✔ Juknis Derma Profesi Guru (Tpg) Kemdikbud Tahun 2020

 atau Tunjangan Sertifikasi Guru yang terbaru ialah  ✔ JUKNIS TUNJANGAN PROFESI GURU (TPG) KEMDIKBUD TAHUN 2020

Petunjuk Teknis - Juknis Penyaluran (Pencairan) TPG Guru PNS Kemdikbud Tahun 2020. Acuan atau pedoman dalam Penyaluran atau Pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau Tunjangan Sertifikasi Guru yang terbaru ialah Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 wacana Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah. Ini berarti kalau tidak terbit hukum gres yang mengatur Penyaluran atau Pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG), maka ketentuan penyaluran donasi profesi guru masih mengacu pada Permendikbud di atas.

Dalam Permendikbud tersebut dinyatakan bahwa Petunjuk teknis penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru pegawai negeri sipil tempat merupakan pedoman bagi Kementerian dan Pemda dalam memperlihatkan Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan kepada Guru pegawai negeri sipil daerah. Adapun yang dimaksud Guru pegawai negeri sipil, meliputi:
a. Guru;
b. Guru yang diberi kiprah sebagai kepala satuanpendidikan;
c. Guru yang menerima kiprah tambahan; dan
d. Guru yang diangkat sebagai pengawas satuanpendidikan.

Guru yang diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan diberikan Tunjangan Profesi hingga dengan ditetapkannya Peraturan Presiden yang mengatur Tunjangan Profesi pengawas satuan pendidikan.

Berdasarkan Petunjuk Teknis - Juknis Penyaluran (Pencairan) TPG Guru PNS Kemdikbud - Kemendikbud Tahun 2020 mengacu pada Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020, Guru pegawai negeri sipil tempat yang mendapatkan Tunjangan Profesi harus memenuhi kriteria peserta Tunjangan Profesi. Tunjangan Profesi diberikan dalam bentuk uang melalui rekening bank peserta tunjangan.  Besaran Tunjangan Profesi dibayarkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Adapaun Penyaluran Tunjangan Profesi dilakukan oleh Pemda sesuai dengan kewenangannya.  Penyaluran harus sesuai dengan tahapan penyaluran Tunjangan Profesi.

Petunjuk Teknis - Juknis Penyaluran (Pencairan) TPG Guru PNS Kemdikbud Tahun 2020 mengacu pada Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020, ditegaskan bahwa Kriteria peserta Tunjangan Profesi dan tahapan penyaluran Tunjangan Profesi ialah sebagai berikut

Adapaun persyaratan guru yang berhak mendapatkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) ialah sebagai berikut:
a. Berstatus sebagai Guru PNSD yang mengajar pada satuan pendidikan yang tercatat pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di bawah binaan Kementerian. Adapun Tunjangan Profesi Guru pendidikan agama dibayarkan oleh Kementerian Agama;
b. Aktif mengajar sebagai Guru mata pelajaran/Guru kelas atau aktif membimbing sebagai Guru bimbingan konseling/Guru teknologi isu dan komunikasi pada satuan pendidikan, sesuai dengan peruntukan Sertifikat Pendidik yang dimiliki;
c. Memiliki satu atau lebih akta pendidik;
d. Memiliki Nomor Registrasi Guru (NRG) yang diterbitkan oleh Kementerian;
e. Memenuhi beban kerja Guru PNSD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
f. Memiliki nilai hasil evaluasi kinerja paling rendah dengan sebutan “Baik”;
g. Mengajar di kelas sesuai rasio Guru dan siswa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
h. Guru yang diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan yang belum mendapatkan Tunjangan Profesi Pengawas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
i. Tidak terikat sebagai tenaga tetap pada instansi selain satuan pendidikan bagi Guru PNSD atau dinas pendidikan bagi pengawas satuan pendidikan.

Pengecualian terhadap  Ketentuan kriteria pemenuhan beban kerja Guru PNSD sebagaimana dimaksud pada angka karakter e tidak berlaku bagi Guru PNSD dengan ketentuan sebagai berikut.
1) Guru PNSD yang mengikuti aktivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan teladan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dengan ketentuan Diklat di dalam/luar negeri dilaksanakan paling banyak 600 (enam ratus) jam atau selama 3 (tiga) bulan dan menerima izin/persetujuan dari pejabat pembina kepegawaian dengan menyediakan guru pengganti yang relevan;
2) Guru PNSD yang mengikuti aktivitas pertukaran Guru PNSD dan/atau kemitraan, serta menerima izin/persetujuan dari pejabat pembina kepegawaian dengan menyediakan guru pengganti yang relevan; dan/atau
Khusus Guru Garis Depan (GGD) yang diangkat pada tahun 2018 atau Guru PNSD yang diangkat menurut kepentingan nasional serta merta mendapatkan Tunjangan Profesi hingga dengan tahun 2020. Tetapi Mulai tahun 2020 ini, GGD hanya berhak untuk mendapatkan Tunjangan Profesi apabila memenuhi kriteria persyaratan peserta Tunjangan Profesi.

Ketentuan besaran TPG menurut Petunjuk Teknis - Juknis Penyaluran (Pencairan) TPG Guru PNS Kemdikbud (Kemendikbud) Tahun 2020 mengacu pada Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020, bagi Guru yang berstatus CPNSD, dibayarkan sebesar 80% (delapan puluh persen) dari honor pokoknya, sedangkan bagi guru yang berstatus PNSD, dibayarkan setara dengan satu kali honor pokok.

Berikut ini Tahapan Penyaluran Tunjangan Profesi
1. Pemutakhiran data pada Dapodik
a. Guru PNSD didampingi operator sekolah menginput dan/atau memperbarui data Guru PNSD dengan benar melalui aplikasi Dapodik, terutama data sekolah induk, beban kerja, golongan ruang, masa kerja, NUPTK, tanggal lahir, dan status kepegawaian (PNS/bukan PNS).
b. Penginputan dan/atau pembaruan data sebagaimana dimaksud pada karakter a dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
1) mulai bulan Januari hingga dengan bulan Maret tahun berkenaan untuk pembayaran Tunjangan Profesi semester I tahun berkenaan; dan
2) mulai bulan Juli hingga dengan bulan September tahun berkenaan untuk pembayaran Tunjangan Profesi semester II tahun berkenaan.
c. Kebenaran data yang telah diinput dan/atau diperbarui sebagaimana dimaksud pada karakter a menjadi tanggung jawab Guru PNSD yang bersangkutan.
d. Guru PNSD dan dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya sanggup mengakses data Guru PNSD secara daring (online) pada info Guru dan Tenaga Kependidikan (info GTK) yang sanggup diakses melalui laman (website) dan dan aplikasi telepon cerdas (smartphone).
e. Guru PNSD memastikan nominal honor pokok terakhir dengan benar sesuai dengan data Badan Kepegawaian Negara. Nominal Tunjangan Profesi yang akan tertera pada SKTP ialah honor pokok sesuai dengan golongan ruang dan masa kerja yang tertera pada database Badan Kepegawaian Negara yang sanggup dilihat pada info GTK. Apabila terdapat perbedaan honor pokok yang tertera di info GTK dengan data yang dimiliki oleh Guru, maka Guru yang bersangkutan harus memperbaiki golongan ruang dan masa kerja di Badan Kepegawaian Negaramelalui Badan Kepegawaian Daerah.
f. Apabila data yang ditampilkan pada info GTK masih terdapat kesalahan, maka Guru PNSD sanggup memperbaiki melalui Dapodik sebelum SKTP Guru PNSD yang bersangkutan terbit.

Untuk mengetahui Cek SKTP atau Cek Info GTK (baca disini)

2. Sinkronisasi data pada Dapodik
Informasi pada info GTK telah dinyatakan kebenarannya dalam Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) yang telah disetujui oleh kepala sekolah pada dikala sinkronisasi Dapodik.

3. Verifikasi dan Validasi Data
a. Guru PNSD menyerahkan bukti cetak/print out info GTK yang sudah tertulis “status validitas data Tunjangan Profesi VALID” pada bab atas laman info GTK dan telah ditandatangani Guru PNSD yang bersangkutan kepada dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya.
b. Dalam hal dinas pendidikan sudah mengetahui bahwa data Guru PNSD sudah ”VALID” sebagaimana dimaksud pada karakter a, dinas pendidikan sanggup pribadi melaksanakan verifikasi dan validasi data.
c. Dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya melaksanakan verifikasi dan validasi data pada bulan Maret untuk penerbitan SKTP Semester I dan bulan September untuk penerbitan SKTP Semester II.
d. Dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya memastikan nominal honor pokok terakhir Guru PNSD yang bersangkutan sudah benar sesuai dengan data Badan Kepegawaian Negara.

4. Pengusulan data Guru PNSD yang berhak mendapatkan Tunjangan Profesi
Dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya mengusulkan data Guru PNSD yang berhak mendapatkan Tunjangan Profesi melalui Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (SIM-Tun) apabila data Guru PNSD tersebut pada info GTK telah valid.

5. Penerbitan dan Penyampaian Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP)
Sumber data yang dipakai sebagai dasar penerbitan Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP) ialah Dapodik terkini.
a. Kementerian melalui Direktorat Jenderal menerbitkan SKTP menurut proposal dari dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya sesudah dilakukannya proses verifikasi dan validasi sebagaimana dimaksud pada angka 3.
b. SKTP diterbitkan sebanyak 2 (dua) tahap dalam satu tahun dengan ketentuan sebagai berikut.
1) SKTP tahap 1 (satu) terbit dimulai pada bulan Maret pada tahun berkenaan, berlaku untuk pembayaran Tunjangan Profesi semester I pada bulan Januari hingga dengan bulan Juni (6 bulan) tahun berkenaan; dan
2) Sedangkan SKTP tahap 2 (dua) terbit dimulai pada bulan September pada tahun berkenaan, berlaku untuk pembayaran Tunjangan Profesi  semester II pada bulan Juli hingga dengan bulan Desember (6 bulan) tahun berkenaan.
c. SKTP yang diterbitkan oleh Kementerian sanggup diunduh oleh dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya melalui aplikasi SIM-Tun.

Ketentuan Pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG)
a. Pemda sesuai dengan kewenangannya membayar Tunjangan Profesi Guru PNSD sesudah memastikan Guru PNSD bersangkutan hadir dan telah melaksanakan tugasnya di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
b. Setelah terbit SKTP, Pemda wajib membayarkan setiap triwulan Tunjangan Profesi, paling usang 7 (tujuh) hari kerja sesudah diterimanya dana Tunjangan Profesi di rekening kas umum tempat (RKUD) sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.




= Baca Juga =



Belum ada Komentar untuk "✔ Juknis Derma Profesi Guru (Tpg) Kemdikbud Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel