Terbaru - Ringkasan Eksekutif Hasil Un Sma/Ma Jurusan Ips, Masukan Untuk Pembelajaran Di Sekolah


Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang SMA/MA yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia telah usai, namun menyisakan banyak catatan untuk mendapatkan perhatian demi perbaikan mutu pendidikan di Negara kita

Saat ini, Pemerintah melalui PUSPENDIK baru saja mengeluarkan ringkasan Eksekutif hasil UN Tahun 2020, sedangkan untuk hasil UN 2020 masih dalam proses penyusunan karena membutuhkan waktu yang sanga lama dalam proses perampungannya

Pengantar



Ujian Nasional (UN) bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Salah satu kegunaan hasil UN adalah pembinaan kepada satuan pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan. Setiap tahun Pusat Penilaian Pendidikan mempublikasikan hasil UN dalam bentuk aplikasi analisis hasil UN yang didistribusikan ke dinas pendidikan.

Beberapa tahun terakhir, hasil UN juga dapat diakses melalui laman https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. Hasil UN tersebut telah dimanfaatkan antara lain oleh Ditjen Dikdasmen untuk memberikan bimbingan kepada sekolah-sekolah dengan capaian UN yang belum optimal.

Selain itu, sebagian dinas pendidikan dan sekolah juga telah memanfaatkan hasil UN untuk pembinaan guru. Ringkasan Eksekutif ini merupakan upaya untuk melengkapi publikasi hasil UN yang telah ada. Ringkasan ini tidak melaporkan semua kompetensi yang diujikan, namun mengangkat beberapa topik atau kompetensi yang dikuasai dan yang belum dikuasai siswa beserta rekomendasi pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi pada jenjang SMA/MA. Dalam Ringkasan ini disajikan contoh soal beserta pembahasan soal.

Dengan mengetahui perbaikan yang harus dilakukan oleh guru maupun sekolah, diharapkan kompetensi yang sudah dikuasai sebagian besar siswa akan dikuasai oleh seluruh siswa; sedangkan untuk kompetensi yang belum dikuasai sebagian besar siswa akan dapat ditingkatkan penguasaannya melalui perbaikan pembelajaran. Pada akhirnya diharapkan mutu lulusan yang berikutnya dapat lebih meningkat.

Ringkasan dan Pembahasan


Ekonomi Sekolah Menengan Atas/MA


Lingkup materi mata pelajaran Ekonomi jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diujikan meliputi Konsep Ekonomi, Konsep Pembangunan, Manajemen Perekonomian Internasional, Akuntansi Perusahaan Jasa, dan Akuntansi Perusahaan Dagang.
Lingkup materi tersebut diuji melalui tiga level kognitif, yaitu: pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.

Hasil analisis UN 2020 mata pelajaran Ekonomi tingkat SMA menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu menjawab dengan benar soal-soal yang mengukur pengetahuan dan pemahaman, yang umumnya telah dibahas di buku atau dalam pembelajaran di kelas, misalnya solusi masalah kelangkaan, masalah ekonomi modern, akibat perdagangan internasional.

Sebagian besar siswa mengalami kesulitan ketika menghadapi soal dengan kasus spesifik yang belum pernah ditemui sebelumnya terutama soal yang melibatkan beberapa langkah penyelesaian, yang berupa aplikasi konsep dan yang menuntut penalaran.

Dalam pembelajaran ekonomi, hendaknya lebih ditekankan pada pemahaman dan penerapan atau pemecahan masalah yang menghubungkan berbagai konsep-konsep ekonomi. Siswa juga perlu dilatih dalam memberikan solusi untuk menjawab soal-soal cerita yang di dalamnya mencakup permasalahan ekonomi sehari-hari.

Peningkatan literasi membaca siswa dengan memberikan jurnal-jurnal ekonomi juga diperlukan agar dapat menambah wawasan siswa dalam mengetahui dan memahami permasalahan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Ekonomi dapat di Unduh (DOWNLOAD)

Geografi Sekolah Menengan Atas/MA


Materi yang diujikan UN Geografi SMA meliputi Hakekat Geografi, Dinamika Planet Bumi sebagai Ruang Kehidupan, Fenomena Geosfer, Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Informasi Geografi, dan Kewilayahan. Materi tersebut diuji melalui tiga level kognitif yaitu, pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.

Hasil analisis UN 2020 untuk mata pelajaran Geografi menunjukkan sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan menjawab soal yang berupa pengetahuan dan pemahaman terutama pada materi atau topik yang sering dibahas baik dalam buku maupun media massa, seperti mitigasi bencana, lingkungan hidup, serta pembangunan berkelanjutan. Siswa mengalami kesulitan pada soal yang menuntut kemampuan mengolah informasi baik dalam bentuk narasi mapun bagan atau gambar.

Hasil analisis juga menujukkan sebagian besar siswa belum menguasai materi penting dalam Geografi yaitu menginterpretasi piramida penduduk, peta, dan citra penginderaan jauh. Pembelajaran geografi perlu menekankan pada penerapan konsep geografi, hubungan antarfenomena, dan tools dalam memahami aspek keruangan terutama dikaitkan dengan contoh-contoh dalam kehidupan nyata.

Dengan demikian diharapkan pemahaman siswa lebih mendalam, tidak hanya sekedar mengetahui istilah atau mengingat fenomena. Pembelajaran dengan cara mengamati fenomena yang terjadi di lingkungan (outdoor) atau di dalam kelas dengan demonstrasi menggunakan alat peraga seperti miniatur, gambar, film, atau simulasi dari software akan memudahkan siswa untuk memahami konsep yang perlu dikuasai terutama aspek keruangan (spasial) yang menjadi ciri khas Geografi.

Pemberian tugas berupa pemecahan masalah atau tugas kelompok berupa projek yang mengharuskan siswa untuk menerapkan berbagai konsep Geografi perlu digalakkan untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi siswa terhadap ilmu yang dipelajari dan sekaligus berkembangnya kemampuan berpikir kritis.

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Geografi dapat di Unduh (DOWNLOAD)

Sosiologi SMA/MA


Lingkup materi yang diujikan pada UN mata pelajaran Sosiologi jenjang SMA meliputi: (1) konsep dan objek kajian sosiologi; (2) kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya; (3) masyarakat multikultural dan perubahan sosial; dan (4) penelitian sosial. Soalsoal ujian tersebut meliputi level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.

Analisis soal menunjukkan sebagian besar siswa dapat menjawab soal yang menuntut pemecahan masalah pada kasus-kasus yang sudah familiar dibahas, seperti pada buku, majalah, surat kabar. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan ketika menghadapi soal yang menuntut penalaran khususnya memprediksi baik dalam soal yang disajikan dalam bentuk teks maupun dalam bentuk bagan/gambar.

Kemampuan memprediksi merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang menuntut tidak hanya penguasaan konsep tetapi juga menganalisis informasi yang disajikan. Pembelajaran sosiologi perlu menekankan pada kemampuan untuk berpikir kritis, khususnya untuk memahami dan menyelesaikan masalah sosial.

Pembelajaran tidak hanya sekedar penguasaan istilah, tetapi juga penguasaan konsep dan aplikasinya. Untuk ini pembelajaran sebaiknya tidak hanya dengan metode ceramah, tetapi dengan melibatkan siswa untuk aktif berpikir. Misalnya dengan diskusi kasus atau gejala sosial yang terjadi di lingkungan atau masyarakat tertentu, pemutaran film atau penyajian ilustrasi gejala sosial.

Pembelajaran kontekstual yang menggunakan contoh-contoh kehidupan nyata ini dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami, menerapkan konsep, dan mengapresiasi apa yang dipelajari.
Untuk melatih kemampuan berpikir sekaligus kemampuan berkomunikasi dan kolaborasi, siswa dapat ditugaskan secara berkelompok untuk mengerjakan suatu projek, seperti meneliti atau melakukan observasi gejala sosial, kemudian menampilkan hasil kajian di depan kelas dan menuliskan dalam bentuk laporan.

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2020 untuk mata pelajaran Sosiologi dapat di Unduh (DOWNLOAD)

Demikianlah artikel yang membahas  Ringkasan Eksekutif Hasil UN SMA/MA Jurusan IPS, Masukan Untuk Pembelajaran di Sekolah, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua !

Belum ada Komentar untuk "Terbaru - Ringkasan Eksekutif Hasil Un Sma/Ma Jurusan Ips, Masukan Untuk Pembelajaran Di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel