✔ Teladan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Untuk Siswa Smp
Berikut ini Sekedar Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Siswa SMP. Soal ini diambil dari dokumen soal PISA dan Soal Latihan HOTS (Higher Order Thinking Skills) Litbang Kemendikbud, dan Sumber lainnya.
Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Literasi Matematika
POPULASI PENDUDUK TIONGKOK
Hasil sensus penduduk Tiongkok tahun 2010 mengatakan jumlah penduduk negeri Tirai Bambu itu tercatat 1,34 miliar jiwa dan jumlah penduduk berusia 60 tahun ke atas meningkat pesat. Jumlah penduduk berusia bau tanah itu sekarang mencapai 13,3% atau naik 3% semenjak tahun 2000. Selain itu, sensus mengatakan hampir separuh penduduk Tiongkok sekarang tinggal di perkotaan. Meski hasil sensus mengatakan angka penduduk yang luar biasa besar, namun pertumbuhan penduduk Tiongkok sekarang lebih lambat dibanding di masa lalu.
Pertanyaan 1: Populasi penduduk Tiongkok
Berdasarkan piramida di atas, pada kelompok umur manakah Tiongkok mempunyai jumlah penduduk terbesar pada tahun 2010?
a. 20-24 tahun
b. 35-39 tahun
c. 40-44 tahun
d. 45-49 tahun
Pertanyaan 2: Populasi penduduk Tiongkok
Dari pertumbuhan jumlah penduduk pria tahun 2010-2050, pada kisaran usia berapakah jumlah penduduk mengalami kenaikan?
............................................................................................
Pertanyaan 3: Populasi penduduk Tiongkok
Pertanyaan 3: Populasi penduduk Tiongkok
Berapakah kisaran persentase penduduk pria Tiongkok yang berusia 50-54 tahun pada tahun 2010 yang bertahan hidup hingga tahun 2050? Tuliskan langkah jawabanmu!
...........................................................................................
Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum / Minimal (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Lietrasi Sains
KEBAKARAN
Dalam pembakaran sempurna, unsur karbon akan bereaksi dengan unsur oksigen menghasilkan karbon dioksida
Pertanyaan 1 : KEBAKARAN
Manakah di antara gas berikut ini yang dibutuhkan dalam proses pembakaran?
A. NaHCO3
B. CO2
C. CO
D. O2
Pertanyaan 2 : KEBAKARAN
Pada demam isu kemarau kita sering mendengar dan melihat isu kebakaran di TV. Petugas pemadam kebakaran selalu menyemprotkan air untuk memadamkan api tersebut, mengapa air sanggup memadamkan api?
....................................................................................................................
....................................................................................................................
....................................................................................................................
....................................................................................................................
....................................................................................................................
Instalasi listrik di rumah sebaiknya diperiksa secara berkala. Apabila ada kabel rapuh, sambungan atau stop kontak aus atau tidak rapat, segera gantilah dengan yang baru. Pemakaian kabel yang tidak sesuai dengan peruntukannya mengakibatkan terbakarnya lapisan pembungkus kabel, pemasangan instalasi listrik yang kurang tepat sanggup mengakibatkan korsluiting listrik yang akan memicu terjadinya kebakaran, juga penumpukan steker pada salah satu stop kontak sering mengakibatkan percikan api. Jika hal ini diabaikan, besar kemungkinan sanggup terjadi kebakaran.
Pertanyaan 3 : Memadamkan Api
Jika terjadi kebakaran menyerupai pada gambar di atas, untuk memadamkan api tersebut memakai tabung gas pemadam kebakaran lebih efektif daripada memakai air, mengapa?
A. Air sanggup berperan sebagai isolator listrik.
B. Air sanggup berperan sebagai konduktor listrik.
C. Gas CO2 dalam tabung pemadam jikalau disemprotkan berbentuk busa.
D. Gas CO2 dalam tabung pemadam sanggup mengisolasi O2 di udara dengan api.
Kebakaran pada penggorengan sering terjadi di Indonesia, khususnya ibu rumah tangga yang ceroboh meninggalkan penggorengan di atas kompor yang masih menyala. Untuk memadamkan api secara darurat pada tragedi ini sanggup memakai tutup panci yang ditutupkan ke wajan tersebut. Api sanggup segera dipadamkan.
PERINGATAN: Minyak goreng panas kalau terbakar jangan disiram dengan air alasannya air dan minyak tidak akan bisa bersatu dan ini mengakibatkan api bisa menjalar ke daerah lain dengan mudah
Untuk memadamkan api pada penggorengan yang terbakar, selain dengan tutup panci, kita sanggup juga menyemprotkan gas dari tabung pemadam kebakaran, mengapa demikian?
...........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
..........................................................................................................
...........................................................................................................
.........................................................................................
.........................................................................................
PENGOLAHAN AIR
Penyediaan air higienis bagi seluruh lapisan masyarakat masih merupakan satu duduk perkara besar di Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan upaya untuk mendapat air higienis dari air keruh maupun air tawar dari air payau atau air laut. Kepulauan Indonesia berada di sekitar garis katulistiwa mempunyai iklim tropis. Melimpahnya sinar matahari yang menyinari kepulauan Indonesia hampir sepanjang tahun sanggup dipakai sebagai sumber energi. Energi matahari yang tersedia merupakan sumber energi yang murah dan sanggup dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya matahari ialah upaya memanfatkan energi matahari untuk memproduksi air tawar dengan memanfaatkan energi panas dari matahari untuk penyulingan air laut. Rancangan alat penyulingan yang dimaksud sanggup diperlihatkan menyerupai gambar berikut.
Pertanyaan 1. Pengolahan air
Pada rancangan alat penyulingan air maritim salah satu komponen yang sangat penting ialah beling pengembunan. Kaca pengembunan dipasang dengan kemiringan tertentu. Salah satu alasan beling pengembunan dipasang miring pada rancangan alat penyulingan air maritim menjadi air higienis ialah ….
A. beling yang dipasang miring akan mengakibatkan imbas rumah beling sehingga suhunya maksimal dan sanggup mempengaruhi air maritim menguap
B. memungkinkan memperoleh air higienis yang lebih banyak alasannya kalau datar pengembunan air laut pada beling jumlahnya lebih sedikit
C. dengan kemiringan tertentu uap air yang mengembun lebih banyak mengalir menuju ke daerah penampungan yang telah disediakan
D. kemungkinan beling pecah lebih kecil apabila dipasang miring dibandingkan beling dipasang mendatar
Pertanyaan 2: Pengolahan air
Perhatikan denah rancangan penyulingan air laut!, Tentukan pada penampungan yang mana kadar garam tertinggi! Jelaskan jawabanmu!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Pertanyaan 3 :Pengolahan air
Proses penyulingan air maritim menjadi air higienis layak minum tampak sederhana dan murah. Mengapa instalasi pengolahan air higienis menyerupai yang ditunjukkan pada diagram memerlukan biaya murah?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Pertanyaan 4 : Pengolahan Air
Apakah volume air yang dihasilkan sanggup diprediksi stabil? Berikan penjelasan!
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Siswa SMP Kemampuan Literasi Membaca
CERITA RAKYAT
Di suatu kerajaan, ada seorang raja yang sudah tua. Dia mempunyai tiga orang anak laki-laki. Raja itu galau menentukan calon pengganti yang akan ditunjuk sebagai putra mahkota. Sebenarnya, bisa saja ia menunjuk salah seorang putra yang ia sukai. Akan tetapi, ia khawatir bahwa putra pilihannya itu tidak menyayangi rakyatnya. Raja yang tidak cinta kepada rakyat, tentu saja tidak akan memikirkan nasib rakyatnya.
Akhirnya, sang raja mendapat inspirasi untuk menguji ketiga putranya. Ketiga putranya dipanggil untuk menghadap. Raja berkata, “Anak-anakku tercinta, ketika ini saya akan menguji kalian dengan satu pertanyaan. Siapa yang paling manis jawabannya maka ia berhak menjadi putra mahkota. Bagaimana, apakah kalian bertiga siap menjawab?”
“Siap, Ayah!” jawab ketiga putra itu.
“Pertanyaannya begini, kalau kau menjadi raja, menyerupai apa besar cintamu kepada rakyat?”
Putra tertua mengacungkan tangan. Raja mempersilakan anak itu menjawab.
“Cintaku kepada rakyatku setinggi gunung,” jawab putra tertua. Kemudian, putra kedua menjawab, “Cintaku kepada rakyatku setinggi bintang.”
“Kini, giliranmu untuk menjawab!” Kata raja kepada si bungsu.
“Cintaku kepada rakyatku menyerupai garam,” jawab si bungsu.
“Sekarang saya ingin tahu,mengapa cintamu kepada rakyatmu menyerupai gunung?”
Tanya raja kepada putra tertua.
“Gunung itu tinggi dan besar. Di dunia ini tidak ada benda setinggi gunung. Karena itu, tidak ada yang bisa menandingi cintaku kepada rakyatku, “Jawab putra tertua” Di Pulau Madura ini tidak ada gunung, yang ada hanya bukit-bukit. Dimanakah engkau pernah melihat gunung?” tanya raja.
Aku belum pernah melihat gunung. Kata orang, di Jawa banyak gunung yang tinggi hingga ke awan.”
“Engkau telah menciptakan perumpamaan dengan benda yang belum pernah engkau lihat,” Kata raja dengan raut muka masam.
Kemudian, ia menunjuk putra kedua untuk mengemukakan alasan.
“Bintang itu benda paling tinggi. Jika cintaku kepada rakyatku setinggi bintang, berarti cintakulah yang paling tinggi,” kata putra kedua. Kali ini raja hanya termenung diam mendengar balasan putra kedua.
“Mengapa cintamu kepada rakyatmu menyerupai garam?” tanya raja kepada si bungsu.
“Karena hidupku sehari-hari menciptakan garam bersama orang-orang kecil. Selain itu, setiap insan memerlukan garam pada ketika makan. Jika cintaku menyerupai garam, berarti semua orang akan mencicipi secara faktual wujud cintaku. Tak seorangpun rakyatku yang tidak mendapat cintaku. Itu maksud cintaku menyerupai garam,” jawab si bungsu.
Mendengar klarifikasi si bungsu, raja mengangguk-angguk sambil tersenyum. Setelah diam sejenak, raja pun berkata,”Aku memutuskan, anak bungsuku yang berhak menjadi putra mahkota.”
Cerita Rakyat dari Madura, “Mencari Calon Raja”
Pertanyaan 1: Cerita Rakyat
Inti dongeng di di atas berisi tentang...
a. Raja menentukan salah satu anaknya yang berwatak sopan dan rendah hati,sehingga anak bungsulah yang terpilih.
b. Mencari calon raja harus menurut inspirasi semoga adil dan dianggap bijak dalam menentukan pilihan.
c. Raja menentukan salah satu anaknya yang berwatak pemberani untuk menjadi calon raja.
d. Upaya bijaksana seorang raja dalam mencari pengganti yang mempunyai huruf cinta kepada rakyatnya.
Pertanyaan 2: Cerita Rakyat
Tunjukkan dua kalimat pada wacana di atas yang mengatakan kekecewaan raja kepada putranya!
.......................................................................................................
Pertanyaan 3: Cerita Rakyat
Tunjukkan satu kalimat pada wacana di atas yang mengatakan kepuasan raja kepada putranya!
.......................................................................................................
Link Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum AKM (Puspendik)
1. Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum AKM Kemampuan Literasi Membaca
2. Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum AKM Kemampuan Literasi Sains
3. Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum AKM Kemampuan Literasi Matematika
4. Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum AKM Kemampuan Literasi Finansial
Demikian informasi wacana Contoh Asesmen Kompetensi Minimum AKM SMP. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.
Belum ada Komentar untuk "✔ Teladan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Untuk Siswa Smp"
Posting Komentar