Terbaru - Laporan Aktualisasi Latsar Cpns Guru Tik
Perhatian : Lihat Tampilan Melalui Dekstop, Laptop, Notebook, PC atau Komputer untuk tampilan yang lebih baik (versi mobile mungkin menciptakan aturan penulisan tidak nyaman)
DESKRIPSI ORGANISASI
Demikianlah artikel yang membahas Laporan Aktualisasi LATSAR CPNS Guru TIK, semoga bermanfaat !
Download Juga : Laporan Aktualisasi Latsar Forjab Guru 2020
Silakan meninggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan !
LAPORAN AKTUALISASI DAN HABITUASI NILAI-NILAI DASAR ASN
OPTIMALISASI PENGGUNAAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU
DI SMP NEGERI 16 SINJAI
PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN I
OLEH;
ANDI ZUL QADRI, S.Pd
NIP. 19940301 202003 1 009
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
KEMENTRIAN DALAM NEGERI REGIONAL MAKASSAR
TAHUN 2020
KATA PENGANTAR
بِسْÙ…ِــ اللهِ الرَّØْÙ…َÙ†ِ الرَّØِÙŠْمــِ
Penulis panjatkan puji dan syukur kepada Allah yang telah memberikan kekuatan dan kemampuan kepada penulis, Rasulullah yang menjadi suri tauladan dan inspirator terbaik sepanjang masa sehingga dapat menyelesaikan rancangan kegiatan aktualisasi nilai-nilai dasar ANEKA dengan segala keterbatasan yang penulis miliki. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa rancangan ini masih jauh daripada kesempurnaan, karena itu segala macam bentuk saran, perbaikan dan masukan agar rancangan ini dapat berhasil dengan baik sangatlah penulis harapkan. Kepada Ibu Nasibah selaku mentor penulis dan Bapak H. Rustam selaku coach dalam kegiatan ini, penulis juga mengucapkan banyak terimakasih atas bimbingan dan arahan selama bimbingan dalam kegiatan ini.
Semoga laporan yang telah penulis buat saat ini bermanfaat. Besar harapan dan do’a dari penulis, segala hal yang menjadi tujuan dari kegiatan ini dapat berhasil dengan baik.
Makassar, Agustus 2020
Penulis
BAB II
DESKRIPSI ORGANISASI
1.1. Gambaran Umum
1.1.1. Sejarah
SMP Negeri 16 Sinjai sebelumnya bernama SMPN 2 Sinjai Barat berdiri pada tahun 1986, terletak di Desa Boto Lempangan, Kecamatan Sinjai Barat, kabupaten Sinjai. Pertama kali penerimaan siswa baru pada tahun 1987. Selama 33 tahun sejak didirikannya, sekolah ini telah mengalami pergantian Kepala Sekolah sebanyak delapan kali yakni Drs. Syamsuddin Patu (1987-1989), Muh. Iskandar Mide, B.A (1989-1999), Drs, Harum Masruni (1999-2000), Drs. Haripuding (2001-2002), Arifudding Dg Mallongi (2002–2020), Hj. Sirman, S.Pd (2020-2020), Asgar, S.Ag (2020-2020) dan Abdul Asis, S.Pd (2020-sekarang). Sejak didirikan hingga skarang sekolah ini telah mengalami empat kali pergantian nama yakni SMP Arabika, SLTP 2 Sinjai Barat, SMP 2 Sinjai Barat dan Pada tahun 2020 mengalami perubahan nama menjadi SMP Negeri 16 Sinjai menurut Peraturan Bupati Sinjai.
1.2. Visi dan Misi SMP Negeri 16 Sinjai
1.2.1. Visi SMP Negeri 16 Sinjai
“Terwujudnya sekolah bermutu, cerdas, terampil dan sanggup bangun diatas kaki sendiri berlandaskan iktikad dan taqwa
Visi ini menjiwai warga sekolah untuk selalu mewujudkannya setiap ketika dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah. Visi tersebut mencerminkan profil dan keinginan sekolah yang tergambar pada uraian berikut:
a) berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
b) sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
c) ingin mencapai keunggulan
d) melahirkan siswa yang cerdas
e) membentuk siswa yang terampil dan mandiri
f) mendorong semangat dan komitmen seluruh warga sekolah
g) mendorong adanya perubahan yang lebih baik
h) mendorong warga sekolah yang riligius
Untuk mencapai visi tersebut, perlu dirumuskan misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi tersebut
1.2.2. Misi Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Barat
1) Melaksanakan disiplin, sehingga tercipta Sumbaer Daya Manusia (SDA) patuh yang menghargai aturan-aturan.
2) Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien.
3) Memberdayakan guru dan tenaga kependidikan lainnya, sehingga menjadi guru/pegawai profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
4) Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
5) Menyediakan dan memamfaatkan sarana dan prasarana secara maksimal
6) Melaksanakan pelatihan-pelatihan sehingga dapat melahirkan SDM berbakat, kreatif serta inovatif.
7) Mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memfasilitasi terjadinya kerja sama dan komunikasi dengan stakeholder pendidikan.
8) Melaksanakan administrasi sekolah yang memadai sehingga dapat memenuhi kebutuhan administrasi.
9) Menciptakan kesehatan sekolah yang asri, sehingga terasa kenyamanan dalam melaksanakan aktivitas di sekolah.
10) Menciptakan guru dan pegawai yang memahami teknologi informasi dan komunikasi
BAB IV
CAPAIAN AKTUALISASI
Kegiatan 1
Kegiatan | Berkonsultasi dengan atasan (Kepala Sekolah) terkait judul rancangan aktualisasi yang akan dilaksanakan. |
Waktu Pelaksanaan | Senin 15 Juli 2020 |
Dokumentasi Kegiatan | |
Capaian Kegiatan | Telah dilakukan kegiatan berkonsultasi dengan atasan (Kepala Sekolah) terkait judul rancangan aktualisasi yang akan dilaksanakan sekaligus meminta arahan dan petunjuk terkait kegiatan yang akan dilaksanakan. |
Tahapan Kegiatan | • Membuat konsep terkait dengan rencana kegiatan aktualisasi yang akan dilaksanakan • Membahas rencana kegiatan yang akan di lakukan • Mencatat hasil dari persetujuan kepala sekolah |
Outpu/Hasil | Terlaksananya konsultasi dengan atasan (Kepala Sekolah) |
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran | • Untuk melakukan konsultasi dengan atasan, seorang ASN harus menggunakan bahasa yang baik, sopan dan santun, serta terstruktur dan sistematis, maka dari itu diperlukan pembuatan konsep agar dapat mengutarakan maksud dengan jelas dan mudah di pahami, (Etika Publik) • Secara transparant dalam menyampaikan gagasan kepada atasan terkait rencana kegiatan yang akan dilakukan selama proses aktualisasi dan habituasi di tempat kerja. Dan setelah menerima arahan dari atasan kemudian menindaklanjuti arahan tersebut dengan penuh tanggung jawab. (Akuntabilitas) • Melakukan kegitan dengan mengedepankan orientasi mutu dan inovasi (Komitmen Mutu) |
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi | Sikap sopan dan santun saat konsultasi kepada atasan mewujudkan misi sekolah yang ke 4 yaitu “Menumbuhkan penghayatan terhadap fatwa agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak” |
Pengutan Nilai Organsasi | Kegiatan berkonsultasi dengan atasan memberikan penguatan terhadap nilai organisasi 5 S yang ke 4 dan 5 yakni “Sopan dan Santun” dan budaya malu yg ke 8 yakni “Malu tidak bertatakrama dan tidak bersopan santun” |
Analisi Dampak | Jika kegiatan ini dilaksanakan tanpa menjunjung tinggi nilai – nilai dasar ASN yaitu etika Publik, akuntabilitas dan Komitmen mutu maka ada kemungkinan kegiatan ini tidak terlakasan dengan baik dan lancar bahkan tidak menutup kemungkinan tidak terlaksana. Tanpa adanya sikap sopan santun ketika menghadap atasan kemungkinan kegiatan ini tidak mendapatkan petunjuk bahkan persetujuan dari atasan. Dan dengan menyiapkan konsep terlebih dahulu sebelum menghadap ke atasan dapat membuat konsultasi lebih jelas dan terarah. |
Kegiatan 2
Kegiatan | Menetapkan tools dan aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 16 Sinjai |
Waktu Pelaksanaan | Selasa 16 Juli 2020 s/d Sabtu 20 Juli 2020 |
Dokumentasi Kegiatan | |
Capaian Kegiatan | Telah dilakukan kegiatan yaitu mengumpulkan tool dan aplikasi yang berpotensi meningkatkan kinerja guru, menganalisis fitur dan fungsinya, dan keudian menyeleksi berdasarkan kemudahan cara memakai serta kelengkapan fitur sebelum tetapkan tools dan aplikasi yang akan dipakai dalam kegiatan. |
Tahapan Kegiatan | • Mengumpulkan tools dan aplikasi yang berpotensi untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 16 Sinjai • Menganalisis fitur dan fungsi dari aplikasi tersebut. • Menyeleksi menurut kemudahan memakai seta kelengkapan fitur. • Menetapkan tools dan aplikasi yang akan digunakan untuk meningktakan kinerja guru. • Membeli tools yang dapa membantu guru dalam mengakses media pembelajarannya melalui smartphone |
Outpu/Hasil | Tersedianya tools dan aplikasi yang akan digunakan untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 16 Sinjai |
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran | • Lebih memproritaskan Software Buatan Developer Dalam Negeri (Nasionalisme) • Melakukan seleksi tools dan aplikasi yang akan digunakan dengan berorientasi pada mutu, efektifitas dan efisiensi (Komitmen Mutu) |
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi | Dengan tersedianya tools dan aplikasi pada smarthphone yang dapat meningkatkan kinerja guru mewujudkan misi sekolah yang ke 5 yaitu “Menyediakan dan memamfaatkan sarana dan prasarana secara maksimal” |
Pengutan Nilai Organsasi | Kegiatan menetapkan tools ini memberikan penguatan terhadap nilai organisasi budaya malu yang ke 4 yaitu “Malu bekerja tidak terproggram” |
Analisi Dampak | Dalam menetapkan tools dan aplikasi yang akan digunakan perlu dilakukan dengan teliti dan memperhatikan berbagai aspek, muali dari kelengkapan fitur, kemudahan mengunakan, kelengkapan fitur, serta lisensi aplikasi, agar terkumpul aplikasi-aplikasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Jika proses pengumpulan, analisis serta menyeleksi aplikasi tidak terlaksana maka akan berdampak pada tidak tersedianya tool dan aplikasi yang akan meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 16 Sinjai. |
Kegiatan 3
Kegiatan | Menginstal dan menerangkan cara pengguaan aplikasi |
Waktu Pelaksanaan | Senin 22 Juli 2020 s/d Sabtu 27 Juli 2020 |
Dokumentasi Kegiatan | |
Capaian Kegiatan | Kegitan menginstal dan menerangkan cara penggunaan tools dan aplikasi ke rekan mengajar telah dilaksanakan dengan menjungjung tinggi nilai-nilai etika publik yakni sopan dan santun |
Tahapan Kegiatan | • Melakukan instalasi aplikasi ke ponsel rekan-rekang pengajar • Menguraiakan fitur dan fungsi dari aplikasi yang akan digunakan • Menjelaskan cara pengguan tools dan aplikasi tersebut |
Outpu/Hasil | Terwujudnya pemahaman guru-guru terhadap fitur dan fungsi serta cara penggunaan tools dan aplikasi tersebut. |
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran | • Menyampaikan fitur, fungsi serta cara penggunaan aplikasi secara cermat, sopan dan bertanggung jawab (Etika Publik) • Dengan penuh tanggung jawab menerangkan kepada rekan guru fitur, fungsi serta cara peengguaan tools dan aplikasi yang di maksud secara jujur, transparant dan konsisten guna tercapainya target yang di inginkan. (Akuntabilitas) • |
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi | Dengan menerangkan fitur, fungsi fungsi serta cara penggunaan tools dan aplikasi pada smarthphone yang dapat meningkatkan kinerja guru mewujudkan misi yang ke 6 yaitu “Melaksanakan pembinaan-training sehingga dapat melahirkan SDM berbakat, kreatif serta inovatif.” |
Pengutan Nilai Organsasi | Kegiatan menginstal dan menerangkan cara penggunaan aplikasi ini memberikan penguatan terhadap nilai organisasi budaya malu yang ke 7 dan 8 yaitu “Malu bekerja tanpa bertanggung jawab” dan “Malu tidak bertatakrama dan tidak bersopan santun” |
Analisi Dampak | Dalam melakukan kegiatan instalasi dan menerangkan fitur dan cara penggunaan aplikasi perlu dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai ANEKA yaitu Etika Publik dan Akuntabilitas. Jika menyampaikan fitur dan cara penggunaan aplikasi tidak secara sopan dan santun, maka akan mendapakan respon yang kurang baik dari rekan-rekan pengajar. Selain itu proses instalasi dan penyampaian fitur ini harus di sampaikan secara jujur, konsisten dan bertanggung jawab |
Kegiatan 4
Kegiatan | Melakukan simulasi terhadap tools dan aplikasi yang akan digunkanan |
Waktu Pelaksanaan | Senin 29 Juli 2020 s/d Sabtu 10 Agustus 2020 |
Dokumentasi Kegiatan | |
Capaiaan Kegiatan | Kegiatan simulasi pengguaan tools dan aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja guru ini telah dilaksanakan dengan inetgritas yang tinggi. Pendampingan simulasi cara penggunaan aplikasi telah terlaksana dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Kegiatan simulasi ini juga memperkenalkan kepada siswa bentu-bentuk inovasi yang dilakukan oleh gurunya dalam mengoptimalkan pengguaan smarthphone ke sisi positif. |
Tahapan Kegiatan | • Mengimput kalender pendidikan serta jadwal mengajar ke Aplikasi Google Calender • Silmulasi absensi harian dengan menggukanan aplikasi Absensi Sekolah-SiDisiplin • Melakukan Simulasi pemeriksaan hasil ujian pilihan ganda dengan memanfaatkan kamera Smartphone sebagai scanner mengunakan aplikasi ZipGrade • Menguji coba Anycast sebagai device yang akan merefleksikan layar smarthphone ke proyektor • Membuat dokumentasi |
Outpu/Hasil | Teciptanya simulasi terhadap tools dan aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 16 Sinjai |
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran | • Membuat reminder guna meminimalisir (korupsi waktu) keterlambatan masuk ruangan kelas dikarenakan lupa jadwal mengajar. (Anti Korupsi) • Melakukan absensi harian dengan bantuan smarphone guna meningkatkan transparansi, konsistensi serta tanggung jawab dalam menilai presentase kehadiran siswa (akuntabilitas) • Membuat penemuan dengan memanfaatkan kamera smarphone sebagai scanner untuk memeriksa hasil ujian secara lebih efisien (Komitmen Mutu) |
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi | Dengan terciptanya simulasi terhadap tools dan aplikasi smarphone yang dapat meningkatkan kinerja guru maka akan mendukung misi sekolah yang ke 10 yaitu “ Menciptakan guru dan pegawai yang memahami teknologi gosip dan komunikasi” |
Pengutan Nilai Organsasi | Kegiatan melakukan simulasi ini memberikan penguatan terhadap nilai organisasi budaya malu yang ke 4 dan 7 yaitu “Malu bekerja tidak terproggram” dan “Malu bekerja tanpa bertanggung jawab” |
Analisi Dampak | Kegiatan simulasi terhadap tools dan aplikasi smartphone yang dapat meningkatkan kinerja guru ini dapat berdampak pada meningkatnya pemahaman guru-guru tentang fitur dan fungsi serta cara penggunaan tools dan aplikasi. Dan apabila tidak dilaksanakan maka kemungkinan tools dan aplikasi ini tidak di implementasikan oleh rekan-rekan pengajar dikarenakan masih mengambangnya pengetahuan mereka mengenai fungsi dan cara penggunaan aplikasi |
Kegiatan 5
Kegiatan 5 | Melakukan Evaluasi |
Waktu Pelaksanaan | Senin 12 Agustus 2020 s/d Sabtu 17 Agustus 2020 |
Dokumentasi Kegiatan | |
Capaiaan Kegiatan | Kegiatan evaluasi terhadap optimalisasi penggunaan smartphone untuk meningkatkan kinerja guru ini telah dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai ANEKA, yaitu pada saat membagikan link koesioner dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan penggunaan media online dalam membuat koesioner meruakan bentuk inovasi agar kegiatan berjalan evektif dan evisien. |
Tahapan Kegiatan | • Membuat bahan evaluasi dengan menggunakan Microsoft Forms • Membagikan Link Microsoft Forms untuk evaluasi • Menkonsultasikan kepada atasan (Kepala Sekolah) hasil penilaian |
Outpu/Hasil | Terlaksananya evaluasi kegiatan |
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran | • Adanya laporan evaluasi keatasan sebagai bentuk pertanggung balasan atas kegiatan yang dilaksakan (Akuntabilitas) • Mencari tau sejauh mana dampak dan efektifnya kegiatan berdasarkan hasil ketercapaian output kegiatan (Komintem Mutu) |
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi | Laporan evaluasi kegiatan akan menunjukkan sejauh manaefektifitas kegiatan yang dilaksanakan, hal ini berkontribusi pada misi yang ke 8 yaitu “Melaksanakan administrasi sekolah yang memadai sehingga mampu memenuhi kebutuhan manajemen.” |
Pengutan Nilai Organsasi | Kegiatan evaluasi ini memberikan penguatan terhadap nilai organisasi budaya malu yang ke 7 yaitu “Malu bekerja tanpa bertanggung jawab” |
Analisi Dampak | Kegiatan evaluasi yang dilakukan dengan mengedepankan inovasi berdampak pada lebih evisien dan evektifnya proses evaluasi dimana proses evalusi dilakukan dengan memanfaatkan Microsoft Form yang kemudian link nya di persingkat dan di convert menjadi kode QR untuk memudahkan penyebaran link ke rekan-rekan guru. |
Silakan meninggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan !
Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Laporan Aktualisasi Latsar Cpns Guru Tik"
Posting Komentar