rajin dengan tujuan mereka menjadi sadar.


12.   Jika anda melihat kurangnya akomodasi ruang laboratorium serta peralatan untuk praktikum yang kurang lengkap. Sebagai guru, apa yang akan anda lakukan ?

a.       Berinisiatif untuk mengajak siswa melakukan praktikum dengan laboratorium alam bebas atau di luar ruangan dengan memanfaatkan insiden-kejadian yang sifatnya alamiah.

b.      Berupaya untuk mengkomunikasikan terbatasnya kemudahan kepada pihak sekolah, dan memberikan solusi untuk mengatasinya.

c.       Menciptakan laboratorium temporary dengan cara meminjam kelas lain yang kosong untuk dijadikan sebagai ruang laboratorium sementara sampai ada solusi untuk menjawab dilema tersebut.

d.      Berupaya mengoptimal apa yang sudah ada disekolah secara maksimal.

e.      Menyerahkan segala permasalahan tersebut untuk diselesaikan sendiri oleh pihak sekolah.


13.   Saat ini anda yakni seorang guru yang sedang ijin berguru untuk studi S2. Pada suatu ketika Anda dihadapkan dengan peran kuliah yang menumpuk dan waktu pengumpulannya mendesak, tapi di sisi lain Anda juga harus mempersiapkan materi yang akan disampaikan ketika mengajar. Apa yang anda lakukan ?

a.       Saya akan mempersiapkan materi mengajar dengan sebaik-baiknya terlebih dahulu biar akseptor didik mampu memahami pelajaran selanjutnya saya akan mengerjakan tugas kuliah.

b.      Saya akan memperlihatkan penugasan berdikari kepada akseptor didik lantaran tugas kuliah mendesak untuk dikerjakan.

c.       Saya akan berusaha menjalankan kedua acara saya dengan melaksanakan manajemen waktu dengan baik dan yang menjadi prioritas adalah mengajar.

d.      Saya akan merampungkan kiprah kuliah terlebih dahulu dimalam hari dan selanjutnya sebelum kelas dimulai saya akan mempersiapkan materi untuk mengajar.

e.      Saya akan mencari alasan untuk tidak masuk mengajar untuk dapat merampungkan tugas kuliah.


14.   Anda diterima sebagai guru di SMA swasta yang ada di Surabaya sedangkan tempat tinggal Anda di kota lain yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam untuk sampai di sekolah. Anda mengajar di sekolah tersebut selama enam hari kerja. Selain itu anda juga diminta pihak sekolah untuk mengerjakan peran administrasi diluar jam kerja. Apa yang akan anda lakukan ?

a.       Sementara saya akan bertahan sambil mencari lowongan kerja di bersahabat rumah.

b.      Saya akan tetap menjalankan tugas saya sebagai guru dengan sebaik-baiknya meskipun tempat mengajar jauh dan banyak tugas embel-embel yang harus diselesaikan.

c.       Saya sering merasa kelelahan dengan jarak tempuh rumah yang terlalu jauh dengan sekolah.

d.      Saya merasa terpaksa bekerja dengan jarak tempuh yang jauh, hal ini dikarenakan faktor ekonomi saja.

e.      Saya akan tetap bertahan menjadi guru disekolah tersebut dengan meminta dispensasi tidak diberi kiprah embel-embel diluar jam mengajar sebab rumah terlalu jauh.


15.   Anda ialah guru yang mendapatkan kiprah dari Kepala Sekolah untuk melakukan sebuah penelitian yang berkaitan dengan metode pembelajaran untuk peserta didik biar dapat meningkatkan efektivitas sistem pembelajaran di Sekolah. Namun, sekolah tidak memiliki dana untuk mengadakan penelitian tersebut. Bagaimana anda menyikapi dilema tersebut ?

a.       Saya akan mengajukan prosopal penelitian saya pada penelitian yang diselenggarakan Pemerintah biar mendapatkan perlindungan dana sehingga sanggup merampungkan penelitian secara optimal.

b.      Saya akan tetap melaksanakan peran penelitian tersebut hingga tuntas dengan memanfaatkan akomodasi yang ada secara optimal dan tidak akan menyurutkan semangat saya dalam memperlihatkan hasil yang terbaik.

c.       Saya akan menolak secara halus tugas yang diberikan Kepala Sekolah apabila saya merasa kurang siap dalam menyelesaikannya.

d.      Saya merasa kurang tertarik dengan peran yang diberikan Kepala Sekolah apabila kurang mendapatkan dukungan dana yang dibutuhkan.

e.      Saya akan meminta pertolongan dari rekan guru yang lain untuk menuntaskan penelitian saya.


16.   Seorang guru di daerah anda mengajar menunjukkan ketidakpedulian pada semua akseptor didiknya. Guru tersebut hanya tiba saat mengajar dan tidak berkenan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan pelajaran. Sebagai sahabat sejawat sesame guru apa yang akan anda lakukan ?

a.       Saya akan mengajukan usulan kepada kepala sekolah semoga memberikan teguran pada guru tersebut.

b.      Saya akan melakukan pendekatan secara persuasif pada guru tersebut supaya mau membimbing peserta didiknya yang menalami kesulitan dalam pelajaran.

c.       Saya akan mengajukan saran kepada kepala sekolah biar mengevaluasi kinerja guru setiap bulan sehingga diperlukan mampu memperbaiki kekurangan guru dalam melaksanakan tugasnya.

d.      Saya akan diam saja alasannya hal ini bukan merupakan tanggung jawab saya.

e.      Saya akan meminta sobat terdekat dari guru tersebut untuk menyampaikan nasehat supaya berkenan untuk membimbing penerima didiknya.


17.   Sekolah daerah anda bekerja memberikan seragam gres untuk semua guru. Seragam tersebut motifnya bagus akan tetapi berbahan tebal dan panas sehingga membuat yang memakai tidak merasa nyaman. Teman sejawat banyak yang enggan memakainya dan ada juga yang melakukan protes terhadap kebijakan memakai seragam kerja. Apa yang akan anda lakukan ?

a.       Mengikuti teman sejawat yang tidak mau menggunakan seragam kerja.

b.      Melakukan protes terhadap kebijakan keharusan menggunakan seragam kerja.

c.       Mengikuti hukum yang telah ditetapkan dengan memakai seragam kerja yang sudah diberikan.

d.      Memilih pasif dalam menghadapi situasi yang terjadi.

e.      Membeli motif yang sama akan tetapi memilih materi yang lebih baik untuk dijahitkan sendiri semoga tetap kelihatan menggunakan seragam yang sama.


18.   Anda yaitu guru yang bekerja di SMP Swasta di Surabaya. Pada suatu hari anda mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang lebih besar dibandingkan profesi anda dikala ini sebagai Guru. Apa yang akan anda lakukan ?

a.       Saya akan tetap menentukan pekerjaan sebagai guru meskipun dengan kesejahteraan yang lebih kecil dibandingkan dengan pekerjaan lain alasannya yaitu menjadi guru sudah menjadi harapan.

b.      Saya akan tetap menentukan pekerjaan sebagai guru meskipun suatu ketika nanti saya ingin pindah ke sekolah lain yang lebih tinggi tingkat kesejahteraannya.

c.       Saya akan menolak tawaran pekerjaan tersebut dikala ini, namun saya mau membuka diri untuk menerimanya di kemudian hari.

d.      Saya akan menerima tawaran tersebut tanpa berpikir panjang dan segera mengundurkan diri secara baik-baik di sekolah daerah saya mengajar.

e.      Saya akan mempertimbangkan tawaran pekerjaan tersebut demi masa depan yang lebih baik.


19.   Anda yaitu guru yang mengajar di Sekolah Menengan Atas. Beberapa peserta didik anda memiliki talenta melukis. Anda ditugaskan sekolah untuk menentukan salah satu penerima didik untuk mewakili sekolah dalam mengikuti lomba melukis antar sekolah. Ada tiga penerima didik yang anda kenal bersahabat dan baik dibandingkan akseptor didik lainnya. Apa yang akan anda lakukan untuk menentukan pilihannnya ?

a.       Saat menentukan perwakilan saya akan melibatkan guru kesenian dan kepala sekolah biar terjadi obyektivitas dalam menentukan pilihan.

b.      Saya akan mengadakan lomba melukis antar peserta didik dalam sekolah dengan tim penilai guru kesenian dan kepala sekolah. Selanjutnya akseptor didik yang memenangkan lomba yang berhak mewakili sekolah.

c.       Saya akan meminta akseptor didik menyerahkan hasil karyanya yang dibuat dirumah untuk dinilai oleh guru kesenian. Selanjutnya yang terbaik akan mewakili sekolah mengikuti lomba.

d.      Saya akan menentukan peserta didik yang gampang dihubungi.

e.      Saya akan memilih akseptor didik yang mewakili sekolah berdasarkan kedekatan saya secara pribadi.


20.   Salah satu persyaratan untuk menjadi guru ialah memiliki kompetensi akademik S1 atau D4. Seorang guru sobat sejawat anda di sebuah SMA Swasta di Surabaya tidak memiliki salah satu persayaratan wajib yang diharuskan undang-undang tetapi sudah aktif mengajar. Apa yang akan anda lakukan ?

a.       Saya akan melaksanakan pendekatan secara persuasif kepada guru tersebut, dan menawarkan isu berkaitan dengan persyaratan tersebut serta membantunya dalam mencapai persyaratan.

b.      Saya akan memberikan usulan kepada kepala sekolah agar mengidentifikasi setiap guru yang belum memenuhi persyaratan wajib seorang guru, kemudian menunjukkan dukungan biar mencapai persyaratan tersebut.

c.       Saya akan mencarikan berita untuk guru berkaitan dengan program-jadwal pemerintah yang mampu membantu guru yang belum memenuhi persyaratan wajib sebagai guru.

d.      Saya akan melaporkan guru yang bersangkutan kepada kepala sekolah ataupun dinas pendidikan terkait agar guru tersebut mendapatkan sanksi.

e.      Saya akan diam saja karena hal tersebut merupakah tanggung jawab kepala sekolah.

Demikianlah artikel yang membahas Soal dan Jawaban UP PPG kompetensi kepribadian dan sosial, semoga ada manfaatnya bagi para pembaca. Amin

Baca Juga : 5 FAKTOR PENYEBAB TIDAK LULUS UP PPG

Kunci Jawaban

1. A
2. B
3. A
4. B
5. B
6. A
7. C
8. A
9. B
10. A
11. A
12. A
13. A
14. B
15. B
16. B
17. C
18. A
19. B
20. A

DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2020 (LENGKAP SEMUA TEMA)

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Soal Dan Jawaban Up Ppg I Kompetensi Kepribadian Dan Sosial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel