✔ Lomba Menulis Artikel Satuan Pendidikan Kondusif Tragedi Oleh Guru Dan Kepala Sekolah Tahun 2020

  Lomba Menulis Artikel SPAB Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun  ✔ LOMBA MENULIS ARTIKEL SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA OLEH GURU DAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) oleh Guru dan Kepala Sekolah tahun 2020. diselenggarakan dalam rangka menuangkan hasil praktik baik, meningkatkan kemampuan kepala sekolah dan guru dalam mengelola risiko tragedi pada satuan pendidikan, dan meningkatkan kesadaran akan kesiapsiagaan tragedi di kalangan warga Satuan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus.

Untuk memberi pola bagi yang akan mengikuti Lomba Menulis Artikel Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Guru Dan Kepala Sekolah Tahun 2020, Kementraian telah menerbitkan Pedoman atau Juknis Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Guru dan Kepala Sekolah tahun 2020 yang dipakai sebagai pola bagi juri, panitia, dan penerima lomba dalam melakukan dan mengikuti Pedoman Pelaksanaan Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Guru dan Kepala Sekolah. Semua pihak yang terlibat dalam lomba ini harus mengikuti rambu-rambu teknis yang tertera pada pedoman penyelenggaraan jadwal satuan pendidikan kondusif bencana.

Persyaratan Peserta Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020 yakni sebagai berikut.
1. Guru SMA, SMK, dan Satuan Pendidikan Khusus (TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB, SMKLB dan SLB) .
2. Kepala Sekolah SMA, SMK, dan Satuan Pendidikan Khusus (TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB, SMKLB dan SLB).
3. Tercatat di Dapodik Kemendikbud yang dibuktikan dengan tangkapan layar (screenshot) dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
4. Memiliki NUPTK.
5. Belum pernah menjadi pemenang lomba menulis artikel pembelajaran peningkatan kesiapsiagaan tragedi tahun 2020.
6. Surat Pernyataan Aktif Mengajar yang ditandatangani Kepala Sekolah bagi Guru.
7. Surat Pernyataan Aktif Kepala Sekolah yang ditandatangani Pengawas Sekolah bagi Kepala Sekolah.

Kriteria Naskah Lomba Menulis Artikel SPAB Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020
1. Artikel harus memenuhi kriteria pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru, yaitu Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten (APIK).
2. Artikel asli/orisinal atau bukan plagiat dan tidak melanggar UU Hak Cipta serta belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain dilampiri surat pernyataan penulis mengenai keaslian dan belum pernah dipublikasikan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (contoh terlampir). Batas toleransi kemiripan (turnitin) maksimal 30%.
3. Artikel yg dikirimkan oleh guru berisi praktik baik pembelajaran mitigasi dan kesiapsiagaan bencana.
4. Artikel yg dikirimkan oleh kepala sekolah berisi praktik baik pengelolaan risiko tragedi satuan pendidikan.
5. Artikel harus mencantumkan identitas penulis, nama, telepon kantor, HP, surel, mata pelajaran yang diampu, alamat kantor dan kota domisili.
6. Jumlah kata terdiri dari 3.000 s.d 5.000 kata (tidak termasuk gambar, abstrak, daftar isi, daftar tumpuan dan lampiran), memakai kertas ukuran A4 dengan marjin kiri dan atas 4 cm; marjin kanan dan bawah 3 cm, abjad Tahoma, ukuran font 11, dengan spasi 1,15 dengan format PDF.
7. Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) artikel.
8. Karya guru dilampiri lembar legalisasi yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
9. Karya Kepala Sekolah dilampiri lembar legalisasi yang ditandatangani oleh pengawas sekolah

Mekanisme Lomba Menulis Artikel SPAB Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020


  Lomba Menulis Artikel SPAB Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun  ✔ LOMBA MENULIS ARTIKEL SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA OLEH GURU DAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Jadwal Kegiatan Lomba Menulis Artikel SPAB Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020


  Lomba Menulis Artikel SPAB Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun  ✔ LOMBA MENULIS ARTIKEL SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA OLEH GURU DAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2020

Ruang Lingkup Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020
1. Muatan Artikel
Muatan bahan artikel berisi perihal praktik baik dalam: (1) proses pembelajaran mitigasi dan kesiapsiagaan bencana; dan (2) pengelolaan risiko tragedi satuan pendidikan. Secara teknis, praktik baik dalam (1) dan (2) merupakan metode, teknik, atau mekanisme yang ditetapkan menurut hasil penelitian atau pengalaman yang telah dilakukan oleh guru dan kepala sekolah. Informasi mengenai peraturan, pedoman-pedoman, dan modul-modul terkait penyelenggaraan jadwal SPAB sanggup diakses melalui tautan http://spab.kemdikbud.go.id.

2. Kriteria Praktik Baik
Praktik baik memenuhi kriteria sebagai berikut.
1. Inovatif
2. Kreatif
3. Relevan
4. Responsif
5. Efektif
6. Efisien
7. Partisipatori
8. Etis
9. Keberlanjutan
10. Dapat direplikasi

3. Format Penulisan
1. Bagian Awal, terdiri atas halaman identitas: judul, nama, sekolah, alamat surel, ajaib (100 – 150 kata) yang berisi tujuan, metode, dan hasil.
2. Bagian Isi, terdiri atas beberapa hal berikut.
a. Pendahuluan yang menjelaskan perihal latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, dan manfaat.
b. Kajian/Tinjauan Pustaka: teori yang mendasari, laporan praktik baik yang relevan, kerangka pemikiran dan hipotesis/solusi.
c. Pembahasan problem yang didukung fakta, opini pakar yang relevan atau data pengalaman guru dan kepala sekolah bersangkutan yang berasal dari satuan pendidikannya, cara penyelesaian problem yang menguraikan langkah-langkah atau cara-cara dalam menuntaskan masalah, termasuk hambatan-hambatan yang harus diatasi dan dituangkan secara rinci.
3. Bagian Penutup berisi selesai dan saran. Simpulan bukan merupakan rangkuman, tetapi interpretasi dan refleksi penulis. Saran berisi implikasi potensial serta tantangan dan kegiatan selanjutnya.
4. Bagian Penunjang
a. Daftar Pustaka
b. Lampiran dalam bentuk foto kegiatan dan dokumen lainnya

Selengkapnya silahkan dwonload Pedoman atau Juknis Lomba Menulis Artikel Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020 ----disini---

Demikian isu perihal Lomba Menulis Artikel Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Oleh Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



Belum ada Komentar untuk "✔ Lomba Menulis Artikel Satuan Pendidikan Kondusif Tragedi Oleh Guru Dan Kepala Sekolah Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel